Jumat, 23 April 2010

MY FAVOURITE FEMALE PERFORMANCES ON THE LAST DECADE

Jumat, 23 April 2010

Dalam kurun waktu 2000 – 2009 banyak sekali performa menakjubkan dari para aktris di layar. Susah rasanya harus memilih 10 diantaranya. Alasan digunakannya kata “favorit” bukannya “terbaik” merujuk pada memorable tidaknya penampilan seorang aktris bagi Gilasinema. Tentu saja sebagai konsekuensinya, daftar yang tersusun akan sangat personal, karena memorable bagiku belum tentu memorable bagimu. Penampilan yang mengejutkan menjadi nilai positif tersendiri yang Gilasinema pakai dalam mempertimbangkan mengapa mereka terpilih. Berikut penampilan aktris favorit Gilasinema sepanjang 2000 – 2009 :


10.SALLY HAWKINS - Pauline "Poppy" Cross ( HAPPY-GO-LUCKY )
Peran Poppy Cross bagi Gilasinema merupakan salah satu peran yang paling unik, dan Sally Hawkins mampu memerankan sosok Poppy dengan amat baik hingga selain unik sosok Poppy juga terlihat segar. Masih ingat bagaimana reaksi Poppy ketika kehilangan sepeda, berkomunikasi dengan orang gila dan konfrontasi di dalam mobil dengan Eddie Marsan. Sikap positif dan kejenakaan Poppy berhasil mencerahkan penonton. Dampak ini tidak akan tercipta kalau sosok Poppy tidak diperankan dengan baik oleh aktris yang berkualitas. Dan Sally Hawkins memenuhi criteria ini.


9.ANNA HATHAWAY – Kym ( RACHEL GETTING MARRIED )
Gilasinema selalu suka dengan aktris yang berani mengambil resiko dengan memilih peran-peran yang diluar dugaan. Keberanian Anna Hathaway memilih peran Kym yang penuh dengan masalah mengejutkan Gilasinema karena dia bisa memerankannya dengan sangat memikat. Sama terkejutnya ketika dia dengan beraninya copot baju di Havov. Sorot mata marah dan putus asa, dikuatkan dengan gesture yang seolah selalu gelisah. Kym juga menyimpan rasa sakit dan rasa cemburu serta dihantui rasa bersalah akibat peristiwa di masa lampau. Sebuah peran yang sangat kompleks dan Anna Hathaway bisa menularkan berbagai emosi tersebut kepada penonton yang membangkitkan simpati.


8.UMA THURMAN - Beatrix Kiddo / The Bride / Black Mamba ( KILL BILL 1 & 2 )
Meski tak dilirik Oscar, banyak pihak mengakui kalau penampilan Uma Thurman dalam Kill Bill sangat tepat dan susah dilupakan. Tidak semua aktris bisa memerankan karakter yang komikal sekaligus dramatis. Dan tidak semua aktris bagus bermain drama sekaligus lihai berkelahi. Uma Thurman lewat Kill Bill berhasil menunjukkan kelasnya.


7.AUDREY TAUTOU - Amélie Poulain ( AMELIA )
Dengan sorot mata bak anak kecil tanpa dosanya, Audrey Tautou berhasil menghidupkan karakter Amelie yang loveable tanpa harus terlihat kekanak-kanakan ataupun komikal. Kamera yang sering menyoroti raut wajahnya dari jarak dekat tidak membuatnya gentar, justru Audrey Tautou menampilkan banyak emosi yang membuat penonton terpikat dan gemas.


6.RENEE ZELLWEGER – Bridget Jones ( BRIDGET JONES’S DIARY )
Awalnya banyak yang meragukan, bahkan marah atas pemilihan Renée Zellweger sebagai Bridget Jones. Namun segala keraguan dan kemarahan tersebut sanggup dibungkam berkat penampilan Renée Zellweger yang total dan segar. Renee rela tubuhnya membengkak serta bekerja keras untuk menampilkan logat British yang meyakinkan. Dan yang membuat kagum, Renee berani melakonkan adegn-adegan memalukan dengan tanpa beban hingga banyak sekali aksi-aksinya yang membekas dalam ingatan.


5.PENELOPE CRUZ – Raimunda ( VOLVER )
Sebelum menyaksikan Volver, Gilasinema seringkali sinis dengan film-film Penelope Cruz dan menganggapnya hanya mengandalkan pesona fisik semata. Namun lewat Volver, Penelope Cruz berhasil membuktikan kapasitasnya sebagai seorang aktris. Penampilannya begitu kuat dan bertenaga. Adegan ketika dia bernyanyi, meski bukan suaranya terlihat meyakinkan dan sangat susah untuk dilupakan. Mantappp!!! Dengan menampilkan olahan akting yang mumpuni, entah mengapa pesona fisiknya semakin terlihat mempesona.


4.MERYL STREEP - Miranda Priestly ( THE DEVIL WEARS PRADA )
Susah untuk memilih di film apa yang menampilkan aksi terbaik dari Meryl Streep di sepanjang 10 tahun terakhir. Aktris yang satu ini selalu menampilkan performa diatas rata-rata. Seorang legenda hidup yang nampaknya susah untuk disaingi. The Devil Wears Prada merupakan pembuktian Meryl Streep akan kekuatan aktingnya, bahkan untuk sebuah film yang nge-pop sekalipun. Meryl Streep piawai mengolah wajah yang membangkitkan rasa benci sekaligus kagum. Rambut yang diberi warna putih kelabu makin menegaskan kesan iblis nan kejam. Meski demikian, Meryl tetap bisa menghadirkan rasa iba ketika karakter yang dia perankan menerima ”pukulan”.


3.CHARLIZE THERON - Aileen Wuornos ( MONSTER )
Lewat perannya ini, Charlize Theron menyabet Oscar, Golden Globe dan SAG Awards. Sebuah kemenangan yang tidak akan pernah digugat. Tidak sia-sia Theron menaikkan bobotnya hingga 15 kg dan wajah cantiknya rela di “permak” habis-habisan hingga hilang sudah sosok seorang Charlize Theron. Kita seakan melihat wajah yang masih asing, yang memancarkan kemarahan, kekuatan, kekejaman dan sosok teraniaya nan menghibakan.


2.FELICITY HUFFMAN - Sabrina 'Bree' Osbourne ( TRANSAMERICA )
Bagi Gilasinema, peran Sabrina yang Felicity Huffman mainkan merupakan sebuah peran yang sangat unik. Bayangkan, seorang perempuan harus memerankan seorang laki-laki yang feminim dan berniat ganti kelamin menjadi perempuan. Memang, Felicity diuntungkan dengan struktur tubuh dan wajah yang ”gagah”, namun bagaimana dia mengolah bahasa tubuh sebagai seorang transgender sungguh membuat Gilasinema terpukau. Berkat performanya, sosok Sabrina terlihat menggelikan sekaligus menyedihkan layaknya kebanyakan nasib kaum transgender. Dilema peran yang sangat menantang yang untungnya bisa diterjemahkan dengan baik oleh Felicity Huffman. Saluuutttt...


1.MARION COTILLARD – Edith Piaf ( LA VIE EN ROSE )
Keberhasilan Marion Cotillard dalam memerankan Edith Piaf sedikit diuntungkan dengan pamor Marion yang belum mendunia. Tak heran ketika dia muncul, banyak yang terperangah dengan penampilannya. Meski tidak menyanyikan sendiri lagu-lagunya dan belum pernah melihat seperti apa aksi Edith Piaf yang sesungguhnya ketika di panggung, penampilan Marion ketika bernyanyi seperti kerasukan roh dari Edith Piaf. Polesan make-up makin mengikis habis sosok Marion yang aslinya cantik itu. Marion juga terampil mengolah bahasa tubuh. Lihat saja ketika hadir penggambaran Edith Piaf yang mulai merapuh kondisi fisiknya. Brillian!

7 komentar:

adithiarangga mengatakan...

charlize theron di monster emang gila banget dah!!!
edan banget nih pelacur satu... hahaha

Satrio Nindyo Istiko mengatakan...

Charlize Theron is sooooo gooooooddddddd in Monster. :)

delupher mengatakan...

beh kecewa ni kok gag dimasukin kate winslet saya suka dia di revolutionary road wkwkwkkwkwkwkkwkwkwkwkkw

pemilihan charlize teron sangat brilian aku sukaaaaaaa

Movietard mengatakan...

top three listnya oke banget om,dan lagi" ingetin kalo Witherspoon emang gak deserved oscar buat perannya jadi June Cash
and err...no Kidman for Moulin Rouge or The Hours?

gilasinema mengatakan...

Hmmm...masalahnya kita cuman milih 10 saja. Kalau 20 nama, mungkin nama-nama yang disinggung, bakal aku masukan.

waktu penyaringan, berat sekali harus menyingkirkan Kate Winslet dari 10 besar, begitupun dengan Nicole Kidman dan juga Julianne Moore

Mereka mainnya bagus, namun kalau soal nempel tidaknya diingatan, 10 penampilan diatas lebih nempel di otak Gilasinema :)

Anonim mengatakan...

Yup...sepertinya cinta mati ama Marion Cotillard nih..
Well,great list anyway...

Rijon mengatakan...

On the decade? Wah dari list itu, yang akan saya keluarkan: Uma Thurman.

Lalu diganti dengan Halen Mirren di The Queen. Sungguh saya terkesima dengan usaha Halen Mirren mereplika Ratu Elizabeth II.

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket