Selasa, 18 Maret 2008

THE DETECTIVE (C+ JING TAAM )

Selasa, 18 Maret 2008

Sudah lama kita tidak disuguhi film tentang detektif yang mengusut sebuah kasus pembunuhan. Film dengan tema seperti ini sekarang lebih banyak hadir di layar kaca. Hal ini menjadikan kehadiran The Detective seakan mengobati kerinduan akan tontonan yang berbau penyelidikan.

Tam (Aaron Kwok) pada suatu hari didatangi seorang pria tua yang meminta bantuannya untuk menemukan seorang gadis yang tiba – tiba menghilang. Pada awalnya Tam “menggarap” kasus ini sekan – akan bukan sebuah kasus penting. Sampai beberapa kejadian dimana selalu ada yang terbunuh di tempat yang dia datangi, dia sadar akan kualitas kasus yang sedang dihadapinya. Dengan bantuan dan halangan dari temannya yang polisi, Chak (Liu Kai Chi) dia berusaha mengorek apa yang sebenarnya terjadi, dengan nyawanya sebagai taruhan. Selain berusaha membongkar kasus tersebut, Tam juga masih berusaha menemukan kedua orangtuanya yang meninggalkan dirinya sejak usia belia.

Premis cerita terkesan tidak istimewa, tapi kalau melihat bagaimana karakter dari Tam, menjadikan film sedikit berbeda dari film detective kebanyakan. Tam digambarkan dengan karakter yang kurang begitu meyakinkan. Sejak cerita diawali sampai , kita disuguhi beberapa kebodohan yang dia lakukan. Namun hal inilah yang menyebabkan film ini menjadi lebih menarik. Tam terlihat lebih manusiawi dan nyata, serta terjangkau. Hal ini membuat penonton merasa akrab dengan tokoh tersebut dan terhanyut dalam petualangan Tam dalam mengurai kasus yang ujung – ujungnya bermotif uang.

Ditangani sutradara Thailand, Oxide Pang Chun yang menulis naskah film ini bersama saudaranya Thomas Pang, film ini mengajak kita menyusuri sisi – sisi gelap, kumuh dan bau dari pemukiman padat yang ada di Thailand. Tidak berbeda jauh dengan yang ada di Jakarta. Penggambaran tersebut memperkuat unsur misteri dari film ini. Dan juga efektif sebagi analogi betapa busuknya apa yang terjadi di balik permainan saham, yang pada kenyataannya banyak dilakukan oleh ibu – ibu di Thailand. Disini Pang bersaudara secara cerdas mampu mengangkat fenomena yang ada di masyarakat (Thailand) menjadi sebuah cerita menarik yang dibalut dengan unsur misteri dan sedikit adegan aksi yang lumayan menegangkan.

Kekuatan utama dari film ini sebenarnya ada pada Aaron Kwok yang mampu memerankan karakter Tam dengan amat baik. Bagaimana dia mampu memerankan sosok Tam menjadi begitu membumi, namun tetap ditampilkan kecerdasan yang dia miliki. Menarik ketika dia beberapa kali dihadapkan pada situasi yang mencekam, busuk dan kotor. Efek mencekam memang masih terasa (bahkan ada satu scene yang cukup memberi efek kejut), beberapa adegan bahkan menempatkan dirinya pada situasi yang sangat tidak mengenakkan namun entah mengapa melihat sosok Tam, adegan menjadi lebih cair dan kadang terasa lucu. Aaron Kwok mampu menghadirkan bahasa tubuh yang pas. Film makin asyik dengan editing yang ditampilkan, terutama dalam adegan aksinya, atau ketika Tam dipojokkan oleh seorang wanita dengan suara latar jam yang berdetik. 3,25/5

English


THE DETECTIVE (C+ JING TAAM)


It's been a while that we are not given the detective film that reveal a homicide case. Film with theme like it is often shown in television show. This is make The Detective is a cure for the miss of the film about investigation.
Tam (Aaron Kwok) is visited by the old man that asked for his help to find a girl that suddenly missing. At the beginning Tam take the case as unimportant case. Until some event that there are always someone murdered on a place he is going to, finally he realize on what he is dealing with. With help and obstacle from his cop friend, Chak (Liu Kai Chi) he is trying to reveal what is really happening, with his own live as a stake. Beside want to reveal his case, Tam is also still try to find his both parent that abandoned him since he was little.
The story premises isn't so special, but if we look how is Tam's character, it makes a little different from the most detective film. Tam is describing as unconvincing person. Since it began, and we are shown how silly he is. However, it is make more interesting, Tam is more live and real. This can make the audience feel so close with Tam and flew away on the Tam's adventure to reveal the case that in the end it's all about money.
Handled by Thailand Director, Oxide Pang Chun that write the script with his brother Thomas Pang, this film is taking us to follow the dark, dirty, smell sides of the compact residence in Thailand. Not so different with Jakarta. The description is so strengthen the mystic element of the film. And it's an analogy that effectively describe how sting is, what behind the stock exchange that played by the Thailand motherhood. Pang's brother is quite smart to raise the phenomena in Thailand society into the attractive story that surrounding by mystery and tight action.
The main strength from the film is in Aaron Kwok that able to live Tam's Character so well. How he can play the character that down to earth but still has the intelligent. When several time Tam has to face some situation that tenacious, rotten and dirty, it's quite interesting. The tenacious effect is shocking in some scenes. When Tam put him self on uncomfort situation somehow it can be melt and funny. Aaron Kwok is able to present proper body language. It's getting cool with the editing, when in the scene that Tam was cornered by a lady with the sound of clock as a back sound. 3.25/5

1 komentar:

Bang Mupi mengatakan...

gua mau kasih komentar subjektif nih. hehe
waduh Aaron Kwok ga ada cakep2nya ya sekarang, perasaan dulu ganteng deh. hehe

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket