Kamis, 29 April 2010

THE REAL FEMALE MOVIE STAR ON THE LAST DECADE

Kamis, 29 April 2010

Setiap era selalu menghadirkan bintang-bintang yang bersinar benderang. Dalam kurun waktu 1990 – 1999 nama – nama seperti Julia Roberts, Demi Moore, Gwyneth Paltrow dan Meg Ryan adalah nama – nama yang pantas masuk dalam jajaran bintang paling bersinar. Bagaimana untuk kurun waktu 2000 – 2009? Melalui riset yang melelahkan (halah!), Gilasinema memilih 10 nama yang rasanya cukup pantas menyandang The Real Female Movie Star. Ukurannya apa? Gilasinema memakai ukuran Oscar dan perolehan box office. Yang namanya Bintang Film, ya harus bisa acting. Karena berbicara soal “bintang” maka mata tertuju pada Holly, mengingat dominasinya yang sangat kuat. Oscar dijadikan ukuran karena inilah puncak segala pesta yang ada Holly dan disaksikan oleh mata dari berbagai penjuru dunia. Oscar menjadi salah satu momen yang menghargai pencapaian insan film, dalam hal ini para aktis. Nama-nama yang Gilasinema pilih harus pernah masuk Oscar, minimal sebagai nominasi. Dalam hal ini, maaf sekali harus menyingkirkan Drew Barrymore dan Jennifer Anniston yang filmnya banyak yang laris.


Menjadi seorang bintang tidak cukup bermodalkan kualitas acting yang bagus. Dia juga harus bisa “menjual” filmnya dan membuat produser tersenyum lebar. Laris atau tidaknya film yang dia bintangi bisa dipakai untuk mengukur tingkat kepopuleran aktris tersebut, karena bintang identik dengan popularitas. Gara-gara standar ini, Gilasinema terpaksa harus menyingkirkan Julianne Moore, Cate Blanchett dan Charlize Theron. Untuk Cate Blanchett, dia memang berperan dalam Trilogi LOTR yang super laris dan Indiana Jones 4, namun dia tidak mempunyai daya yang kuat untuk melariskan film yang memajangnya sebagai bintang utama. Tingkat kebintangan seorang aktris juga bisa dilihat dari tampilan poster yang dia bintangi. Semakin dia terlihat menonjol, semakin moncer kadar kebintangannya. Intensitas pemberitaan juga menjadi pertimbangan pemberian penilaian, selain kepercayaan produsen terhadap seorang aktris untuk mengiklankan produk mereka.


10.KEIRA KNIGHTLEY
ACTING RATE : 6,5

Inilah aktris termuda yang masuk dalam list ini. Usianya saat ini baru 25 tahun, namun dalam kurun waktu 10 tahun terakhir, banyak prestasi yang telah dia torehkan, termasuk nominasi Oscar. Dikenal luas lewat Bend It Like Beckham, dan membuat banyak cowok jatuh hati lewat Love Actually. Kualitas aktingnya dipuji lewat film-film yang mengharuskannya menggunakan korset seperti Pride and Prejudice, Atonement dan The Duchess. Namun, Keira tidak takuit mencoba peran yang berbeda lewat Domino dan The Jacket.
$ RATE : 6
Trilogy Pirates of The Caribbean mampu mengeruk lebih dari 2,5 milyar dolar. Keberhasilan film ini mungkin karena faktor Jhonny Depp, namun peran Keira dalam film ini bukanlah tempelan semata. Apalagi, untuk dua seri awalnya, wajah Keira terpampang jelas dalam posternya. Bukti kalau dia dijadikan salah satu daya tarik trilogy tersebut. Perolehan Atonement, Pride $ Prejudice dan The Duchess juga tidaklah jelek. Ketiga film tersebut berhasil mengumpulkan lebih dari $250 juta. Untuk masalah pemberitaan, Keira cukup sering menghiasi berbagai media.
STAR RATE : 6,25


9.KATE WINSLET
ACTING RATE : 9,5

Aktris yang paling sering masuk nominasi Oscar sepanjang 10 tahun terakhir. Padahal usianya tahun ini baru 35 tahun! Tak ada yang menyangkal kualitas aktingnya. Dialah calon penerus Meryl Streep.
$ RATE : 3
Sayangnya, Kate Winslet masih harus banyak belajar dari Meryl Streep bagaimana memilih peran bagus dalam sebuah film yang berpotensi laris. Film-film yang dia rilis sepanjang tahun 2000 – 2009 hanya mengumpulkan sekitar 1 milyar dolar lebih sedikit untuk lebih dari 20 film. Banyak yang kurang begitu bagus perolehannya seperti Quills, Enigma, Iris dan Little Children. Film yang berhasil meraup pendapatan diatas $100 juta hanyalah Finding Neverland, Flushed Away. The Holiday dan The Reader yang dalam posternya dia berbagi penampakan dengan bintang lain. Kate Winslet jarang sekali tampil sendirian dalam poster film yang dia bintangi. Dengan rentang karis yang masih lama, kalau dikasih umur panjang, Kate Winslet masih bisa memperkilau kadar kebintangannya. Kalau bisa sih memilih peran-peran yang lebih cerah.
STAR RATE : 6,25


8.HALLE BERRY
ACTING RATE : 5

Maaf kalau ada yang protes dengan pemberian angka 5 untuk kualitas acting dari Halle Berry. Dia memang pernah meraih Oscar, namun selain Monster’s Ball, dia tidak menunjukkan penampilan yang istimewa di film-film yang lain. Bisa dimaklumi mengingat dia lebih banyak bermain dalam film-film hiburan (baca : aksi). Penampilannya sebagai Catwoman yang dinilai sebagai salah satu penampilan terburuk sepanjang 10 tahun terakhir juga menjadi salah satu yang mengurangi poin.
$ RATE : 8
Pesona fisiknya digilai banyak pria dan membuat banyak wanita mengidolakannya. Tak heran kalau dia sering masuk daftar perempuan tercantik atau perempuan terseksi. Banyak produk yang memilihnya sebagai bintang iklan dan Halle Berry juga cukup rajin menghiasi sampul majalah. Poster film yang dia bintangi senantiasa memajang wajahnya. Bahkan untuk seri X-Men yang menampilkan banyak bintang, dia tetap ditonjolkan sebagai salah satu daya pikat. Dan tahukah kamu, kalau Gothika yang dibuat dengan budget sekitar $40 juta ternyata menghasilkan lebih dari $140 juta dalam peredarannya di seluruh dunia? Kalau ditotal, film-film yang menghadirkan Halle berry dengan penampilan yang bukan sekedar tempelan, menghasilkan lebih dari 2 milyar dolar.
STAR RATE : 6,5


7.REESE WITHERSPOON
ACTING RATE : 6,5

Sebenarnya punya kualitas acting yang bagus, namun entah mengapa potensinya tersebut belum sepenuhnya keluar, bahkan dalam Walk the Line sekalipun yang membuatnya berhasil menggondol Oscar. Penampilan terbaiknya tetap ada pada Election. Dan dibandingkan dalam Walk The Line, penampilannya dalam Legally Blonde justru lebih membekas dalam ingatan.
$ RATE : 6,5
Paska Legally Blonde, jarang sekali film Reese Witherspoon yang gagal di pasaran. Hanya Vanity Fair, Penelope, Rendition dan The Importance of Being Earnest yang kurang begitu berhasil meraup dolar. Kalau ditotal, film-filmnya meraup lebih dari 1,4 milyar dolar. Lewat Legally Blonde 1 & 2, Sweet Home Alabama dan Four Christmases saja dia berhasil mengumpulkan lebih dari $600 juta. Penampilannya dalam poster film juga cukup dominant.
STAR RATE : 6,5


6.RENEE ZELLWEGER
ACTING RATE : 7,5

Meski akhir-akhir ini karirnya merosot tajam, Masuk nominasi Oscar untuk tiga tahun berturut-turut lewat Bridget Jones's Diary (2001), Chicago (2002) dan Cold Mountain (2003) adalah prestasi yang sulit disamai aktris lain. Masih ingat bagaimana dia membungkam banyak pihak yang memprotes pemilihan dirinya sebagai Bridget Jones lewat penampilan yang brillian. Di The Cold Mountain dia memberikan penampilan yang sangat mengejutkan.
$ RATE : 6
Film – film yang dia bintangi dan dia isi suara menghasilkan lebih dari 2 milyar dolar. Film-filmnya yang menghasilkan lebih dari $250 juta diantaranya Bridget Jones 1 & 2, Chicago, The Cold Mountain, Shark Tale, Bee Movie dan Monsters vs. Aliens. Sayangnya akhir-akhir ini, pamor kebintangan Renee makin merosot saja. Meski sudah menampilkan sosoknya dengan cukup jelas dalam setiap poster filmnya, hasil perdarannyaya tidaklah membuat produser tersenyum.
STAR RATE : 6,75


5.JULIA ROBERTS
ACTING RATE : 7

Ok, paska Erin Brokovich, Julia Roberts memang tidak begitu berkilau dari segi acting, namun bukan berarti penampilannya jelek, mengingat jarang reviu yang mencemooh penampilannya. Erin Brokovich membuat Julia Roberts menjadi aktris yang diprediksi meraih Oscar jauh sebelum malam penganugerahan. Penampilannya dalam Closer dan Duplicity juga cukup memikat.
$ RATE : 6,5
Diluar Ocean’s Eleven dan Ocean’s Twelve yang membuatnya seperti pajangan semata, film-film Julia Roberts berhasil mengumpulkan pendapatan hampir 1 milyar dolar. Daya jualnya tetaplah tinggi untuk pasar internasional. Kehidupan pribadi Julia Roberts juga tetap banyak hadir di berbagai media. Dan tampaknya, Julia Roberts kini siap untuk kembali bersinar.
STAR RATE : 6,75


4.SANDRA BULLOCK
ACTING RATE : 6

Hmmm…mungkin banyak yang bilang kalau acting dia tidaklah istimewa, tapi bukan berarti aktingnya buruk kan. Dia memang pernah mendapat Razzie, tapi bukankah aktris sekelas Angelina Jolie dan Nicole Kidman pun juga pernah bersinggungan dengan Razzie. Penampilannya dalam Miss Congeniality begitu membekas, dan dia berani suguhkan sesuatu yang sedikit berbeda lewat Crash, Divine Secrets of the Ya-Ya Sisterhood, dan tentu saja The Blind Side.
$ RATE : 8
Ditahun 2009, Sandra Bullock menghasilkan lebih dari $600 juta lewat The Proposal, All About Steve dan The Blind Side. Ketiganya sangat menjual performa Bullock. Bahkan, The Blind Side membuat Sandra Bullock menjadi aktris pertama yang meraup lebih dari $200 juta untuk peredaran domestik untuk film yang menempatkan bintang perempuan sebagai bintang utama. Film-film Sandra Bullock yang dirilis tahun 2000 – 2009 jarang yang merugi. Paling hanya Gun Shy dan Infamous yang hasilnya jauh dari harapan. Sandra Bullock memang loveable.
STAR RATE : 7


3.MERYL STREEP
ACTING RATE : 9,5

Rasanya tak ada yang menyangkal eksistensi si legenda hidup ini. Bener-bener makin tua makin menjadi. Berbagai peran dia mainkan, dan hampir semuanya menuai pujian. Adaptation, The Hours, The Devil Wears Prada, Doubt dan Julie and Julia membuktikan kualitas aktingnya yang mumpuni. Bahkan, ketika dia membintangi Angels In America untuk konsumsi TV, Meryl Streep tetap tampil prima. Tidak hanya beracting, Meryl juga bisa menghidupkan suara karakter lewat sumbangan suaranya di A.I. : Artificial Intelligence, The Ant Bully dan Fantastic Mr. Fox.
$ RATE : 6
Hebatnya, Meryl Streep tidak hanya berjaya dari segi acting. Beberapa filmnya cukup laris dipasaran seperti Lemony Snicket's A Series of Unfortunate Events, The Devil Wears Prada, It's Complicated dan yang paling laris, Mamma Mia! Kalau ditotal, film-film yang dia bintangi sepanjang 2000-2009 mengumpulkan tak kurang dari 2 milyar dollar. Tidak semuanya sukses memang. Prime, A Prairie Home Companion, The Ant Bully, Dark Matter, Evening dan Fantastic Mr. Fox adalah beberapa judul yang bisa dibilang tidak berhasil dipasaran. Dan ternyata, Meryl Streep jarang nampang di poster sendirian. Hal ini membuktikan, dia mempunyai daya jual yang tidak begitu tinggi.
STAR RATE : 7,75


2.ANGELINA JOLIE
ACTING RATE: 7

Angelina Jolie adalah aktris yang tidak hanya bisa bermain apik di film drama namun juga sangat ciamik bermain dalam film action. Angelina Jolie adalah aktris yang bisa menonjolkan sensualitas sekaligus kualitas acting yang bagus. Tidak banyak aktris yang seperti ini.
$ RATE: 9
Kalau ditotal, film-film yang Angelina Jolie bintangi atau dia sumbang suara menghasilkan lebih dari 2,5 milyar dolar. Wanted, Kungfu Panda, Mr. & Mrs. Smith, Gone In 60 Seconds, Lara Croft: Tomb Raider dan Shark Tale adalah film-film yang menghasilkan lebih dari $200 juta dalam peredarannya diseluruh dunia. Daya jual Angelina Jolie sangatlah kuat hingga tampil sangat dominant dalam poster film yang dia bintangi. Lihat saja poster film Wanted yang menonjolkan dirinya, meski James McAvoy lah si pemeran utama. Tidak semua film Angelina Jolie sukses memang karena Beyond Borders, Alexander, The Good Shepherd dan Sky Captain and the World of Tomorrow bisa dibilang gagal total. Kadar kebintangan Angelina Jolie yang sangat kuat dibuktikan dengan konsistennya berita seputar kehidupan pribadinya menghiasi berbagai media. Saking kuatnya, rasanya dia jarang banget berkolaborasi dengan aktris tenar lainnya dalam filmnya.
STAR RATE : 8


1.NICOLE KIDMAN
ACTING RATE : 8,5

Kualitas acting Nicole Kidman banyak tereksploitasi maksimal lewat film-film yang dirilis pada awal 2000-an. Moulin Rouge!, The Others, Dogville, Birth, The Human Stain dan puncaknya ada pada The Hours yang membuahkannya Piala Oscar. Namun entah mengapa setelahnya dia seperti salah mengambil peran hingga menerima banyak kritikan. Nicole Kidman justru banyak menghiasi media dengan berita-berita seputar kehidupan pribadinya. Namun, kedepannya Nicole Kidman tampaknya akan kembali bangkit dengan merilis film-film yang cukup menjanjikan.
$ RATE: 8
Satu keunggulan Nicole Kidman dibandingkan Meryl Streep adalah, Nicole tampil lebih menonjol di setiap poster film yang dia bintangi. Meski tidak semua filmnya sukses di pasaran, namun wajahnya selalu terpampang di poster. Daya jualnya tampaknya masih dianggap cukup kuat, terutama untuk pasar internasional. Kalau ditotal, film-film yang Nicole Kidman bintangi, mengumpulkan lebih dari 1,8 milyar dolar. Moulin Rouge!, The Others, Cold Mountain, The Interpreter, Happy Feet, The Golden Compass dan Australia adalah film-filmnya yang meraup lebih dari $150 juta untuk peredaran seluruh dunia. Nine dan The invasion adalah dua filmnya yang gagal total di pasaran. Selain Happy Feet, ternyata Nicole Kidman juga menyumbang suara di Panic Room lho.
STAR RATE : 8,25


Lalu siapakah yang bakalan menggeser dominasi nama-nama diatas untuk kurun waktu 10 tahun mendatang? Selain Keira Knightley yang karirnya bisa lebih cemerlang, Gilasinema memilih 4 nama lain yang Gilasinema prediksi bakal makin bersinar. Mereka adalah Natalie Portman, Anne Hathaway, Rachel McAdams dan Zoe Saldna. Sebenarnya ingin memasukkan salah satu bintang muda yang sangat Gilasinema cintai, Kristen Dunst. Namun, akhir-akhir ini karirnya tidak begitu bagus. Kabarnya sih dia siap bangkit. Semoga saja dia bisa dan makin bersinar kedepannya. Natalie Portman selain dimodali wajah rupawan dan otak yang cerdas juga memiliki potensi acting yang cukup bagus. Hal ini dia buktikan lewat Closer yang membuahkan Nominasi Oscar. Beberapa judul yang akan dia bintangi tampak cukup menjanjikan. Kalau boleh memberi saran, dia harusnya juga lebih banyak bermain dalam film-film yang lebih cerah, namun menampilkan karakter yang menantang, jangan melulu main film yang dpresif.


Anna Hathaway? Ini dia The Next America’s Sweetheart. Berbeda dengan Natalie Portman, Anne Hathaway terlihat lebih berani dalam memilih peran. Dia juga terlihat lebih total dalam berakting yang ditunjukkan dengan keberaniannya beradegan panas. Natalie Portman mana berani beginian. Penampilan mengejutkan lewat Rachel Getting Married patut dia pertahankan. Anna Hathaway juga terlihat lebih rileks ketika terlibat dalam popcorn movie. Sedangkan untuk Rachel McAdams, Gilasinema terkesan dengan perkembangan karirnya yang cenderung bergerak ke atas. Kabarnya, dia bakal berkolaborasi dengan Woody Allen dan Terrence Malik. Zoe Saldana akan bisa menyajikan paduan kecantikan, keseksian, ketangguhan dan kekuatan acting layaknya Angelina Jolie, hanya saja dengan kulit lebih gelap. Zoe akan mengisi minimnya aktris yang jgo berkelahi namun juga piawai bermain drama. Kita tunggu saja kiprah Keira Knightley, Natalie Portman, Anne Hathaway, Rachel McAdams dan Zoe Saldana (serta Kristen Dunst) kedepannya.

15 komentar:

Anonim mengatakan...

hehe asyik banget deh reviewnya bang gilacinema. tapi banyak yang engga setuju nih, contohnya Cate Blanchett enggak dimasukin di list setelah kesuksesan The Curious Case of Benjamin Button yang menuai banyak dollar.
Terus enggak setuju juga sama pernyataan Natalie Portman engga berani beradegan panas, masa bang gilacinema engga inbet perfomancenya doski di Closer sih? di situ Natalie Portman berperan sebagai striptease dan kalo engga salah ada satu scene dimana dia memamerkan (maaf) vaginanya. salah satu scene yang memorable banget tuh hehe.

Bang Mupi mengatakan...

itu foto yang dibawah bukannya Kate Beckinsale, Om. Maksudnya mah mau pasang foto Rachel McAdams kan?

budi cahyono mengatakan...

Wah, Om Gila Sinema minggu2 ini lagi rajing ngangkat tema perempuan nih..

Movietard mengatakan...

Ya ampun...Kidmannya cantik sekali :gak konsen:
hihihi,ketauan ngefans sama Kidman,
Nice list om tapi kayaknya kalo dari itungan"an dollar Nicole Kidman ini bukannya the worst overpaid ya? seingetku Forbes bikin daftar aktor yang paling bikin rugi dan Kidman ada list ini dua kali pula,huhuhu. Tapi gak peduli, I always liker her <3 :D

Moviebuzzter mengatakan...

Memang benar, Kate Winslet bagus banget aktingnya... Kok gak diurutin menurut akting rate-nya aja? Bagus lho...

gilasinema mengatakan...

@anonim : beraaaat banget ngeluarin Cate Blanchett dari 10 besar.Dia sempat masuk, tp terus aku geser sama Keira. Benjamin Button memang laris, tapi coba deh tanya sama orang di jalan, Liat Benjamin Button karena apa dan siapa.
Untuk Natalie Portman, di Closer dia memang agak nakal, tapi cuman gitu doang hehehehe....bandingkan dengan Anne Hathaway di Havoc atau Brokeback Mountain. terima kasih ya opininya

@bang mupi : iya bang, aku yang salah. Terima kasih yaaaa....Ntar aku ganti. Kemaren pas googling Rachel muncul gambar tersebut dan bagus soalnya *hammer*

@budi : iya nih, ngepas-pasin sama momen kartini. Gak nyambung juga sih, lha wong banyakan bulenya :P

@movietard : makasih ya infonya. Aku juga sempat baca yang itu, makanya $ Rate-nya dia kalah ma Angelina Jolie. Tapi begitu aku liat, hasil peredaran film-filmnya untuk seluruh dunia, ternyata tidaklah terlalu jelek. Ada yang rugi sih, tapi banyak juga yang untung. Meski sedikit :)

@moviebuzzter : kalau mau dari segi akting, mungkin bisa diurutkan sendiri berdasar acting rate versi saya. Terima kasih sudah mampir :)

dr. B mengatakan...

om, julia robert nya ga setuju nih. kayanya uda ga kedengeran banget....

kok marrion cottilard ga masuk ya???

buat yg up and coming, setuju banget Anne Hathaway!! dan jgn lupa zoey deschanel...

gilasinema mengatakan...

@dr. B : iya sih, tapi kan di paruh awal dia masih menikmati sisa-sisa kejayaan. Karismanya juga masih cukup kuat. IMO

Marion terpaksa gak dimasukkin karena namanya baru mengglobal setelah La Vie en Rose dan masih belum teruji daya jualnya.

Zoey Deschanel terus terang aku masih ragu akan karir dia kedepannya kayak apa. Aktingnya bagus, tapi belum ada proyek yang benar-benar mnempatkannya sebagai pemeran utama.

Anonim mengatakan...

iyasih engga boong emang curious case ngejual daya tarik brad pitt hehe makany cate blanchett gamasuk nominasi oscar, golden globe bahkan.
eeeeeem iyasi, tapi kalo diliat dari list filmnya, natalie portman memang prefer untuk mengerjakan proyek yang ga biasa diterima masyarakat bang, seperti the other boleyn girl. jadi ya wajar kalo dollar ratenya kalah jauh dibanding Miss-Upcoming Anne Hathaway yg masih mau main di film com rom kayak bride wars. tapi tetep yakin ah Natali Portman bakal jadi the next big thing hehe.

kreshnahary mengatakan...

bagus tulisannya... tp lebih bagus foto2nya... paling suka potonya meryl streep, potonya jolie juga keren, yg ga percaya potonya renee zellweger, kok kurus yah (msh kebayang bridget jones soalnya)

aduy mengatakan...

bang ga ada amy adams yaa? padahal saya suka dia.. charming.. terus dia acting dia di junebug bagi saya keren.. di enchanted juga.. sama zooey deschannel juga dong.. hehe

aduy mengatakan...

oh iya scarlett johanson juga om haha

gilasinema mengatakan...

Amy adams kayaknya untuk internasional belum kondang-kondang amat ya, kalau dibandingkan nama-nama diatas meski dari segi acting mungkin tidak kalah baik.
Scarlett masih harus membuktikan lewat film yang benar-benar menantang buat kemampuan aktingnya. Dia itu punya potensi besar, cuman belum menemukan proyek yang pas.

aduy mengatakan...

kan enchanted laku banget bang.. iya sih mungkin kalo untuk skala internasional nya masih kalah ama nama2 di atas.. tapi kalo acting lumayan dia hehe

scarlett johanson pas di lost in translation saya suka tuh..

Unknown mengatakan...

Kate Winslet semenjak dapet Oscar udah mulai ambil peran yang "catchy" dan komersil tapi tetep mempertahankan kualitas aktingnya loh, sebut aja sekarang jadi Villain di Divergent, MOVIE 43 (ya walaupun hanya 1 segmen tapi kalau menelisik sebelumnya dia jarang ambil peran begitu), belum lagi di th 2015 join di Triple Nine.
Aku pikir the Next Meryl memang Kate Winslet.

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket