Rabu, 14 Oktober 2009

I LOVE YOU, BRO

Rabu, 14 Oktober 2009

Pada waktu “berselancar” mencari informasi seputar The Hangover, Gilasinema menemukan satu istilah yang menurut Gilasinema masih baru, yaitu “Bromance”. Terus terang Gilasinema baru tahu kalo ada kata yang merupakan gabungan dari brother dan romance ini. Ternyata istilah ini sudah ada sejak 1990an dan biasanya ditujukan pada para skater yang banyak menghabiskan waktu bersama. Gilasinema berarti telat banget tahu istilah ini hehehe…


Bromance bisa dipahami sebagai hubungan yang akrab dua orang cowok dan (harusnya) tidak mengarah pada hubungan yang berbau seksual (homoseksual). Kalau diperhatikan, akhir-akhir ini lumayan banyak ya film yang menggambarkan relasi yang super akrab anatara dua cowok atau lebih, terutama film-filmnya yang terkena sentuhan Judd Apatow.
Wedding Crasher, Starsky and Hutch, Superbad, Step Brother, I Pronounce You Chuck and Larry, Pineapple Express, Role Model dan I Love You, Man bisa dijadikan contoh. Dua judul terakhir kebetulan dibintangi oleh Paul Rudd. Film-film yang mengangkat kisah pertemanan dua cowok atau lebih sudah ada sejak dulu, namun kayaknya istilahnya bukan bromance tapi buddy movie, semacam Dumb and Dumber atau Sideways.


Yang membedakan bromance dengan buddy movies adalah dalam bromance para cowoknya lebih ekpresif terhadap teman cowoknya, terutama dalam mengungkapkan rasa sayangnya kepada temannya itu. Biasanya, sebelum sampai pada tahap ini didahului dengan konflik antar cowok yang berteman. Lihat saja bagaimana Michael Cera dan Jonah Hill berbaring berdampingan di akhir film, atau sok mesranya Paul Rudd dan Jason Segel di I Love You, Man, serta betapa gila dan kompaknya Seth Rogen dan James Franco di Pineapple Express.


Kalau di serial TV, Gilasinema teringat salah satu episode How I Met Your Mother, yakni bagaimana sengitnya dua sahabat Ted Mosby meramalkan siapa yang bakal Ted pilih diantara mereka kalau misalnya Ted seorang gay! Bandingkan dengan gaya pertemanan cowok di film decade sebelumnya macam Mel Gibson dan Danny Glover di Lethal Weapon atau Will Smith dengan Martin Lawrence di Bad Boys. Film yang menggambarkan pertemanan cowok jaman dulu biasanya diletakkan pada situasi bahaya hingga kebanyakan hadir di genre action, beda dengan bromance yang banyak hadir di film dengan balutan komedi, yang ditingkahi beberapa adegan gila.
Kalau mau yang lebih serius dan menjurus kearah yang berbau seksual, Brokeback Mountain dan Y Tu Mamma Tambien bisa dijadikan contoh. Berbeda dengan Brokeback, yang jelas-jelas ada karakter homonya, dalam Y Tu Mama Tambien, kedua karakter utamanya di awal-awal digambarkan straight as an arrow. Yang terbaru, dua tokoh utama di film Humpday diceritakan nekat bercinta, meski katanya ada kejutan di akhir cerita. Pertemanan asyiknya memang jangan melibatkan nafsu hehehehe….


Dalam trilogy hebat Lord of the Rings, hubungan Frodo dan Sam sangat intim, dengan tingkat pengabdian Sam yang mengalahkan pengabdian seorang istri. Dulu, dalam film Pearl Harbour, pertemanan Josh Harnett dan Ben Affleck terasa jauh lebih meyakinkan ketimbang saat keduanya menjalin asmara dengan Kate Beckinsale. Coba deh tonton lagi kalau tidak percaya.
Satu hal yang menonjol dalam bromance movie adalah kurang pentingnya sosok cewek. Kasus terbaru dapat dilihat pada komedi laris The Hangover. Kehadiran Heather Graham hanya sebagai pemanis yang bisa ditinggalkan di akhir cerita dan cewek digambarkan sebagai sosok menyebalkan dan banyak menuntut yang direpesentasikan dengan bawelnya cewek dari Ed Helms.


Bromance ternyata tidak hanya terjadi di layar, karena banyak pertemanan selebritas Holly yang dilabeli dengan istilah ini. Dulu, media paling santer menyoroti hubungan Ben Affleck dan Matt Damon (yang dalam penelusuran mutakhir, keduanya ternyata mempunyai garis darah yang sama). Media juga heboh tatkala Lance Armstrong dan Matthew McConaughey bersepeda bareng (media kadang memang sangat kurang berita).Leonardo DiCaprio, Kevin Connoly dan Tobey Maguire sering juga disorot gara-gara kedapatan hang out bareng. Brad Pitt + George Clooney, Tom Cruise + Will Smith + David Beckham juga dimasukkan sebagai bromance.


Bagaimana dengan Indonesia? Suka Ma Suka (SMS) yang menjiplak film India berjudul Dostana bisa disebut sebagai salah satu film bergenre bromance. Sutradara Rudi Sudjarwo termasuk sutradara yang menurut Gilasinema mengangkat pertemanan sejenis yang “mesra”. Pertemanan Tora Sudiro dan Vincent atau Agus Ringgo dan Desta bisalah dimasukkan dalam Bromance. Liat saja aksi mereka di TV yang kadang berpelukan atau seakan – akan melakukan ciuman. Eh, kalau Benigno dan Krisna Mukti bisa dikategorikan bromance gak ya? (dampak tayangan infotainment hihihi…)


Film – film bromance kayaknya masih akan banyak dibuat. Apalagi kalau nama-nama seperti Judd Apatow, Seth Rogen, Adam Sandler (yang lama tidak maen rom com) atau Paul Rudd masih aktif berkreasi. Harusnya sih diimbangi dengan film-film beraliran sismance (mencoba mengenalkan istilah baru yang aneh hehehe…), semacam Thelma and Louise, Bound atau Baise Moi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket