Jumat, 02 Januari 2009

SELAYANG PANDANG FILM INDONESIA DI TAHUN 2008 (PART 2)

Jumat, 02 Januari 2009


11.CLAUDIA/JASMINE
Film Indonesia wajib tonton di tahun 2008. Secara mengejutkan, Awi mampu menghasilkan tontonan rom com yang hasil akhirnya berstandar Holly. Tahu banget membangun emosi, hingga film ini enaaaaak banget dilihat. Nino Fernandez juga makin oke aktingnya. Music Maliq&D’Essestial makin mempermanis film ini. Kalau ada yang belum melihatnya, buruan sewa atau beli. Jangan bajakan 

12.HANTU AMBULANCE
Hantu Ambulance apa? Hantu Kost-Kost-an kayaknya lebih tepat. Kasihan dengan Suzanna yang terlihat sakit-sakitan. Moment paling berkesan ya ketika adegan cewek seksi muncul di lorong.

13.IKHSAN : MAMA…I LOVE YOU
Dengan tema yang bakalan jarang diangkat oleh sineas Indo, Film ini sangat standaaaar sekali. Paling tidak suka dengan penggambaran guru yang amat sangat berlebihan. Penampilan bintang pemeran Ikhsan cukup memberi hiburan. Jiplakan yang gagal dan mentah dari Taare Zameen Par karya Aamir Khan

14.AYAT – AYAT CINTA
Andai saja film ini didanai dengan cukup dan pra produksi yang lebih lama, mungkin film ini akan banyak berbicara di FFI kemaren. Apa yang dihadirkan di layar seakan membuktikan kalau film ini dibawah tekanan keserakahan produser. Namun tidak bisa dipungkiri, film ini akan menjadi salah satu film terpenting sepanjang sejarah perfilman nasional.

15.40 HARI BANGKITNYA POCONG
Film horror produk Rudi selalu menjadi lebih enak dinikmati dan terasa lebih menyeramkan, meski sekali lagi terganggu dengan tata suara dialog pemainnya yang sering terdengar menggumam.

16.FROM BANDUNG WITH LOVE
Bandung sebelah mana? Sebelah radio? Meski pemainnya enak dilihat, tidak tampak tautan yang kuat diantara mereka. Sebuah kesalahan fatal untuk sebuah film cinta. Hal tersebut harusnya bisa ditutupi kalau saja sutradaranya membungkusnya dengan gambar-gambar yang menonjolkan romantisme Bandung.

17.KUNTILANANK 3
Sebuah pemungkas trilogy yang lumayan konsisten. Kualitas? Tetap lebih bagus yang pertama, meski untungnya tidak mengumbar banyak kesadisan seperti halnya di seri kedua.

18.DO
Tidak lucu dan tidak saru. Pemilihan cast yang buruk, semakin menambah kejengkelan dengan jalinan cerita yang dangkal. Adegan paling ingat justru jatuh kepada ketika salah satu tokohnya berbicara layaknya Cinta Laura. Kasihan sosok dosen yang menjadi olok-olok di film ini.

19.KESURUPAN
Hanya menawarkan teriakan demi teriakan yang tidak menakutkan. Malah membuat telinga sakit. Sekali lagi penampilan Nia Ramdhani yang buruk.

20.KEKASIH
Maunya sih menjadi film roman yang benar-benar menyentuh dan mengesankan. tetapi kok malah membuat mengantuk ya? Ngapain juga Iwan Fals nongol di film. Ada banyak pantai di Jogya yang masih bisa dieksplor demi memperindah film ini seperti Pantai Wedi Ombo. Yang mengejutkan dari film ini adalah adegan ciuman bibir yang cukup intim dan lumayan panjang untuk sebuah film Indo. Diadegankan oleh bintang local lagi!

21.IN THE NAME OF LOVE
Ayo donk para investor, kasih dana buat bikin sekuel film ini. Sayang banget. Filmnya lumayan bagus lho. Emosinya begitu intens dengan gambar yang terkonsep kuat khas Rudi. Barisan cast yang oke untungnya tidak saling berusaha menonjolkan diri.

22.TALI POCONG PERAWAN
Tidak seheboh yang diberitakan. Sepertiga durasi awal amat sangat membosankan. Untungnya ada beberapa adegan yang lumayan mengagetkan. “Bang minta minumnya dua”

23.THE TARIX JABRIX
Kalau produser jeli, The Changcuters ini bisa menjadi sebuah franchise yang lumayan menguntungkan, asal mereka digarap dengan pengkarakteran yang kuat layaknya Warkop DKI. Patut ditunggu aksi-aksi mereka kedepannya. Tahun 2009 katanya sudah mau diliris.

24.KUN FAYAKUN
Tidak beda dengan sinetron religi di TV. Dengan umat yang banyak, sayangnya Bang Mansyur kurang bisa menggerakkan mereka untuk melihatnya di bioskop.

25.NAMAKU DICK
Bosan ah dengan Tora yang sibuk berkomedi ria dengan aksi yang begitu-begitu saja. Dengan tema yang nakal, film ini jauuuuuh dari lucu. cOba kalau dibalut dengan isu gender, mungkin ceritanya akan lebih menggigit.

26.KERETA HANTU MANGGARAI
Khas Nayato gitu deh. Tidak seram tapi dihadirkan dengan gambar-gambar yang jauh lebih bagus dari film horror lainnya, terutama film Horor karya KK Dheraj atau Mitra pictures. Itu kalo penonton belum bosan dengan gambar-gambar khas Nayato lho.

27.ADA KAMU AKU ADA
Rizal balik aja ke horror deh. Gak pantes dia buat film percintaan remaja, setelah sebelumnya juga gagal dengan film cinta, Jatuh Cinta Lagi. Film ini tidak menawarkan apa – apa.

28.TAPI BUKAN AKU
Tema film ini sangaaaat menarik dan berpotensi menjadi sebuah tontonan yang romantis daan mengharu biru, tanpa harus diembeli “based on true story”. Andai saja disutradari oleh Nayato dan naskah ditulis Rako Prijanto atau Hanny R. Saputra tentu hasilnya akan jauh berbeda. tentu saja dengan pemilihan cast yang tepat dan iringan musik arranger handal.

29.COBLOS CINTA
Sayang sekali IFI merilis film ini yang penuh dengan kedangkalan berbungkus tubuh-tubuh seksi. Kasihan Nadia Saphira yang seakan kehilangan daya tidak bisa berbuat apa-apa. Entah apa yang dirasakan kaum hawa setelah melihat film ini. Harusnya sih terhina.

30.MENGAKU RASUL
Film ini juga mempunyai potensi menjadi sebuah tontonan yang kuat dan penuh sindiran. Sayang skenarionya kurang tergarap dengan baik. Belum lagi pemilihan pemain yang terkesan “murah”. Namun sekali lagi Helfi membuktikan dirinya sebagai salah satu sineas yang selalu berusaha menghasilkan tontonan yang berbeda.

31.PULAU HANTU 2
Lebih lucu dan lebih seksi dengan makin banyaknya belahan dada yang diumbar (ada Wiwid Gunawan dan Satwika sih), meski penampilan hantu yang tetap menggelikan. Secara keseluruhan sih, film ini jauh lebih seru dibandingkan seri pertama. Kalau ada rencana dibuat jilid ketiga, tambah lagi bintang seksinya, lengkap dengan aksi panas mereka. Adegan bercinta di kolam terus terang membuat terkejut dengan keberanian dua bintang muda yang bergumul.

32.FIKSI.
Film apapun yang terkena “sentuhan” Joko Anwar selalu wajib tonton!

33.TIREN
Dimana-mana, yang namanya tiren itu ya tidak layak konsumsi. Apalagi film Tiren ini yang diproduksi hanya dalam 10 hari, setelah produsernya ditelpon oleh pengelola bioskop memberi tahu ada tanggal yang kosong perilisan film Indo! Jadi motif pembuatan film ini ya untuk mengisi slot saja.

34.BEST FRIEND?
Salah satu film remaja standar yang untungnya dieksekusi dengan cara yang berbeda dan mempunyai pesan yang jelas. Pemilihan cast yang tepat makin memperkuat tontonan yang satu ini, meski tampilannya FTV banget.

35.TRI MAS GETIR
Get Shorty-nya Indonesia yang lumayanlah. Bisa lebih seru dan kacau, serta lebih seru. Terutama adegan akhirnya. Adegan di lapangan terbang mengingatkan pada film apa gitu. Mencoba mentertawakan banyak hal, terutama seputar dunia hiburan, namun kurang menggigit dan kurang nyinyir.

36.ANDA PUAS SAYA LOYO
BURUK! GAK JELAS! GAK LUCU! MURAH! @#(*&^%%$$$#@#&)(^@@!!@@@$%&+|&%$#@3

37.LIAR
Film yang Rudi banget. Keras tapi romantis. Kayaknya Rudi mencoba mengingkari kelembutannya, yang juga nampak di film-film sebelumnya. Adegan pertarungan di tengah guyuran air yang mungkin terasa sensual bagi Rudi, merupakan bentuk pengulangan dari adegan perkelahian di Mengejar Matahari. Bukan karya terbaik dari Rudi, karena mudah dilupakan.

38.PUBER
Sinetron banget!

39.SETANNYA KOK BENERAN
Film yang akan lucu, gila dan seru banget kalau saja dibekali modal lebih. Apa yang tampak dilayar memperlihatkan keterbatasan modal. Jadinya ya lucu yang naggung.

40.OH BABY
Banyak pihak yang mengecam film ini, namun entah mengapa tersenyum sendiri melihat penampilan Cinta Laura di layar yang berusaha total meski tidak istimewa. Andai saja adegan tari nya lebih atraktif. Andai saja Randy diganti oleh bintang lain yang lebih bisa nge-dance.

41.SYAHADAT CINTA
Dengan peralatan yang kayaknya lebih komplet, film ini sebenarnya berpotensi menjadi lebih baik kalau saja skenarionya digarap lebih serius. Pemilihan pemain yang kurang tepat serta gaya berakting yang tak jauh beda dengan penampilan di sinetron membuat film ini menjadi begitu biasa.

42.LASKAR PELANGI
A WEEL MADE MOVIE!!! Meski akan terlihat biasa saja kalau di pajang di festival film internasional.

43.DOA YANG MENGANCAM
3/4 durasi film masih enak dinikmati dengan berbagai gugatan moral yang disemburkan, namun setelah film bermain-main di arena surealis, membuatnya menjadi menyebalkan karena tidak bisa paham apa yang ingin disampaikan 

44.GARA-GARA BOLA
Sebagai hiburan? Untuk film Indonesia ya sedikit diatas lumayan. Menghibur kok. Ditunggu karya-karya kedepannya.

45.3 DOA 3 CINTA
Film Indonesia yang khas Indonesia. Tidak mengherankan kalau film ini akan lebih menarik perhatian di ajang festival film Internasional dibandingkan dengan Laskar Pelang, berkat muatan lokalnya yang terlihat unik di mata internasional. salut untuk bagian kasting yang jempolan.

2 komentar:

semuareview mengatakan...

sekedar komentar buat dua pelem yang gue tonton pas di TV acara tahun baruan.

no.23 TARIX JABRIX
punya potensi jadi film lucu. sayang skripnya lemah, padahal potensi akting pemainnya ada. (2/5)

no.25 NAMAKU DICK
salah satu film terburuk yang pernah kutonton. filmnya gak fokus, suara si DICK malah sangat mengganggu dialog. gak lucu sama sekali. film sampah. kalau aku nonton di bioskop pasti udah nyumpah2 dan keluar ngeluyur. (1/5)

gilasinema mengatakan...

Setuju dengan Namaku Dick yang gak lucu

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket