Jumat, 29 Januari 2010

SEMARAKNYA CURHAT SINEMA

Jumat, 29 Januari 2010

Beberapa hari kemarin Gilasinema melakukan semacam penelusuran demi menjawab rasa penasaran, ada berapa banyak sih blog/situs berbahasan Indonesia yang memilih film sebagai menu utama. Ternyata jumlahnya banyak juga. Ada sekitar 40 lebih dan tidak heran kalau jumlahnya mencapai ratusan blogger yang menuangkan curahan hati (reviu) mereka soal film. Mungkin kalau Gilasinema lebih sabar dalam melakukan penelusuran, akan lebih banyak lagi menjumpai blog yang isinya seputar film, dan Gilasinema tidak heran kalau jumlahnya mencapai ratusan. Jumlah tersebut belum termasuk situs film yang dikelola professional seperti www.flickmagazine.net.
Beberapa blog memang tidak terlalu memfokuskan isinya seputar film, karena mengkombinasikannya dengan berbagai hal mulai dari pengalaman lidah mereka, pengalaman kuping bahkan hasil pengamatan mereka terhadap lingkungan sekitar. Namun, meski tidak secara khusus menempatkan sinema sebagai menu utama, beberapa blog tersebut cukup sering menuangkan pendapat mereka setelah menonton sebuah film. Hal ini membuktikan, film sudah menjadi bagian yang cukup penting dalam hidup mereka.
Apakah keberadaan blog-blog tadi merupakan pesaing? Tidak perlu dipandang seperti itu sebenarnya, mengingat blog itu pada dasarnya personal sifatnya. Dan lagi, dengan banyaknya blog/situs bisa saling berbagi informasi dan pengetahuan antar penggila sinema, memperkaya referensi serta menambah teman baru. Namun bukan sebuah kesalahan juga kalau maraknya blog/situs film dipandang sebagai pesaing, dalam artian positif. Maksudnya, mampu memicu kita untuk terus belajar dan mengasah kemampuan menulis kita. Rasanya hal ini bukanlah hal yang buruk kok, justru malah konstruktif, karena dengan makin banyak belajar, ada banyak hal positif yang bisa kita dapatkan.


Karena penuh dengan sentuhan personal, masing-masing blog/situs tetap punya warna atau ciri (identitas) tersendiri, mulai dari tampilan atau gaya penulisan. Bedanya, ada beberapa blog yang sudah mempunyai warna dan ciri yang kuat, dan ada yang masih berusaha mencari. Segalanya memang butuh proses. Bahkan, Gilasinema sendiri yang dua tahun lebih nge-blog, selalu masih harus banyak belajar dari para blogger film yang lain. Beberapa blog film bahkan membuat Gilasinema minder dengan gaya penulisan yang cerdas, kaya, kocak, unik sekaligus sistematis dan yang paling penting, informatif serta enak dibaca. Salut dan kagum sekagum-kagumnya deh buat beberapa blog tersebut.
Pada akhirnya, maraknya blog/situs film patut kita syukuri, karena banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. TERIMA KASIH buat mereka yang selalu menyempatkan waktu meng-update blog mereka dan juga kepada mereka yang menyempatkan saling berkunjung satu sama lain. Tidak ada keharusan berkomentar. Waktu, adalah sebuah pemberian paling berharga. Sekali lagi TERIMA KASIH.

19 komentar:

Anonim mengatakan...

favoritnya gilasinema yg mana?

yusahrizal mengatakan...

memang tidak ada keharusan memberi komentar. Tapi bagi tamu yang datang dan memberi ulasan tentang tulisan saya (bukan hanya sekedar numpang lewat bilam "salam kenal"), ntah kenapa saya merasa ada semacam dorongan bathin untuk balas berkunjung, membaca tulisan mereka dan memberi ulasan sebagai apresiasi usaha mereka memberikan apresiasi terhadap tulisan saya.

ttd.
saya yang selalu mengunjungi blog ini hampir setiap hari dan masih belajar cara meresensi film dari mas gilasinema.

e2p mengatakan...

thank's sblmnya blok sy masuk daftar diatas :):).. sharing aja.. pertma bikin blog khususnya film tujuannya utk mengingat kembali film yg sdh ditonton skln ngluarin uneg2..kmdn jadi tmpt media buat sy belajar nulis... dg banyak berkunjung ke blog sejenis jd tempat pembanding dan belajar dari blog2 yang sudah ada dan banyak yang lebih bagus dari punya saya....

kacamatafilm mengatakan...

Asikkk ada Blogku di atas...
Tengkyu tengkyu...

kalo gw mah tujusnnys sekedar berbagi cerita aja apa yang terlintas ketika nonton film...

Paling tidak bisa mengingatkan org lain, kalo ada film yang ancurrr (menurut gw ^^) dan ga terjebak kek gw hehehe...

Salam movie freak ya!

Fariz Razi mengatakan...

wah ada blog saya hehehe sama2 Om, dan terima kasih juga! :)

awyangobrol mengatakan...

Wah.... terima kasih ya Bang Gila atas sharing2nya selama ini, obrol2an gk jelas di fb, ato curcol2an konyol di twitter... senang sekali memiliki teman baru yang memiliki hobi sama.

Horaay!

Dhyn Hanarun mengatakan...

wah, wah, ada blog aku, hehe.
padahal baru dua bulanan.
Gila Sinema dan blog-blog film lain yang ada didaftar itulah yang bikin aku serius bahas film.
makasih udah diakui dan dieksiskan :P

Bang Mupi mengatakan...

thank you Mas Gila atas masuknya blog gue. Mari kita saling terus belajar dalam mengapresiasikan film-film yang sudah kita tonton.

karena belajar dan belajar terus dengan kerendahan hati yang membuat diri kita semakin maju.

Hidup Gila Sinema :D

ajirenji mengatakan...

"Curhat Sinema" <-- mas gila, you are an inventor!!
ini mungkin frase yg paling tepat menggambarkan isi blog saya..hehe

fyi, saya jadi sering keluyuran ke blog2 curhat sinema gara2 ada linknya di gilasinema

thanks ya mas gila ^o^ V

Gabby Hakim mengatakan...

Thanks yaa om gila udah masukin blogku juga disana.. Tapi teuteuupppp, sesepuhnya disini.. :))

gilasinema mengatakan...

Matur nuwun buat semua. Tetap semangat curhat-curhatan sinema. Saling belajar dan saling berbagi pengetahuan serta informasi.
Mengutip Bang Mupi :
"karena belajar dan belajar terus dengan kerendahan hati yang membuat diri kita semakin maju"

Sempat memikirkan "curhat sinema" sebagai nama blog.Ada yang tertarik menggunakannya?

Andy mengatakan...

wahhh makasihh blog ku dimasukkan dalam list nya mas gila qiqiqiqiiqiqiqiiqi wah mohon support dan dukungannnya sebagai blog pemula qiqiqiqiqiiqiqi
mari kita share about movie and music qiqiqiiq

raditherapy mengatakan...

aw...aw flick magazine disebut-sebut, thanks :)

iya banyak bgt blog film sebenarnya, isinya macem2 ada yg memposting berita2 movie atau hanya sekedar review-review film yang mereka tonton.

seru juga tuh yang punya blog2 yang disebut di atas kapan2 kita ketemuan, apa tuh istilahnya kopi darat :P

horrorpopcorn mengatakan...

thanks yah udah masukin blog saya :) padahal tuh blog udah sempet mati-suri hampir setahun..

btw, blog yang isinya khusus horror cuman saya doang yah? saya cari2 ga ada lagi..
anyway, sekalian mau ngerekomen blog movie yang unik ( dia ngereview film2 yang jarang di review di blog manapun ) dan saya selalu terhibur ketika berkunjung ke blognya..cek blog ini..

http://nontonbarengdibot.blogspot.com/

sayang udah jarang diupdate tuh blog :(

buat Gilasinema, sukses selalu. :)

fietha mengatakan...

huahh....moviegeek juga ada!! hoorraayy!
makasih lo blog saya udah dipajang.

keep watching, keep blogging.
sukses selalu buat mr.galasinema.

*popcorn toss*
www.moviegeeknotes.blogspot.com

Movietard mengatakan...

Makasih ya om Gila... blog saya juga dimasukin *terharu*
Inget banget blog Om Gila itu blog film pertama yang saya sangat amazed bacanya karena semuanya terstruktur rapi dari segi design hingga content

setuju dengan raditherapy, menyenangkan rasanya kalo kapan2 kopi darat ya :)

Hobi Nonton mengatakan...

ternyata memang banyak ya pengamat dan penggerma film yg menuangkan kritik dan review mereka dalam bentuk blog :)

Yg pasti hrapan saya semua blog yg mengulas soal film bisa memberikan kontribusi positif buat kemajuan dunia perfilman Indonesia lewat ide, kritik, dan masukannya melalui blog :)

gilasinema mengatakan...

@horrorpopcorn : makasih rekomendasinya. Sudah coba buka dan memang isinya film-film yang gak banyak dijamah orang. Sayang sekali blog tersebut sudah off lama banget.
Kemaren sempat nemu sigilahoror kalo gak salah.

Soal kopi darat, ada yang berani? hehehehe....

@hobi nonton : pengen banget perbanyak reviu film Indonesia, tapi kalo isinya gitu melulu ya kita sayang buat keluar duit:P

Hobi Nonton mengatakan...

@gilasinema : hahahahaha...iya sih bro, maknya isi blog saya kbanyakan film barat :) soalnya kalo film indonesia gitu2 mulu isinya, walaupun gak semua sih...

iya tuh kalo mau kopdar, ide yg bagus :D

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket