Selasa, 02 Maret 2010

HARUS MENANG DAN BAKAL MENANG DI OSCAR 2010

Selasa, 02 Maret 2010

Penting gak sih Oscar? Ada satu masa dimana Oscar menjadi sangat penting bagi Gilasinema hingga penyelenggaraannya wajib dipantengin dengan berdebar-debar layaknya menikmati sebuah film thriller dan bakalan membuat mencak-mencak kalau hasilnya tidak sesuai yang diharapkan. Sekarang? Tetap sebuah ajang yang menarik buat disimak, namun tidak lagi terasa mendebarkan. Hanya sebuah seremoni puncak bagi insan film Holly. Membuat prediksi Oscar tetap sebuah kegiatan yang mengasyikkan. Rasanya bangga kalau bisa banyak menebak dengan benar siapa-siapa yang bakal menang. Serasa menjadi bagian dari Holly gitu *lebay*. Kalaupun banyak meleset, dengan mudah bisa berkilah, ”yah namanya juga prediksi” hehehehe...
HARUS MENANG merupakan pemenang Oscar versi Gilasinema. Dalam HARUS MENANG, Gilasinema membayangkan menjadi anggota AMPAS yang mempunyai hak pilih. Sedangkan BAKAL MENANG merupakan prediksi siapa-siapa yang bakal menang berdasarkan data-data yang diolah dengan logika tingkat tinggi dan analisa berlandaskan teori sok tahu yang sangat tidak ilmiah.


Best Documentary
Untuk kategori ini belum ada yang lihat satupun. Tapi, dari berbagai award, THE COVE banyak dipilih menjadi yang terbaik.
Harus Menang dan Bakal Menang : THE COVE

Best Costume
Bright Star kostumnya cukup inovatif dengan penggunaan motif kotak-kotak, Coco Before Chanel terbantu keapikannya karena mengangkat kisah desainer pakaian, kostum dalam The Imaginarium of Doctor Parnassus cukup unik. Pemain dalam Nine didandani cantik meski kadang terlihat seperti wanita penghibur. The Young Victoria? Belum melihat filmnya tapi film ini sudah “panas” dengan berhasil menggondol piala untuk divis kostum di beberapa award. Tapi bosan ah pemenangnya dari film dengan setting jaman itu-itu melulu.
Harus Menang dan Bakal Menang : COCO BEFORE CHANEL

Best Make-Up
Belum lihat Il Divo dan The Young Victoria, jadi pilih Star Trek saja
Harus Menang dan Bakal Menang : STAR TREK

Best Visual Effects
Pasti Avatar-lah
Harus Menang dan Bakal Menang : AVATAR

Best Sound
Kayaknya The Hurt Locker, tapi lebih senang Avatar yang dapet.
Harus Menang : AVATAR
Bakal Menang : THE HURT LOCKER

Best Sound Effects Editing
Avatar lagi saja deh
Harus Menang dan Bakal Menang : AVATAR


Best Original Song
Dari lima lagu yang masuk nominasi, Gilasinema suka dengan Down in New Orleans dan The Weary Kind. Dua lagu tersebut sangat beracun bagi telinga Gilasinema. Secara keseluruhan, OST. Crazy Heart berisi lagu-lagu dahsyat seperti Brand New Angel atau Hold on You dan dinyanyikan oleh para pemerannya termasuk Colin Farrel dan Robert Duval. The Weary Kind sendiri dalam film dinyanyikan oleh 3 orang sekaligus, yakni oleh Colin Farrel, Jeff Bridges dan yang paling mantap, versi Ryan Bingham.
Harus Menang dan Bakal Menang : THE WEARY KIND

Best Original Score
Masuknya musik film The Hurt Locker adalah sebuah keganjilan, Hans Zimmer lewat Sherlock Holmes menghadirkan musik yang cukup unik di telinga Gilasinema begitupun dengan musik film Fantastic Mr. Fox. Namun, musik yang hadir dalam ketiga film tersebut rasanya tidak akan mampu menyaingi kemegahan musik yang hadir dalam Avatar dan Up. Kalau dilihat dari hasil beberapa award, olahan musik Michael Giacchino di film Up banyak memperoleh penghargaan, namun secara pribadi, Gilasinema lebih memilih musik olahan James Horner di Avatar.
Harus Menang : JAMES HORNER (AVATAR)
Bakal Menang : MICHAEL GIACCHIO (UP)

Best Art Direction
The Imaginarium of Doctor Parnassus dan The Young Victoria mungkin dinilai artistic, namun dua film ini kurang terdengar dibandingkan Sherlock Holmes misalnya. Entah hal ini berpengaruh pada pilihan apa tidak. Kalau untuk Nine, rasanya kok tidak terlihat istimewa ya dalam penglihatan Gilasinema. Avatar? Penggambaran Pandora yang menakjubkan bisa menjadi poin kuat.
Harus Menang dan Bakal Menang : AVATAR

Best Cinematography
Avatar dan Harry Potter and the Half-Blood Prince dicoret saja dari persaingan. Belum yakin film dengan balutan efek yang cukup kental bisa menang di kategori ini. Film seheboh LOTR : Return to The Kings dulu kalau tidak salah gak dapet dikategori ini kan? Konsep hitam putih biasanya membuat film terlihat artistic, namun kayaknya bakal sedikit yang mau memilih The White Ribbon. Kalau mau yang bergaya ya pilih Inglorious Basterds saja.
Harus Menang : THE WHITE RIBBON
Bakal Menang : INGLORIOUS BASTERDS

Best Editing
Kategori yang ketat dan bakal menentukan siapa yang bakal dapet Best Picture. District 9 dan The Hurt Locker punya kans yang kuat. Tapi Inglorious Basterdsbisa jadi ancaman serius.
Harus Menang dan Bakal Menang : THE HURT LOCKER

Best Animated Feature
Sudahlah ya, UP dipastikan menang dengan masuknya film ini dalam 10 film terbaik. Gak luculah kalo Up gak menang. Bagi Gilasinema, CORALINE jauh lebih bagus dengan konsep yang lebih kuat dibandingkan Up. Fantastic Mr. Fox juga menawarkan sesuatu yang fresh. Menurut Gilasinema, Up menang karena sudah tertancap di pikiran banyak orang “Film buatan Pixar selalu bagus”, apalagi dengan perolehan dolarnya yang besar yang berbanding lurus dengan tingkat kepopuleran filmnya *malesss banget*
Harus Menang : CORALINE
Bakal Menang : UP


Best Original Screenplay
Ketika banyak orang menghujat naskah Avatar, kenapa tidak melakukan hal serupa terhadap film Up? Pada sadar gak sih film itu sangat Shrek dan Ice Age banget. Pak tuanya juga didandani ala Indiana Jones. Inilah yang menjadikan Up tidak dilirik sama sekali oleh Gilasinema ketika menyusun daftar 20 film pilihan di tahun 2009 kemarin. Oke, pesan dalam Up memang bagus banget, tapi bukannya Avatar juga gak kalah keren pesannya? TIDAK ADIL!!! Untuk kategori ini Up langsung Gilasinema TENDANG. The Messenger meski bagus namun sepertinya kansnya amat kecil untuk menang. Secara pribadi, sangat suka dengan A SERIOUS MAN yang sangat menyentil religiusitas manusia, namun nampaknya pertarungan sengit bakal terjadi antara The Hurt Locker dengan Inglourious Basterds. The Hurt Locker menawarkan sesuatu yang baru meski bersetting daerah konflik. Untuk Inglorious Basterds, Gilasinema sebenarnya tidak menyukai naskah film ini. Terlalu gaya-gayaan. Dari pemilihan judul saja, film ini sudah gak bener dan sangat berorientasi dolar. Selain itu, juga menyimpan kekonyolan-kekonyolan seperti mudahnya Melanie Laurent lolos dan gak jelas bagaimana dia bisa mengelola bioskop. Apalagi dengan blunder yang dilakukan Hans Landa. Helllooooowwww…..?! Ingin tau konyolnya naskah Inglorious Basterds? Baca The Abridged Script-nya TotalFilmIndonesia #2. Memang, tidak bisa dipungkiri kesegaran dan kenakalan naskahnya. Siapa sih yang tidak takjub dengan matinya Hitler versi Tarantino dan, hey…ini Quentin Tarantino gitu loh yang disukai dan dihormati di Holly sana.
Harus Menang : A SERIOUS MAN
Bakal Menang : INGLORIOUS BASTERDS

Best Adaptation Screenplay
District 9 naskahnya bagus tapi bergenre sci-fi yang belum diberi kesempatan untuk menang di ajang beginian, Precious biasa saja, AN EDUCATION segar meski klise, UP IN THE AIR cerdas memikat, In the Loop belum nonton tapi dari premis ceritanya sepertinya menghadirkan sesuatu yang tajam.
Harus Menang dan Bakal Menang : UP IN THE AIR

Best Foreign Film
Belum nonton semua. Banyak yang menjagokan The White Ribbon, namun sama dengan tahun-tahun sebelumnya, tampaknya Oscar belum akan mengakui film yang sebelumnya telah menang di ajang Cannes. Tapi bukan berarti kemungkinan itu tidak ada lho. Gilasinema sendiri tertarik dengan Un Prophète dari Prancis. Oscar senang dengan penebusan dosa, seperti kemenangan Denzel Washington lewat Training Day terlihat untuk menebus kekalahannya di Hurricane. Kemenangan Un Prophète akan menjadi sebuah penebusan yang manis dari kekalahan The Class tahun sebelumnya.
Harus Menang dan Bakal Menang : UN PROPHETE

Best Supporting Actress
Yang masuk di kategori ini semua bagus-bagus. Penelope Cruz dengan kenakalannya, Vera Farmiga dengan kedewasaanya, Maggie Gyllenhaal dengan pengertian dan cintanya, serta Anna Kendrick yang naïf. Namun semuanya bakal hancur dilumat oleh si ibu BANGSAT dalam Precious, MONI'QUE
Harus Menang dan Bakal Menang : MONI’QUE

Best Supporting Actor
Matt Damon (Invictus) gak istimewa amat ah, Woody Harrelson (The Messenger) idem kayak Matt Damon, Christopher Plummer (The Last Station) belum liat filmnya. Stanley Tucci (The Lovely Bones) bisa menang kalo gak ada Christoph Waltz (Inglourious Basterds)
Harus Menang dan Bakal Menang : CHRISTOPH WALTZ

Best Actress
Pertarungan sengit tetap akan terjadi antara SANDRA BULLOCK dan Meryl Streep. Yang lain...minggir sana! Gilasinema berdoa semoga Sandra Bullock tidak menang. Mengapa? Bukan karena Gilasinema benci dengannya atau aktingnya di The Blind Side buruk, justru karena rasa cinta. Gilasinema mendoakan dia tidak menang. Gilasinema khawatir akan kelanjutan karir Sandra Bullock paska meraih Oscar. Kalau menang, dia bakal terkekang oleh sorotan dan harapan banyak orang, Hal ini justru bisa jadi bumerang buat karirnya. Halle Berry bisa dijadikan contoh bagaimana karirnya justru tersendat-sendat paska menang Oscar (kesuksesan X-Men tidak bisa dijadikan ukurankeberhasilan karir Halle Berry). Selain pertimbangan tadi, akting Meryl Streep di Julie & Julia lebih menunjukkan pengertian sebenarnya dari kata ACTING dan ACTRESS.
Harus Menang : MERYL STREEP
Bakal Menang : SANDRA BULLOCK

Best Actor
Dalam pandangan Gilasinema, peran Jeff Bridges dalam Crazy Heart sepertinya bukanlah peran yang berat baginya dan Gilasinema lebih terkesan dengan penampilan Jeremy Renner. Sayangnya Gilasinema belum melihat aksi Colin Firth. Namun, kadang Oscar itu bukanlah penghargaan bagi siapa yang terbaik, tapi kadang lebih kepada penghargaan terhadap sebuah pencapaian ataupun dedikasi terhadap profesi. Dalam hal ini, Jeff Bridges rasanya sangat memenuhi syarat tersebut. Apalagi dalam Crazy Heart dia benar-benar bernyanyi dan suaranya cukup memuaskan.
Harus Menang dan Bakal Menang : JEFF BRIDGES


Best Director
Siapkah Holly membuat sejarah dengan menganugerahi seorang perempuan menjadi Sutradara Terbaik? Gilasinema kok belum yakin ya meski kalo hal tersebut terwujud bakal menjadi sebuah hal yang manis. Pertarungan Kathryn Bigelow dengan James Cameron, menurut Gilasinema akan menguntungkan Quentin Tarantino. Kathryn Bigelow mungkin saja akan dikalahkan oleh chuvinisme penghuni Holly, dan James Cameron bisa saja dikalahkan oleh pernyataannya sebagai King of the World yang (mungkin) dianggap sebagai kepongahan oleh para anggota AMPAS waktu Titanic berjaya. Tapi menurut Gilasinema, kerja keras bertahun-tahun dengan menghasilkan inovasi penting, gelar Sutradara Terbaik pantas diberikan pada James Cameron.
Harus Menang : JAMES CAMERON
Bakal Menang : QUENTIN TARANTINO

Best Picture
Untuk kategori puncak ini, Gilasinema akan menentukan pemenangnya dari akumulasi pilihan dan prediksi diatas.
HARUS MENANG :
AVATAR berhasil mengumpulkan piala terbanyak yakni 6 piala, jadi tidak aneh kalau Avatar berhasil menggondol predikat Film Terbaik. Kemenangan Avatar akan menjadi bukti dominasi Holly atas perfilman dunia. Jangan lupa satu fakta penting bahwa OSCAR ITU MILIK HOLLY (AMERIKA). Kehebohan banyak pihak setiap penyelenggaraan Oscar menjadi bukti berhasilnya dominasi ini. Kemenangan Avatar juga akan menjadi titik awal terhadap paradigma sinema. Gilasinema tidak bakal heran kalau kedepannya, di Oscar bakal ada kategori Best Digital Actor/Actress.
BAKAL MENANG :
INGLORIOUS BASTERDS sangat diuntungkan dengan “perseteruan antara Avatar dengan The Hurt Locker. Buat yang tidak menyukai kedua film tersebut, Inglorious Basterds merupakan pilihan paling aman. Ada kemungkinan, dibandingkan kompetitor lain, Inglorious Basterds kalau tidak menjadi pilihan pertama, bakal menjadi pilihan kedua atau ketiga. Quentin Tarantino menjadi faktor penentu kemenangan Inglorious Basterd. Bukan karya terbaiknya memang, namun inilah film dia yang paling bisa diterima semua pihak. Kemenangan Martin Scorsese juga bukan karena The Departed merupakan karya terbaiknya kan?

REKAP HARUS MENANG
BEST PICTURE : AVATAR
BEST DIRECTOR : JAMES CAMERON
BEST ACKTOR : JEFF BRIDGES
BEST ACTRESS : MERYL STREEP
BEST SUPPORTING ACTOR : CHRISTOPH WALTZ
BEST SUPPORTING ACTRESS : MONI’QUE
BEST FOREIGN : UN PROPHETE
BEST ANIMATED : CORALINE
BEST ORIGINAL SCREENPLAY : A SERIOUS MAN
BEST ADAPTED SCREENPLAY : UP IN THE AIR
BEST EDITING : THE HURT LOCKER
BEST CINEMATOGRAPHY : THE WHITE RIBBON
BEST ART DIRECTION : AVATAR
BEST SONG : THE WEARY KIND
BEST SCORE : AVATAR
BEST MAKE – UP : STAR TREK
BEST COSTUME : COCO BEFORE CHANEL
BEST SOUND : AVATAR
BEST SOUND EFFECT EDITING : AVATAR
BEST VISUAL EFFECTS : AVATAR
BEST DOCUMENTARY : THE COVE

REKAP BAKAL MENANG
BEST PICTURE : INGLORIOUS BASTERDS
BEST DIRECTOR : QUENTIN TARANTINO
BEST ACTOR : JEFF BRIDGES
BEST ACTRESS : SANDRA BULLOCK
BEST SUPPORTING ACTOR : CHRISTOPH WALTZ
BEST SUPPORTING ACTRESS : MONI’QUE
BEST FOREIGN : UN PROPHETE
BEST ANIMATED : UP
BEST ORIGINAL SCREENPLAY : INGLORIOUS BASTERDS
BEST ADAPTED SCREENPLAY : UP IN THE AIR
BEST EDITING : THE HURT LOCKER
BEST CINEMATOGRAPHY : INGLORIOUS BASTERDS
BEST ART DIRECTION : AVATAR
BEST SONG : THE WEARY KIND
BEST SCORE : UP
BEST MAKE – UP : STAR TREK
BEST COSTUME : COCO BEFORE CHANEL
BEST SOUND : THE HURT LOCKER
BEST SOUND EFFECT EDITING : AVATAR
BEST VISUAL EFFECTS : AVATAR
BEST DOCUMENTARY : THE COVE

12 komentar:

ajirenji mengatakan...

Mas Gila, aku terharu mas memprediksi Inglourious Basterds menang, karena itu keinginan hatiku yg paling dalam *mulai terdengar menjijikan* ^o^

Go Basterds!!

horrorpopcorn mengatakan...

dan yang menang tenyata..orang Indonesia!..liat aja fotonya di foto paling bawah..hahaha siapa ya dia??? misterius :D

e2p mengatakan...

kalo liat fotonya he..he..... kapan yah orang indonesia yang berkiprah di hollywood terus dapat oscar..mimpi kali..he..he..

yusahrizal mengatakan...

Hahaha.... mas gila bikin prediksinya keren, gak cm ngasih kemungkinan siapa yg menang versi AMPAS, melainkan jg harapan mas gila siapa yg diinginkan dpt oscar.

Satrio Nindyo Istiko mengatakan...

Menurut saya, Untuk sutradara terbaik sebenarnya kayaknya kemungkinan besar Kathryn Bigelow, dilihat dari kemenangan dia di Director's Guild Awards. Udah 60 tahun lebih, pemenang di situ jadi pemenang best director Oscar.hehe.

gilasinema mengatakan...

Prediksi + Mimpi = foto paling bawah hahahahaha...

Awya mengatakan...

Wow.... gak nyangka Om Gila secinta itu sama Avatar, tp kok gak masuk top ten listnya sih Om? Trus kok agak kontadiktif ya perasaan Up film menghiburnya om gila nomre 2 ya kalo gak salah, eh ternyata Om membencinya ya.....

Kayaknya baru kali ini melihat ada yang meprediksi sutradaranya selain Katryn Bigelow yg bakal menang. Dengan kemenangannya di Director Guild, bakal jadi halaman depan banyak media tuh kalo sampe Bigelow gak menang. Hihihi... prediksi sy belum rampung nih.

Anggara mengatakan...

pantheng terus oscar versi gila sinema...cool !

Gabby Hakim mengatakan...

wahh ga nyangka ternyata om gila nyebut Inglorious Basterds dan Quentin Tarantino yang bakal menang best picture dan best director. bukan buat nyenengin saya khan ooommmm? wkwkwk.. :p

gilasinema mengatakan...

@awya : bukannya cinta, tapi saya suka bagaimana film tersebut dihasilkan dari sebuah proses yang amat panjang. Kenapa kesannya mendukung Avatar banget, karena saat memilihnya, aku memposisikan diriku sebagai orang Holly. Berlebihan ya hehehehehe...Kan untuk Film Terbaik lebih kepada akumulasi kemenangan dari kategori yang lain.Inginnya menangin Up in the Air ato A Serious Man. Tapi gak mungkin ditopang oleh satu kemenangan kategori yang lain kan?
Soal UP, filmnya sebenernya mengibur seperti kebanyakan karya Pixar lainnya, namun sebel karena begitu banyak yang mengagung-agungkan KUALITAS (naskah) film ini (alias sirik) padahal idenya gak orisinil banget, dan banyak yang tidak adil terhadap Avatar dengan menghujat naskah film ini. Mereka yang terlalu mendukung UP itu seperti Amerika yang menerapkan standar ganda pada Israel *analisa yang berlebihan*


@gabby : Ini memang prediksi yang aneh :P

Satrio Nindyo Istiko mengatakan...

Bung gila sinema, baru sadar kalau link The Cove yang ada di atas tuh link ke blog saya.haha.ma kasih banyak ya.tapi link nya ternyata rusak,ada salah ketik kayaknya. harusnya http://labirinfilm.blogspot.com/2010/02/directed-by-louie-psihoyos-written-by.html

Anyway, thanks again. nice prediction! :)

GILASINEMA mengatakan...

Kalo diklik,link-link diatas memang akan menuju ke beberapa blog tetangga

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket