Sabtu, 03 Januari 2009

GILASINEMA AWARD 2008

Sabtu, 03 Januari 2009


Sekali lagi Gilasinema bagi – bagi award. Kesannya kurang kerjaan, lha memang iya hehehe. Apresiasi ini memang sengaja buat seru – seruan dan kategori yang diberikan menyesuaikan hati. Mungkin ada yang mau kasih saran?

OVERRATED MOVIE

THE DARK KNIGHT
: film yang bagus memang, hanya saja tepuk tangan yang diberikan terlalu panjang dan berlebihan deh. Perhatikan plotnya yang seperti penyempurnaan naskah dari Spiderman 2. Bedanya TDK dibuat lebih gelap, yang dinilai oleh pengamat dan pecinta film lebih bagus ketimbang kemasan yang meriah.
QUANTUM OF SOLACE : kalau ada yang menilai film ini bagus, menunjukkan kalau referensi film yang bersangkutan itu (maaf) cethek. Casino Royale terasa mengesankan berkat efek kejut yang ditimbulkannya. Pengulangan formula menjadikannya tak beda dengan film action biasa. Just another action movie. belum lagi lagunya kurang nendang dan openingnya yang terkesan biasa saja. Coba coret angka 007 untuk membuktikannya. James Bond tanpa Q, gadget canggih dan cewek seksi? Serahkan hal tersebut pada Bourne. Hasil akhirnya, kalau kedua tokoh tadi dipertemukan, Bond bakal dibuat babak belur oleh kelincahan dan kepintaran Bourne. Mungkin hal ini disengaja produser untuk merangkul penggemar baru. Entahlah. Yang membuat film ini terlihat Bond adalah masih ditampilkannya M.

UNDERRATED MOVIE

HANCOCK : lupakan endingnya yang menyebalkan. Film ini harusnya mendapatkan apresiasi yang lebih dengan keberaniannya mengacak-acak pola yang sering nampak di film adaptasi komik superhero. Apalagi dengan dimasukkannya mitologi Yunani.
THE BANK JOB: Jason Statham dinilai sebagai actor mediocre karena film-film yang dia pilih. Namun lewat The Bank Job dia berhasil membuktikan bahwa dia juga bisa main di film yang lebih berkelas. Filmnya sendiri tidak kalah asyik dibandingkan Ocean’s Eleven.


ACTOR : FRANK LANGELLA ( FROST/NIXON ) & RICHARD JENKINS ( THE VISITOR )
ACTRESS : KATE WINSLET ( REVOLUTIONARY ROAD ) & MICHELLE WILLIAMS ( WENDY&LUCY )
SUTRADARA : CHRISTOPHER NOLAN ( THE DARK NIGHT )
POSTER : THE SPIRIT
SONG : Gran Torino oleh Clint Eastwood dan Jamie Cullum ( GRAN TORINO )
WORST MOVIE & ENDING : PROM NIGHT & THE HAPPENING
CREEPIEST MOVIE : REC dan LET THE RIGHT ONE IN
ROMANTIC FLICK : DEFINETLY, MAYBE
DUO/GRUP : Colin Farrel dan Brendan Gleeson (IN BRUGES)
ENDING : THE ORFANATO
VILLAIN : Javier Bardem ( NO COUNTRY FOR OLD MAN ) & Heath Ledger ( THE DARK KNIGHT )
SCENE STEALER : Michael Shannon ( REVOLUTIONARY ROAD )
HOT SCENE : Tang Wei dan Tony Leung dalam percintaan panas di tengah intrik politik dalam LUST, CAUTION
ACTION SEQUENCE : pengejaran seru di gurun ( THE GOOD, THE BAD AND THE WEIRD ) dan gun fight di WANTED
MOST LAUGHABLE MOMENT : Robert Downey, Jr yang black wannabe (TROPIC THUNDER )
COOL STUFF: senjata Chigurh ( NO COUNTRY FOR OLD MAN ) dan iron suit ( IRON MAN )
MOST SHOCKING PERFORMANCE : Tom Cruise, kalau saja foto-fotonya tidak bocor mungkin akan lebih mengejutkan ( TROPIC THUNDER )
BEST DANCE SQUENCE : Tom Cruise ( TROPIC THUNDER )
FAVOURITE SOUNDTRACK : semua yang ditampilkan di film SAAWARIYA hehehe…
MOST NATURAL PERFORMANCE : Catinca Untaru ( THE FALL )
FUNNY PEOPLE : Tina Fey ( 30 ROCK & MAMA BOY ) & Jack Black ( KUNGFU PANDA, BE KIND REWIND, TROPIC THUNDER
SOON WILL BE A GREAT ACTOR : James Franco ( MILK & PINEAPPLE EXPRESS )
WORST ENDING : The Happening

2 komentar:

yusahrizal mengatakan...

gue tambahin satu kategori lagi deh
THE BEST REMAKE: Connected (Bao chi tong hua)
Ternyata film daur ulang terbaik 2008 milik industri film Hongkong mengalahkan Hollywood yang punya hobi bikin film remake.

gilasinema mengatakan...

INi yang remake Cellular kan?
Makasih idenya. Ntar kita coba cari filmnya :)

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket