Jumat, 02 Januari 2009

GILASINEMA AWARD 2008 : 10 FILM INDONESIA TERBAIK DI TAHUN 2008

Jumat, 02 Januari 2009



Film – film yang dipilih adalah film yang sempat ditonton oleh Gilasinema. Film seperti May, Cinta Setaman, Pencarian Terakhir atau beberapa judul lainnya yang menurut banyak orang bagus, sayang sekali tidak bisa dimasukkan mengingat Gilasinema belum melihatnya secara langsung. Daftar ini dibuat berdasarkan produk film itu secara keseluruhan, mulai dari konsep cerita, pemilihan pemain hingga dari segi teknis. Apakah unsure-unsur tadi mampu menghasilkan karya yang utuh. Ayat-Ayat Cinta terpaksa tidak dimasukkan karena apa yang terlihat di layar kurang utuh. Sok? Kita mah chill aja.
Untuk film Indonesia, terus terang lebih mudah menyusun daftar terburuk dibandingkan bila membuat daftar terbaik. Film Love dengan amat sangat menyesal harus Gilasinema singkirkan dari daftar.


1.LASKAR PELANGI
A WEEL MADE MOVIE!!! Meski akan terlihat biasa saja kalau di pajang di festival film internasional. Keseriusan orang – orang yang terlibat di balik pembuatan film ini patut diberikan apresiasi tertinggi. Kentara sekali mereka mempunyai misi yang kuat untuk menghadirkan tontonan yang inspiratif.

2.CLAUDIA/JASMINE
Mungkin banyak yang protes dengan ditempatkannya film ini di urutan dua, mengingat temanya yang begitu biasa, soal cinta. Namun dengan gaya bertutur yang enak, editing yang lincah, musik yang asyik hingga aksi pemain yang apa adanya menjadikan film ini sebagai tontonan yang menghibur namun tidak menyakiti logika. Sebuah prestasi yang jarang ditemui dalam film Indonesia.

3.FIKSI.
Film apapun yang terkena “sentuhan” Joko Anwar selalu wajib tonton! Kekuatan film ini ada pada scenario serta konsep gambar yang matang. Terlihat sekali, Joko Anwar dan Mouly Surya mempunyai referensi yang cukup untuk menghasilkan cerita yang kuat. Didukung dengan sinematografi yang dipikirkan sedalam mungkin serta acting memikat dari Ladya Cheril, film ini layak menjadi salah satu yang terbaik sepanjang tahun 2008.

4.3 DOA 3 CINTA
Film Indonesia yang khas Indonesia. Tidak mengherankan kalau film ini akan lebih menarik perhatian di ajang festival film Internasional dibandingkan dengan Laskar Pelang, berkat muatan lokalnya yang terlihat unik di mata internasional. Salut untuk bagian kasting yang jempolan.

5.RADIT DAN JANI
Upi yang selalu mencoba menyajikan dialog dan gambar yang apa adanya, justru menjadi kekuatan di tengah film Indonesia lainnya yang kadang terlalu muluk-muluk dan banyak maunya. Belum lagi chemistry yang kuat antara Vino dengan Fahrani.

6.PEREMPUAN PUNYA CERITA
Nia Dinata makin sibuk membuat film yang berisi kumpulan cerita. Kadang terkesan curang, namun dimaafkan karena hasil akhirnya yang sangat layak tonton. Cerita Jogja meninggalkan kesan dengan cara bertutur yang lugas apa adanya. Rachel Maryam mencuri perhatian dengan olah aktingnya sebagai sosok berkebutuhan khusus.

7.MEREKA BILANG, SAYA MONYET!
Menghadirkan twist ending yang memikat. Bolehlah disebut sebagai salah satu ending terbaik sepanjang sejarah perfilman Indonesia. Sebuah film yang penuh dengan olok-olok dan kemarahan, dan menjanjikan karya selanjutnya yang bakal lebih berkualitas. Berandai-andai, hasil akhir dari film ini kalau saja didukung dana yang cukup.

8.THE TARIX JABRIX
Kalau produser jeli, The Changcuters ini bisa menjadi sebuah franchise yang lumayan menguntungkan, asal mereka digarap dengan pengkarakteran yang kuat layaknya Warkop DKI. Patut ditunggu aksi-aksi mereka kedepannya. Tahun 2009 katanya sudah mau diliris.

9.IN THE NAME OF LOVE
Rudi Sudjarwo tetap konsisten dengan gayanya. Cerita yang ditawarkan sih sebenarnya basi. Tragedi cinta ala kisah Romeo dan Juliet. Namun di tangan Rudi, sajian basi tersebut ternyata masih enak dikonsumsi. Apalagi berbalut iringan musik dari Addie MS yang membuatnya mempunyai kelas tersendiri. Cast yang jor-joran untungnya masih bisa dikendalikan oleh Rudi. Andai saja promo film ini lebih gencar tentu hasilnya kan lebih laris, hingga bisa terwujud sterusannya. Sayang sekali…

10.BEST FRIEND?
Salah satu film remaja standar yang untungnya dieksekusi dengan cara yang berbeda dan mempunyai pesan yang jelas. Temanya juga tidak hanya masalah perkembangan seksual remaja, tetapi lebih ke perkembangan kepribadian. Pemilihan cast yang tepat makin memperkuat tontonan yang satu ini, meski tampilannya FTV banget.


Disamping kesepuluh yang dinilai terbaik diatas, Gilasinema juga memberikan apresiasi kepada mereka yang memang pantas mendapatkannya. Berbeda dengan tahun 2007, tahun 2008 Gilasinema tidak menyusun daftar yang terburuk, mengingat banyaknya judul yang pantas mendapatkannya. Daripada pusing mending tidak usah saja.

FILM HOROR PALING HOROR : 40 Hari Bangkitnya Pocong
FILM KOMEDI SEKS PALING LUCU DAN SARU : Kawin Kontrak
ADEGAN TERLUCU : sholat Subuh di 3 Doa 3 Cinta
ADEGAN TERSEKSI : Wiwid Gunawan mengusap bagian atas dadanya ( Kawin Kontrak )
PASANGAN TERCOCOK : Vino G. Bastian dan Fahrani ( Radit & Jani )
SUTRADARA TERBAIK : Riri Reza (Laskar Pelangi)
AKTOR TERBAIK : Yoga Bagus ( 3 Doa 3 Cinta )
AKTRIS TERBAIK : Ladya Cherril ( Fiksi. )
AKTOR PENDUKUNG TERBAIK : Ferdian ( Laskar Pelangi )
AKTRIS PENDUKUNG TERBAIK : Carissa Puteri ( Ayat-Ayat Cinta )
IRINGAN MUSIK TERBAIK : Addie MS ( In The Name of Love )
LAGU TERBAIK : Laskar Pelangi
PENDATANG BARU TERBAIK : Kirana Larasati (Claudia/Jasmine dan Perempuan Punya Cerita)
PENAMPILAN PALING MENGEJUTKAN : Dian Sastro ( 3 Doa 3 Cinta )
PENJAHAT TERBAIK : Ladya Cherril ( Fiksi. )
TWIST ENDING TERBAIK : Mereka Bilang, Saya Monyet!
MISS BOX OFFICE : Dewi Perssik
RUMAH PRODUKSI TERBAIK : Infestasi Film Indonesia ( IFI )
CIUMAN TERBAIK : Marsha Timothy dengan Tora Sudiro, Kiran Sindhu dan Richard Kevin hehehe
CAMEO TERBAIK : Wimar Witoelar ( Claudia/Jasmine )
POSTER TERBAIK : Laskar Pelangi

4 komentar:

Anonim mengatakan...

Wah. . .
Yoga Bagus jadi aktor terbaik.
dy tmn kmpus ku.
Anak teater.

GILASINEMA mengatakan...

Haaai...salam yah buat temen kampusnya. Pantesan aktingnya bagus, anak teater tho :)

situs pilihan mengatakan...

review nya bagus sekali..makasih ya jadi inspirasi..

Halo mengatakan...

Mantap film indonesia, indonesia bisa. :D
Film Komedi Indonesia

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket