Selasa, 18 Maret 2008

KATYN

Selasa, 18 Maret 2008


Secara sinematik, mungkin film Katyn bukanlah film yang istimewa, namun tidak bisa dipungkiri kalau film ini penting dan berguna untuk disaksikan. Terlepas dari kebenaran cerita yang dihadirkan, melihat film ini kita jadi tahu kalau dulu, di era Perang Dunia II, Polandia pernah mengalami peristiwa yang menyedihkan lagi tragis. Nominasi untuk Best Foreign di ajang Oscar 2008, membuat film ini sayang untuk dilewatkan.

Katyn adalah nama sebuah hutan yang ada di Polandia yang menjadi saksi dari kebrutalan tentara Russia yang membantai sekitar 20.000 prajurit terbaik dari Polandia di tahun 1940. Cara mereka sungguh licik, hampir sama dengan taktik yang digunakan Jepang yang mengklaim diri mereka sebagai Saudara Tua ketika masuk ke Indonesia

Russia masuk ke Polandia dengan kedok membebaskan Polandia dari cengkeraman fasis NAZI yang waktu itu merajalela di Eropa. Mereka mengumpulkan para prajurit terbaik dengan propaganda akan dikembalikan kepada keluarga mereka. Namun yang terjadi adalah mereka dibantai secara keji di hutan Katyn. Lebih kejam lagi, mereka menunjuk Nazi sebagai dalang kejahatan perang tersebut. Dengan segala cara, Russia berusaha agar kebenaran yang sebenarnya tidak muncul. Sungguh kasihan bangsa Polandia. Keluar dari mulut buaya, masuk ke kandang singa.

Namun yang namanya kebusukan, lama – kelamaan akan tercium juga. Lewat usaha dari Anna (Maja Ostaszewska ) dalam usahanya mencari suaminya, Andrzej (Artur Zmijewski ) kita diajak untuk melihat kebenaran yang sebenarnya. Dalam perjalanan menuju kebenaran tadi, kita diajak melihat aksi dari beberapa tokoh yang juga berkeinginan mencari orang – orang yang mereka cintai. Betapa Russia yang kejam mampu memporak porandakan hidup rakyat Polandia. Memisahkan mereka dari orang – orang yang mereka cintai.

Banyak adegan menyesakkan yang disajikan oleh sutradara Andrzej Wajda untuk menggambarkan apa yang terjadi dan apa yang dirasakan oleh rakyat Polandia. Salah satunya adalah ketika salah satu tokoh dalam film ini mencoba memasang nisan untuk saudaranya yang menjadi korban. Nisan yang hancur cukup mewakili dari emosi yang dialami oleh rakyat Polandia.

Menyaksikan film ini tak ubahnya menyaksikan film documenter, Hanya saja dengan balutan drama yang kental. Sutradara Andrzej Wajda berusaha membuat film ini seaktual mungkin dengan riset yang mendalam, yang merupakan kunci utama dalam membuat film berlatar belakang sejarah. Sutradara juga berhasil menampilkan gambar – gambar yang efektif menggambarkan situasi sebelum, saat dan sesudah pembantaian. Lewat gambar – gambar suram, dengan warna kelam kita diajak meyelami terror kemanusiaan yang sedang berlangsung.

Katyn bukanlah film yang nyaman buat disaksikan. Namun sekali lagi, film seperti ini penting sekali buat disaksikan. Karena sejarah harusnya disampaikan dengan jujur dan proporsional. Jangan sampai sejarah hanya dimiliki oleh mereka yang berkuasa. Yang dapat mereka gunakan sebagai kendaraan dalam usahanya meraih kekuasaan dan kejayaan. 3,75/5

English


KATYN


As cinematic view, Katyn is not a special film, but this film is important and very useful to see. Apart from the truth of the story, seeing this film is make us know about something, that in the world war II, Poland has been through some tragedy. Best Foreign Film nomine in Oscar 2008 is unfortunate to miss.
Katyn is the name of the jungle in Poland that become a witness of the brutality of Russian soldiers that genocide around 20.000 best Polish soldiers in 1940. The way they do it is so tricky. It’s look alike with the strategy that used by the Japanese that claimed them self as old brother to Indonesia.
Russia enter to Poland use the mask willing to give Poland freedom from the NAZI’s fascism that conquer Europe on that time. They gathered the best soldiers with the propaganda they will returned to their family. But what really happened is they genocide them in Katyn Jungle. And they point NAZI as the genocide mastermind. Russia is trying everything so the truth is not reveal. Poor the Poland. Out from the alligator mouth enter to the Lion’s gate.
But the rotten can not be hidden, it can smell anyway. There’s Anna (Maja Ostaszewska) that try to find her husband, Andrzej (Artur Zmijewski) weare about to see the truth. On the way there, we will take to see the action from several character that trying to find people they loved. How the Russian break the Polish people’s live is so mean. Separated them from the people they loved.
A lot of scene that shown by the director Andrzej Wajda to describe what really happened and the feeling of Polish people really are. The example is when the one of character in the film is trying to setup the gravestone to his brother that become a victim. The broken gravestone is represent the emotion that been through by the Polish people.
To see this film is just like to see the documentary film. It’s just that it dramatically wrapped. The director, Andrzej Wajda is trying to make the film as actual as it can with the deep research, that become the main key to make the film on historical basic. The director is make the pictures effectively before and after the genocide. Trough the vague pictures with dark color, it take us to dive the humanity terror that going on.
Katyn is not a comfortable film to see. But the film is something important to see. Because the history has to tell with truth and proportionally. The history is not own by the authority side only. So they can use it as a tools to reach the glory and the power. 3.75/5

0 komentar:

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket