Kamis, 06 Maret 2008

WE OWN THE NIGHT

Kamis, 06 Maret 2008


Film ini bisa dibilang sebuah proyek reuni dari sutradara James Gray dengan actor Joaquin Phoenix dan Mark Wahlberg. Sebelumnya, ketiganya dipertemukan dalam The Yards di tahun 2000 silam. Bukan sebuah film yang mampu mencuri perhatian. Proyek kali ini pada akhirnya tampak sebagai sebuah usaha untuk memperbaiki hasil sebelumnya. Berhasilkah?

Mengambil setting di tahun 1980-an, diceritakan Bobby (Joaquin Phoenix) dan Joseph (Mark Wahlberg) adalah sepasang saudara. Keduanya merupakan anak dari polisi legendaries, Burt (Robert Duvall). Kalau Joseph mengikuti dengan sukses jejak ayahnya, Bobby memilih untuk mengelola klub milik orang Rusia. Digambarkan kedua saudara kandung tersebut mempunyai sifat yang sangat bertolak belakang.

Sampai pada akhirnya sebuah peristiwa mengharuskan mereka bertiga untuk bersatu. Memasuki babak ini, konflik yang dihadapi Bobby terasa lebih berat karena dia harus berhadapan dengan orang – orang Rusia yang selama ini telah menganggap dirinya sebagai keluarga. Dilema antara kepentingan keluarga dan kepentingan orang – orang yang mampu menerima dirinya, mampu ditampilkan dengan baik oleh Joaquin Phoenix.

Dan memang, penampilan Joaquin Phoenix dalam film ini memang yang paling menonjol dengan karakter yang lebih kompleks dibandingkan peran yang dibawakan oleh Mark Wahlberg. Robert Duvall dengan porsi yang sedikit juga mampu menampilkan kematangannya dalam acting. Sedangkan Eva Mendez, dengan peran yang tidak begitu penting, lumayan menghangatkan layar dengan aksi yang dia tunjukkan di awal film, kalau tidak mau dibilang sedikit mengejutkan.

Naskah yang disusun James Gray tidaklah istimewa. Terlalu banyak lubang yang lumayan menganggu seperti identitas asli dari Bobby yang tidak diketahui oleh para mafia Rusia, mengingat pada umumnya mafia mempunyai jaringan informasi yang kuat. Akhir cerita juga mudah ditebak sejak awal film berjalan. Hasil akhir film ini seperti sebuah proyek yang lahir karena hubungan pertemanan dari kedua actor utama yang juga merangkap sebagai produser. Pun demikian, film ini sayang untuk dilewatkan karena cukup tertolong oleh acting bagus yang dipertontonkan Joaquin Phoenix. Dan ternyata hubungan darah lebih kuat dibandingkan hubungan yang lain. 2,75/5

English


WE OWN THE NIGHT


It can said that this film is a reunion project from the director James Gray with the actors Joaquin Phoenix and Mark Wahlberg. They met again in the same project after The Yard in year of 2000. A Film that did not steal the attention. This project seems like to be a make over of the result before. Did it work?
Taking the setting in 1980’s. Bobby (Joaquin Phoenix) and Joseph (Mark Wahlberg) is couple of brother. They are the son of legendary cop, Burt (Robert Duvall). If Joseph follow the success of his father as a cop so Bobby choose to take over the club that own by Russian. In here both of them have much different characteristic.
Until there is a moment that have to make three of them united. On this stage the conflict that Bobby have to deal is much more complicated, because the Russian whom he had to deal is already take him as a family. The dilemma between the family interest and the interest of people who can take him as personal. And Joaquin Phoenix is deal with it very well.
And it is obvious that Joaquin Phoenix’s performance in this film is quite stick out with much complicated character than Mark Wahlberg. Robert Duvall with small role is able to perform his acting capability. And Eva Mendez, with not quite important role is pretty warmth the screen with her action in the earlier of film.
The script that written by James Gray isn’t so special. Too many hole that interrupted like Bobby’s real identity that not known by the Russian mafia, considering that the mafia is particularly have strong connection of information. The ending is so easy to predicted. The result is just because it is a project that born because of the friendship of the actor that double as producer. Well performance from Joaquin Phoenix is too regretted to miss. And blood relation is more powerful than the other relation. 2.75/5

0 komentar:

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket