Selasa, 13 Oktober 2009

A MILLION ( 10 EOK )

Selasa, 13 Oktober 2009

8 Orang dari berbagai macam profesi mulai dari pekerja kantoran, jurnalis hingga wanita penghibur, terpilih untuk mengikuti semacam reality show dengan hadiah sangat menggiurkan, yakni satu juta dolar Amerika. Selama 7 hari di sebuah derah terpencil di Australia, mereka harus saling berkompetisi satu sama lain hingga pada akhirnya tersisa satu pemenang yang bertahan.
Dengan latar belakang yang berbeda serta jenis kelamin yang berbeda (4 cowok, 4 cewek), tentu saja di awal-awal terjadi gesekan antar mereka. Sesampai di lokasi, mereka terlihat bersemangat mengikuti kompetisi tersebut, tanpa mengetahui motif dari penyelenggara. Hingga pada hari kedua mereka mendapati salah satu kontestan yang dinyatakan gugur di hari pertama telah menjadi mayat. Ketika mereka meminta penjelasan apa yang sebenarnya terjadi, mereka dikejutkan oleh pembunuhan terhadap salah satu peserta di depan mata mereka oleh si penyelenggara (Park Hee-soon).


Keenam peserta tersisa berusaha keluar dari lokasi tersebut sambail berusaha memahami apa yang sebenarnya terjadi. Ternyata usaha mereka tidaklah mudah dan hanya menemui jalan buntu, karena segala gerak-gerik mereka terus diawasi oleh si penyelenggara. Mereka baru menyadari kalau mereka terjebak dalam sebuah permainan maut kreasi orang yang gila oleh kamarahan akibat peritiwa di masa lalu yang melibatkan ke delapan kontestan tadi. Apakah peristiwa tersebut hingga diawal film digambarkan sipenyelenggara sempat akan melakukan bunuh diri? Dan apakah benar-benar ada yang mampu membawa pulang hadiah besar yang dijanjikan?


A Million yang disutradarai oleh Min-Ho Jo ini sedikit mengingatkan pada The Condemned nya Sean Austin. Bedanya A Million tidak begitu menonjolkan sisi actionnya, dan lebih menitikberatkan pada sisi drama. Film ini mencoba mengangkat isu soal kebenaran dan keadilan yang dibalut dengan aksi balas dendam. Apakah keadilan bisa dibenarkan ketika dicapai dengan merampas nyawa orang lain. Apakah kedelapan orang tadi berhak mendapatkan hukuman atas sikap mereka di masa lalu?
Namun ide utamanya adalah, bagaimana dan sejauh mana usaha seorang manusia ketika dihadapkan pada materi (uang) dalam jumlah yang besar dan untuk memperolehnya harus dihadapkan pada pertentangan moral karena menyangkut nyawa manusia lain? Dan berapa sih harga dari nyawa manusia?A Million? Film ini memberikan ending yang cukup berbeda.


Dalam pemahaman Gilasinema persoalan $1 juta tadi agak tidak nyambung kalau dikaitkan dengan motif balas dendam akan peristiwa di masa lampau. Dan rasanya kok ya ke delapan orang itu keterlaluan sekali, tidak melakukan apa-apa ketika terjadi kesewenang-wenangan di depan mata mereka. Adegan percintaan antara dua peserta juga terlalu dipaksakan. Gesekan antar peserta kurang tergarap dengan apik, dan terus terang agak sebal melihat beberapa tokohnya yang kurang simpatik.


Secara keseluruhan, A Million lumayanlah sebagai tontonan. Adegan demi adegan yang menjemukan di bagian tengah, sedikit terbayar dengan adegan di paruh akhir yang lumayan kuat. Dan film ini sangat terbantu dengan lanskap alam Australia yang indah, walau mungkin menyiksa bagi para pemerannya. O iya, film ini juga meningatkan Gilasinema pada salah satu karya Agatha Christie yang kalau tidak salah berjudul 10 Anak Negro. 3/5

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Hm, kaya Battle Royal.........

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket