Sabtu, 24 Januari 2009

HANYA 60% SIH........TAPI LUMAYANLAH

Sabtu, 24 Januari 2009


Nominasi Oscar 2009 sudah keluar. Kalau masih ingat, Gilasinema pernah melakukan intipan siapa-siapa saja yang bakalan masuk nominasi. Bukannya sombong, namun intipan tadi termasuk paling awal dibuatnya. Terutama di Indonesia hehehe (nggak penting banget ya).
Menebak siapa-siapa yang bakal masuk nominasi tentu bukan sesuatu yang mudah, mengingat harus menyaring lebih banyak nama/judul film. Gilasinema mengintip untuk nominasi di kategori Film Terbaik, Sutradara Terbaik, Aktor/Aktris Terbaik dan Aktor/Aktris Pembantu Terbaik. Dan sekali lagi bukannya bermaksud sombong kalau hasil intipan, mempunyai tingkat keakuratan 60 %. Gak tepat-tepat amat sih….tapi lumayanlah 
Semua gara-gara Australia (biasa..harus ada yang dikambinghitamkan). Gilasinema melihat Australia sebagai sebuah proyek yang menjajnjikan, namun entah mengapa hasil akhirnya kok dianggap kurang memuaskan.
Untuk kategori Film Terbaik, Gilasinema memprediksikan The Dark Knight, Milk, The Curious Case of Benjamin Button, Australia dan Frost/Nixon. Sayang sekali The Dark Knigth tidak masuk, padahal cukup banyak masuk nominasi lain. Bandingkan dengan The Reader. Mungkin nasib The Dark Knight akan menyamai The Matrix yang membawa banyak piala di kategori teknis.
Nama-nama yang dijagokan Gilasinema di kategori Sutradara terbaik : Christopher Nolan, Gus Van Sant, Baz Luhrman, Ron Howard dan David Fincher. Sekali lagi sangat disayangkan Chritopher Nolan diacuhkan oleh anggota AMPAS, padahal dia sangat berhasil mengarahkan The Dark Knight. Namun, Gilasinema yakin, nama yang satu ini kedepannya akan dapat giliran juga.
Kate Winslet, Nicole Kidman, Angelina Jolie, Anne Hathaway dan Meryl Streep adalah nama-nama yang dulu Gilasinema perkirakan bakalan masuk nominasi Aktris Terbaik. Hanya satu nama yang meleset, yakni Nicole Kidman yang digantikan oleh Melissa Leo. Berarti tebakan Gilasinema untuk kategori ini, mencapai 80 % donk. Sangat berharap Kate Winslet menang.
Di bagian Aktris Pendukung, Gilasinema memperkirakan Penelope Cruz, Taraji Henson, Renee Zellweger, Viola Davis dan Catherine Keener. Dua nama meleset, seperti halnya perkiraan di kategori Aktor Pendukung yakni Heath Ledger, John Malkovich, Josh Brolin, Michael Sheen dan Michael Shannon. Namun masuknya nama Michael Shannon memberikan kegembiraan kepada Gilasinema, karena aktingnya di Revolutionary Road memang top. Padahal nama yang satu ini, di Golden Globe kemarin tidak dilirik sama sekali.
Hugh Jackam memang tidak masuk nominasi seperti yang Gilasinema perkirakan, namun paling tidak dia bakala banyak nampang di panggung sebagai host. Dulu Gilasinema memperkirakan Benicio del Torro, Frank Langella, Richard Jenkins, Brad Pitt dan Hugh Jackman. Masuknya Richard Jenkins membuat Gilasinema senang (penting gak sih hehehe)

5 komentar:

Yusahrizal mengatakan...

Kenapa Gran Torino dan The Fall sama sekali tidak masuk nominasi apapun? Padahal kedua film ini diputar di USA pada timing buat penilaian juri AMPAS. Apa memang juri AMPAS tidak melihat mereka sbg film bagus?

Tapi tahun ini memang banyak kontroversi pemilihan nominasi.

Bang Mupi mengatakan...

Gua setuju The Dark Knight tuh menang untuk hal2 yang berbau teknis seperti Sound Editing dan lain2 dan aktor pembantu terbaik Heath Ledger.

Hmm..menurut prediksi gua nih
Heath Ledger pasti memenangkan aktor pembantu terbaik.
Kalo film terbaik, gua pegang Slumdog Millionaire.
Aktor terbaik : Sean Pean atau ga Mickey Rourke
Aktris terbaik : Meryl Streep atau Kate Winslet
Aktris pembantu terbaik : Marisa TomeiBest Director : Danny Boyle atau David Fincher
Best Cinematography : The Curious case of Benjamin Button
Kalo The Dark Knight kayaknya menang di Best Sound, Visual

gilasinema mengatakan...

Mungkin karena mereka takut The Fall bakal mendominasi segi teknis.
The Dark Knight bisa gak dapet apa-apa dong :)
Padahal film The Fall dah disupport lho ma David Fincher yang bikin Benjamin Button.

Paling kontroversial memang masuknya The Reader di film terbaik. Mungkin semacam, penghormatan buat Anthony Minghella dan Pollack.

semuareview mengatakan...

omong2 grand torino gak masuk apa karena peredarannya yang memang di tahun 2009.
mana THE FALL. demo yuk di depan oscar :p
btw kita buat prediksi versi kita yuk, untuk semua kategori, mungkin minus untuk yang film pendek dan dokumenter, karena gak bisa nonton :p

gilasinema mengatakan...

Rencananya memang mo bikin prediksi versi Gilasinema. Nih sedang dalam tahap penggodokan hehehehe. wis...pokoknya kurang kerjaan
Baru mo aku muat setelah 10 Feb 2009

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket