Selasa, 20 April 2010

CHLOE MORETZ : THE HIT-GIRL

Selasa, 20 April 2010

Setelah Dakota Fanning beranjak dewasa, dan Abigail Breslin makin tidak menggemaskan, kini bersiaplah menyambut bintang belia baru yang tampaknya bakal banyak menghiasi kabar dunia hiburan di tahun 2010 ini dengan segala sepak terjangnya. Tampaknya dunia hiburan dewasa ini makin menyukai penampilan mereka yang masih muda belia. Entah hal ini suatu yang positif atau justru wujud eksploitasi. Setelah Taylor Swift meraja lela di Grammy Awards, hadir penyanyi Hanya Dalam Bibir alias Just In Bieber yang menggebrak Billboard Chart. Sebelumnya, Miley Cyrus pun kondang di umur yang masih belia.


Chloe Moretz bisa dibilang aktris cilik paling bersinar sekaligus paling sensasional saat ini berkat pilihan perannya yang beresiko memunculkan kontroversi. Bocah yang pada 10 Februari lalu baru genap berusia 13 tahun ini, di tahun 2010 ini merilis film-film yang cukup menjanjikan dilihat dari segi bisnis. Pertengahan Maret kemarin, Diary of A Wimpy Kid dirilis dan menuai banyak apresiasi positif, selain diterima penonton dengan amat sangat baik. Terbukti perolehan box office-nya yang menembus angka $50 juta. Padahal, budgetnya dikabarkan hanya sekitar $15 juta. Peran Chloe mungkin tidaklah terlalu menonjol, namun kesuksesan film ini paling tidak memberi kredit positif pada filmografinya. O ya, sebelumnya Chloe Moretz tampil sebagai adik Joseph Gordon-Levitt di (500) Days of Summer.


Chloe Moretz menuai sensasi tatkala Kick-Ass dirilis. Perannya sebagai Hit Girl menuai banyak hujatan. Bukan terhadap kualitas aktingnya. Justru sebagian besar memuji keberhasilan Chloe Moretz dalam menghidupkan karakter Hit Girl. Masalahnya ada pada karakterisasi Hit Girl yang digambarkan masih belia namun sangat lihai memainkan senjata dan dengan beringasnya (kata mereka yang sudah menonton) membantai musuh-musuhnya yang jauh lebih tua dan lebih berbobot. Selain itu, Hit Girl juga diberkahi mulut kotor. Banyak yang protes dengan dialog "Okay you cunts, let's see what you can do now" yang keluar dari mulutnya, yang membuat sebuah surat kabar memberi “penghargaan” Hit Girl sebagai
"the foulest mouthed child ever to appear on screen”. Gara – gara aksi Hit Girl ini, kritikus film kondang Roger Ebert hanya memberi rating ¼ dan menyebut Kic-Ass sebagai tayangan yang "morally reprehensible".
Bagaimana Chloe Moretz menyikap segala kritikan terhadap karakter yang dia perankan? Dalam sebuah wawancara dia berkata :
"If I ever uttered one word that I said in Kick-Ass, I would be grounded for years! I'd be stuck in my room until I was 20! I would never in a million years say that. I'm an average, everyday girl."
Bahkan, lanjut Chloe, di depan umum dia tidak akan menyebutkan judul film Kick-Ass ini dan menggunakan kata “the film”. Sedangkan kata Kick-Butt sering dia gunakan di rumah, sebagai kata pengganti.


Meski terkenal liberal, beberapa kalangan di Amerika seringkali mengkritik Holly yang kadang dinilai memberi pengaruh buruk dan tidak pantas dengan menghasilkan atau menggambarkan karakter anak-anak yang terlalu ekstrem. Masih ingat dong dengan awal karir Jodie Foster yang menuai kontroversi berkat peran pelacur belia di Taxi Driver. Atau hujan protes terhadap adegan Dakota Fanning diperkosa dalam film Hounddog, yang membuat filmnya hancur lebur dipasaran. Namun, peran-peran ekstrem justru menjadi incaran para bintang muda. Pasca Taxi Driver, kiprah Jodie Foster semakin tak terbendung dan dia dikenal sebagai salah satu aktris Holly tercerdas. Karir Dakota Fanning bukannya makin surut, justru semakin eksis.


Bagaimana dengan Chloe Moretz? Kritikan terhadap karakter Hit-Girl membuktikan kalau dia mempunyai kualitas akting yang cukup bagus yang berpotensi menghantarkan dirinya sebagai salah satu calon bintang besar. Sensasi Chloe Moretz sebagai bintang muda paling ”nendang” di Holly sekarang ini tampaknya masih bakal berlanjut, karena Oktober nanti dia bakal jadi vampire bocah di Let Me In yang merupakan adaptasi novel Let The Right One In (Di Amerika, novel ini rilis dengan judul Let Me In) karangan John Ajvide Lindqvist. Bagi yang pernah melihat Let The Right One In versi Swedia pasti tahu mengapa peran yang dimainkan Chloe Moretz bakal menghadirkan sensasi. Sebuah peran dengan karakter yang kejam, dingin dan berdarah-darah. Tahun depan, Chloe Moretz bakal merilis film The Invention of Hugo Cabret yang diarahkan….Martin Scorsese!!!
Kontroversi karakter Hit-Girl di film Kick-Ass kembali membangkitkan sebuah pertanyaan klasik. Benarkah adegan kekerasan dalam sebuah film mampu memancing tindak kekerasan pada penonton yang tidak memiliki benteng jiwa yang kuat? Sebuah pertanyaan yang jawabannya tetap akan memunculkan perdebatan panjang. Berkaitan dengan pertanyaan ini, kebetulan Gilasinema menemukan statement dari Chloe Moretz pada sebuah wawancara :

"I knew it was a controversial role, but it was a role I wanted to do," says Moretz earnestly. "A month or so before I got this script, Wanted (like Kick-Ass, based on a comic by Scotland's Millar] came out, and I really, really wanted to be a take-charge action heroine like Angelina Jolie."

Dari statement Chloe Moretz diatas, Gilasinema pikir sudah bisa menjawab pertanyaan seputar pengaruh dari sebuah film terhadap penontonnya.

27 komentar:

Satrio Nindyo Istiko mengatakan...

Ehm...mungkin karena pemerannya juga masih belia sih ya om jadi org2 yg nonton merasa terganggu.Org dewasa yg menonton film yg emang diksh rating R ini sih mungkin byk yg fine2 aja..tapi gimana dg yg udh punya anak ya?Mereka pasti setidaknya ngebayangin anaknya ngomong kotor begitu.

dr. B mengatakan...

interesting! let's see what she got hehe

Movietard mengatakan...

Om...kok Breslin dibilang gak lucu lagi??? she's still cute in my eye loh :D
Chloe emang cute kok, pertama kali liat di (500)DoS dan langsung, whoa, who's that girl who acted sok mature tapi surprisingly, gak annoying
Tentang masalah film dan kultivasinya ke khalayak,cuma mau beropini, semuanya balik lagi ke individu sbg khalayak kok, even filmnya gak mengandung content kekerasan tapi kalo diterima sama masyarakat dengan tingkat medlit yang rendah yang hasilnya tetap akan negatif
That's why, blog film seperti punya om ini berguna buat jadi sarana edukasi juga

adit humar mengatakan...

Entah kenapa banyak aktris berbakat yg awalnya main di peran2 kontroversial ya, Dakota Fanning, Jodie Foster, Drew Barrymore juga kyknya pernah main peran lolita.
Yang jelas Hit-Girl bakal jadi peran yg memorable :)

gilasinema mengatakan...

@movietard : gak yakin dia bakal tetep terlihat cute, apalagi mengingat peran dia kemaren di Zombieland.
Memang sih semua balik kembali pada individu, tapi kadng seorang kreator perlu diingatkan soal dampak karya mereka ke orang banyak. Tidak semua orang punya penyaringan yang bagus.

@adit : Natalie Portman juga kan lewat Leon yang juga kontroversial.

ekajazzlover mengatakan...

dasarnya, kick ass sendiri emang komik sadis seh setahuku. jadi ya wajar kalau karakternya jadi keras juga. tinggal ortunya aja yang ngarhin karena film ini udah keluar, kalau film ini, meski tentang superhero gak cocok untuk konsumsi anak-anak

Gabby Hakim mengatakan...

cantik yaa dia, gedenya bisa sukses ga yaa?

Anonim mengatakan...

Jadi pengen liat perannya Chloe Moretz di Let The Right One In versi amriknya,... soalnya yg meranin vampire di Let The Right One tuh "dingin" banget,..

Anonim mengatakan...

kenapa sih kick-ass gak disiarin di indo? padahal gue gebet banget ngeliat chloe!

gilasinema mengatakan...

Kabarnya Kick-Ass bakal premiere minggu ini. Semoga saja benar

Lius Liu mengatakan...

I love hit girl

dini mengatakan...

udh nntn kick ass..
yahh emang aneh sih ngeliat anak kecil ahli dgn senjata2an ky gt.. cm kan ini emang film bkn buat anak2.. dan jgn smp ada anak2 yg nntn, walau cerita ttg superhero n bnyk adegan lucu tp mayan sadis jg sih bagian bunuh2an nya.. :p
apalagi anak2 jaman skrg bnyk bgt ya yg suka niru2 adegan film,, mungkin kurang pengawasan n edukasi lbh lanjut dr ortu stlh nntn film tertentu :(

Dina Nadinna mengatakan...

filmnya keren banget. gak boong. sampe ketagihan. aktingnya keren banget walaupun masih belia. nice posting :D jadi bisa lebih tau chloe :D

Nitha Yusuf mengatakan...

Akting Chloe memang bagus, para kritikus hanya mengkritik adegan kasar yang ditayangkan di film ini, bukan aktingnya.
Jadi pengen punya anak kaya Hit Girl.. haha.. *upss...

GILASINEMA mengatakan...

@nitha ; waaaaa.....bahaya tuh punya anak kayak hit girl :P

Eyeshield21-anime mengatakan...

yeah..!! nice Girl...
mengesankan sekali perannya ya gan??! menurut saya kata2 yang di keluarkannya sesuai dengan genre film ini sendiri ya..??!
tapi walau bagaimanapun Chloe Moretz, tetap menawan dan berhasil memeranakan HG dengan sangat baik.. aplouse to Chloe Moretz ^ ^

Vania : ) mengatakan...

Chloƫ Moretz, she's awesome : ) maybe some people don't like her because they say it's not a good movie to watch, they say that she's cruel .. impolite .. etc, but maybe they should 'really' watch the ending story when she loses her daddy and she cries (but she's a tough little girl) or when John Genovese hits her down, she's bleeding .. she's over a barrel .. she needs Dave : ) she's just a little girl anyway :D maybe Kick Ass movie isn't that marvelous like 300 or Transformer or whatever, but HIT GIRL?! she's COOL !! LOL

Anonim mengatakan...

menurut gw sih, aktingnya Chloe di KICK ASS as HIT GIRL keren bgt bgt bgt!!!! gw sampe beli dvdnya segala biar bs liat dia lagi dia lagi dia lagi.. akting dia mengingatkan gw sama akting naturalnya macaulay culkin di home alone dsb. pokoknya HIT GIRL KEREN, nge fans bgt :)

Fyi, walo chloe keren kita jg tt jgn lupain aktingnya Abigail breslin (ZOMBIE LAND) ma isabelle fuhrman (ESTHER), ga sabar liat mereka bertiga diumur 17 tahun di film CHARLIE'S ANGELS :D

Anonim mengatakan...

i love hit girl!!!!!!!!!!!!

Anonim mengatakan...

Memang di mana - mana bintang baru yang masih remaja selalu ditunggu - tunggu. Kayak britney spears dulu usia 16 tahun kan populer banget tuh.

Tapi yang membuat gw kagum adalah chloe moretz mungkin satu - satunya artis cilik hollywood yang sukses tanpa label disney. Miley Cyrus, britney, abigail, annasophiarobb , hingga jamie lyn spears semuanya produk disney.

Anonim mengatakan...

Chloe my Inspiration, my Power . . .

:p

ames mengatakan...

woww untuk acting-nya di Let The Right One In(Let me In), actingnya keren banget....

Anonim mengatakan...

Oh My God....
acting-nya di film Kick Ass keren banget....
Gw aja jadi jatuh cinta ama dy... walaupun beda 2 taon....

Anonim mengatakan...

sumpah, cinta mati banget sama Chloe Moretz!!! ngarep bisa ketemu dia T^T benget banget banget ngarep

Anonim mengatakan...

waaw.. you go lil' girl. enjoy ur main role !!

Anonim mengatakan...

so amazing...idola baru nih after jodie foster...she's gonna be the next big thing in hollywood

hit man mengatakan...

i love hit girl i your big fans !!!!!!!!!

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket