Kamis, 06 Maret 2008

VITUS

Kamis, 06 Maret 2008

Anak adalah harta yang tak ternilai. Orang tua yang normal akan selalu memberikan yang terbaik bagi anaknya. Setiap anak adalah special. Lalu apa yang akan kita lakukan apabila anak kita mempunyai kemampuan yang luar biasa dibandingkan dengan anak pada umumnya? Apa yang terbaik bagi anak tersebut?

Vitus ( diperankan Fabrizio Borsani saat 6 tahun dan Teo Gheorghiu di usia 12 tahun ) adalah anak yang diberkahi bakat melimpah. Vitus dengan IQ diatas rata –rata ( sampai tidak bisa dihitung ), begitu cepat menyerap setiap hal yang dipelajarinya. Sangat suka membaca buku – buku tebal, termasuk kamus dan mahir memainkan piano. Kedua orang tuanya Leo (Urs Jucker ) dan Helen (Julika Jenkins )berusaha memberikan apa yang menurut mereka terbaik bagi Vitus, sehingga tidak memperhatikan apa sebenarnya yang diinginkan oleh Vitus. Hanya kakek Leo (Bruno Ganz ) yang memperlakukan Vitus seperti umumnya anak kecil.

Seperti umumnya anak dengan kemampuan luar biasa, Vitus tumbuh menjadi pribadi yang kesepian. Belum lagi tekanan yang semakin kuat dari kedua orangtuanya yang ingin Vitus menjadi seorang pianis. Sebuah peristiwa yang terjadi kemudian membuat keadaan berbeda 180 derajat. Kejadian yang membuat orang tua Vitus senewen, tetapi membuat Vitus lebih bisa menikmati hidup. Sampai sebuah keadaan yang mengharuskan Vitus berbuat sesuatu untuk menyelamatkan keluarganya dari kehancuran. Dan terkuaklah apa yang sebenarnya terjadi.

Film ini sangat direkomendasikan bagi para orang tua. Tidak hanya bagi mereka yang mepunyai anak berkemampuan super, tetapi semua orang tua. Film ini mengajak para orang tua untuk berpikir kembali mengenai usaha mereka dalam memberikan yang terbaik bagi anak mereka. Usaha mereka tidak salah, tetapi apakah mereka sudah medengarkan apa yang sebenarnya diinginkan oleh anak mereka.

Anak adalah permata yang berharga, namun apakah kita memperlakukan mereka sebagai sebuah harta yang diperindah sekedar untuk dipamerkan atau untuk dilestarikan? Anak kecil tetaplah anak kecil yang dalam melakukan sesuatu biasanya hanya berdasarkan kesukaan. Akan ada masanya mereka dalam memutuskan apa yang mereka lakukan. Tugas orang tua hanyalah membimbing tanpa terlalu memaksakan, dan juga melingkupinya dengan kasih sayang, apa dan bagaimana anak kita.

Selain hal tersebut diatas, banyak hal yang bisa kita dapat lewat film ini, seperti ternyata begitu banyak hal yang belum kita ketahui tentang kelelawar. Bagi sebagian orang, usaha Vitus menyelamatkan keluarganya mungkin terasa berlebihan, namun banyak hal inspiratif dalam film ini. 3/5

English


VITUS


Children is a valuable treasure. A normal parents will always give the best to their children. Every child is special. Then what will parents do if they have uncommon children, a child that has a tremendous gift to the other children?What is the best to him?
Vitus (Fabrizio Borsani, at 6's, and Teo Gheorghiu, at 12's) is the children that gifted a lot of talent. Vitus with above average IQ, able to learn quickly on everything he learn. Love to read the thick books, such as a dictionary, and he is quite well with the piano. His parents Leo (Urs Jucker) and Helen (Julika Jenkins) is trying to give the best what they are think the best fo Vitus. So they miss the thing that Vitus really wanted. Only Leo's grandpa (Bruno Ganz) who treat Vitus like the other children.
As the other gifted children, Vitus grew up lonely. And the pressure from the parents who want him to become a pianist. A moment that make the circumstances turn 180 degres. Something that make Vitus's parents nervous, but made Vitus enjoy his live. And there a time that Vitus had to made something to save his family from disaster. So everything get reveal.
It's so recommended to the parents. Not only to whom that have super ability children, but all parents. This film is take the parents to reconsidered what have been they give to their children, even it's for good sake. They didn't do wrong. It's just that are the parents are really listening what their children really wanted.
Children is like jewel, are we threat them just like the other valuable things that only to show off? Children is only a children that doing something based on what they like. There will be time for them to decided by it's own. Parent's duty is just to guide them without over pressure, and surrounding them with love and caring passion.
Beside that, there so many things we can afford from this film, just like how much we know about bats. And for half people, Vitus aim to save his family seem too much, anyway this is an inspirational film. 3/5

0 komentar:

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket