Rabu, 13 Januari 2010

IN THE YEAR OF WOMAN

Rabu, 13 Januari 2010

Selain kembalinya alien dan berjayanya animasi, tahun 2009 juga diiwarnai satu hal menarik, yakni makin kukuhnya posisi perempuan di dunia perfilman Holly. Tahun 2009 banyak dimeriahkan dengan banyaknya sutradara wanita yang merilis film, bahkan ada nama disebut-sebut bakal menjadi contender kuat untuk meraih gelar Sutradara Terbaik di ajang Oscar nanti. Tidak semuanya berhasil memang, namun paling tidak kehadiran mereka mampu menyemarakkan dunia perfilman dan sedikit mengikis pandangan terhadap Holly yang kurang permisif terhadap sineas perempuan.


Ajang sekaliber Oscar nyatanya baru memberi kesempatan kepada 3 sutradara perempuan untuk masuk nominasi sepanjang lebih dari 80 kali penyelenggaraan. Mereka adalah Lina Wertmüller (Seven Beauties), Jane Campion (The Piano) dan Sofia Coppola (Lost In Translation), kalah dengan FFI yang sudah berani memberikan Piala Citra kepada Mouly Surya (Fiksi.). Dunia perfilman Indonesia patut bangga karena sineas wanita sudah diakui kualitasnya. Nominasi FFI 2008 untuk kategori Sutradara Terbaik bisa dijadikan bukti.


Dari hasil investigasi Gilasinema (duh….), berikut para sutradara wanita yang di tahun 2009 kemarin meluncurkan karyanya :
Anne Fletcher (The Proposal)
Anne Fontaine (Coco avant Chanel)
Betty Thomas (Alvin and the Chipmunks: The Squeakuel), istrinya Daniel Day-Lewis
Cherien Dabis (Amreeka)
Christine Jeffs (Sunshine Cleaning )
Drew Barrymore (Whip It!)


Jane Campion (Bright Star)
Karyn Kusama (Jennifer’s Body)
Kathryn Bigelow (The Hurt Locker)
Lone Scherfig (An Education)
Lynn Shelton (Humpday)
Mira Nair (Amelia)


Nancy Mayers (It’s Complicated)
Nia Vardalos (I Hate Valentine's Day)
Nora Ephron (Julie & Julia)
Rebecca Miller (The Private Lives of Pippa Lee)
Sophie Barthes (Cold Souls)
Vicky Jenson (Post Grad)


Natalie Portman pantas juga dimasukkan ke dalam daftar mengingat dirinya mulai belajar mengarahkan film di salah satu kisah dalam New York, I Love You. Nama – nama seperti Kathryn Bigelow, Lone Scherfig dan Nora Ephron diramalkan bakal lumayan bertaji di ajang Oscar 2010 nanti. Kita tunggu saja.
Selain makin banyaknya sutradara perempuan, tahun 2009 juga banyak banyak dirilis film-film yang berkisah tentang perempuan. Genre animasi yang kebanyakan menggambarakan dunia (anak-anak) laki-laki mulai melakukan sedikit pergeseran dengan hadirnya 3 film animasi yang protagonisnya perempuan, yakni Coraline, The Princes and The Frog dan Monsters vs. Aliens. Kalau memang tahun 2009 merupakan tahunnya perempuan, Gilasinema menjagokan Coraline untuk meraih Oscar di kategori Animasi Terbaik. Kapan ya, Pixar membuat cerita yang protagonisnya cewek?


Untuk tahun 2010,dari data yang Gilasinema peroleh, sutradara perempuan yang hadir tidak sebanyak di tahun 2009. Mungkin karena banyak film yang jadwal rilisnya belum pasti. Berikut beberapa sutradara perempuan yang bakal merilis film di tahun 2010 ini :
Massy Tadjedin (Tell Me)
Floria Sigismondi(The Runaways)
Julie Anne Robinson (The Last Song)
Nanette Burstein (Going the Distance)
Elizabeth Allen (Ramona and Beezus)
Andrea Arnold (Fish Tank)
Sofia Coppola (Somewhere)


1 komentar:

movietard mengatakan...

Thanks buat infonya bung Gila...
saya baru tahu yang membesut An Education itu perempuan loh!
dan well, terbersit keinginan saya sedikit supaya Kathryn Bigelow bisa mengalahkan mantan suaminya,hehehe

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket