Sabtu, 19 Juni 2010

THE REAL MALE MOVIE STAR ON THE LAST DECADE

Sabtu, 19 Juni 2010

Kalau sebelumnya saya memilih 10 bintang cewek sebagai THE REAL FEMALE MOVIE STAR ON THE LAST DECADE , kali ini giliran para cowok yang menurut saya pantas masuk THE REAL MALE MOVIE STAR ON THE LAST DECADE. Ukurannya masih sama, pencapaian dolar dan kualitas acting, dalam hal ini Oscar lagi-lagi saya jadikan patokan. Namun, kali ini saya sedikit curang dengan memasukkan satu nama yang belum pernah tersentuh Nominasi Oscar sepanjang tahun 2000 – 2009. Nama tersebut terpaksa saya masukkan, mengingat film-filmnya laris luar biasa. Dan lagi, dalam pengamatan saya, aktingnya tidaklah jelek-jelek amat. Phillip Seymour Hoffman dan Sean Penn terpaksa saya singkirkan dari daftar mengingat film-film keduanya banyak yang kurang sukses dipasaran. Keduanya lebih kuat disisi aktor saja. Lain halnya dengan Adam Sandler dan Ben Stiller yang lebih kuat dari sisi dagang dan belum benar-benar diakui dari segi akting, meski di beberapa film, mereka menampilkan sesuatu yang berbeda.


Ada satu nama yang menurut saya pantas mendapatkan penghargaan khusus yakni sebagai bintang muda paling sukses selama tahun 2000 – 2009. Bintang muda tersebut adalah Daniel Radcliffe. Sejak bermain dalam Harry Potter, wajahnya tak henti-hentinya menghiasi berbagai media, padahal sebelumnya tak ada yang mengenal namanya. Daniel Radcliffe sangat diuntungkan dengan franchise Harry Potter yang mempunyai banyak penggemar fanatik. Sepanjang 10 tahun terakhir ini rasanya kita diajak untuk melihat pertumbuhan dari Daniel Radcliffe/Harry Potter. Daniel Radcliffe pastinya akan selalu diingat oleh mereka yang beruntung mencicipi seri Harry Potter sepanjang tahun 2000 – 2009, bahkan kalau Daniel Radcliffe karirnya tenggelam nantinya. 6 seri Harry Potter berhasil memberikan penghasilan kotor sebesar lebih dari 5,4 milyar US dolar. Sebuah pencapaian yang luar biasa.
Ok, langsung saja saya gelar 10 bintang cowok paling berkilau versi saya sepanjang tahun 2000 – 2009.



10.RUSSEL CROWE
$ RATE : 5
Gladiator menjadi gerbang kesuksesannya hingga namanya lebih dikenal banyak orang. Sayangnya dia melakukan blunder ketika diberitakan menjalin hubungan dengan Meg Ryan yang saat itu masih berstatus sebagai istri Dennis Quaid yang mengancam kelangsungan karirnya. Untungnya dia kembali menggebrak dengan A Beautiful Mind yang selain sukses di ajang Oscar juga sukses di pasaran. Film-film yang dia bintangi sepanjang tahun 2000 s/d 2009 berhasil mengumpulkan pendapatan lebih dari 1,7 milyar US dolar. Banyak filmnya yang cenderung mengecewakan di tangga box office Holly mengingat film-film yang dia bintang bermodalkan dana yang cukup besar. Namun, namanya masih cukup menjual untuk pasar global.
ACTING RATE : 7
Tiga tahun berturut-turut mendapatkan nominasi Oscar (2000 – 2002) dan berhasil membawa satu piala bukanlah prestasi sepele. Sayang sekali, paska A Beautiful Mind yang merupakan penampilan terbaiknya setelah The Insider, Russel Crowe belum lagi membuat gebrakan.
STAR RATE : 6


9.MATT DAMON
$ RATE : 6
Sebelum seri pertama dari Bourne dirilis dan diluar keikutsertaannya dalam kisah Danny Ocean, rasanya Matt Damon lebih banyak menuai kegagalan dari film-film yang dia rilis dari segi bisnis hingga namanya belumlah terlalu dikenal luas. Sudah dikenal, namun kalah tenar dibanding temannya, Ben Affleck. Namun setelah kesuksesan The Bourne Identity, binar kebintangannya mampu meredupkan pamor Ben Affleck yang disibukkan dengan kisah asmara. Di luar trilogy Ocean, film-film Matt Damon mampu menghasilkan pemasukan total lebih dari 2 milyar US dolar. Nah, kalau ditambahkan dari pendapatan trilogy Ocean, jumlah tersebut membengkak menjadi lebih dari 3 milyar US dolar.
ACTING RATE : 6,5
Sejak dikenal lewat Good Will Hunting dan dilanjutkan dengan penampilan yang memikat di The Talented Mr. Ripley, Matt Damon sudah menunjukkan kepiawaiannya memainkan berbagai peran. Dengan wajah yang terbilang biasa-biasa saja justru menjadi kekuatan baginya dengan membuka banyak sekali peran yang berbeda-beda. Bisa jadi protagonist maupun antagonis dengan sama meyakinkan. Keberhasilannya memerankan Bourne patut diacungi jempol. Dalam The Informant! Matt Damon menyuguhkan peningkatan kualitas acting yang menggembirakan.
STAR RATE : 6,25


8.DENZEL WASHINGTON
$ RATE : 6
Film-film Denzel Washington meski tidak mendatangkan hasil luar biasa, ternyata untuk hasil kotornya dari peredaran seluruh dunia selalu melebihi biaya produksinya lho. Bahkan untuk film yang dia sutradarai, Antwone Fisher. Film ini dengan budget $3juta, mampu mendatangkan hasil lebih dari $20 juta. Sedangkan The Great Debaters mampu mendatangkan hasil 2 kali lipat biya produksinya yang sekitar $15 juta. Film-film Denzel Washington, keseluruhan menghasilkan lebih dari 1,3 milyar US dolar.
ACTING RATE : 7
Satu Piala Oscar lewat Training Day menjadi bukti kepiawaian Denzel Washington dalam berakting, meski penampilannya dalam Training Day bukanlah pencapaian terbaik darinya. Pasca Training Day, Denzel sayangnya jarang sekali muncul dalam film yang dilirik movie award. Tapi kayaknya penampilan dia jarang mendapat penilaian negative ya.
STAR RATE : 6,5


7.TOM CRUISE
$ RATE : 8
Hmmm…rasanya tidak adil kalau tidak memasukkan nama yang satu ini. Memang selama decade terakhir dia tidak pernah masuk dalam nominasi Oscar. Namun lihatlah pencapaian dolar dari film-filmnya yang melimpah, terutama pra pernikahannya dengan Katie Holmes. Bahkan tanpa tambahan dari pemasukan film Tropic Thunder yang melibatkan dirinya sebagai cameo, 9 film lain yang dia bintangi mampu mengumpulkan pendapatan lebih dari 3 milyar US dolar! Bukti kalau kebintangannya belum benar-benar habis. Hanya sedikit meredup.
ACTING RATE : 5
Sebagai Ethan Hunt dia tetap mempesona, tampil meyakinkan sebagai kriminal yang membuat pusing Jamie Foxx dan meski porsinya sedikit, perannya dalam Tropic Thunder sangatlah memorable hingga rencananya bakal dibuatkan kisah tersendiri. Bukti kalau Tom Cruise mempunyai kapasitas akting yang tidak buruk.
STAR RATE : 6,5


6.GEORGE CLOONEY
$ RATE : 6
Dibandingkan nama-nama lain dalam daftar ini, George Clooney bisa dibilang paling produktif dengan merilis sekitar 20 film sepanjang tahun 2000 – 2009. Diluar 3 seri Danny Ocean, film – film yang dia bintangi sebenarnya tidaklah sukses-sukses amat, bahkan ada yang gagal total seperti The Good German, Welcome to Collinwood dan Leatherheads. Kegagalan beberapa film yang George Clooney bintangi bukan disebabkan karena dia tidak kondang, justru dia sangatlah terkenal dengan seringnya tampil di media. Mungkin karena tema filmnya dianggap kurang begitu menarik. Dari sekitar 20 judul film yang dia bintangi, terkumpul hasil sekitar lebih dari 2,4 milyar US dolar.
ACTING RATE : 7,5
Beberapa kali masuk nominasi Oscar dan memenangkannya sekali, merupakan bukti kalau bujang lapuk ini aktingnya mendapatkan apresiasi positif. Tidak dari semua pihak memang, mengingat banyak yang bilang peran-peran yang Clooney pilih bukanlah peran-peran yang (dianggap) berbeda jauh dengan pribadi aslinya. Penampilan dari George Clooney yang saya suka ada di O Brother, Where Art Thou dan Michael Clayton. Sayang sekali saya belum melihat Syriana.
STAR RATE : 6,75


5.BRAD PITT
$ RATE : 7,5
Cakep, kondang, fisik sempurna dengan pasangan seksi dan bisa acting. Sungguh sebuah perpaduan sempurna untuk menjadi seorang bintang. Semuanya itu melekat pada Brad Pitt hingga memuat Jesse James iri dan membunuhnya hehehehe…. Wajahnya tak henti menghiasi media hiburan apalagi paska Mr and Mrs. Smith. Film-filmnya telah mengumpulkan hasil lebih dari 3 milyar US dolar. Sayangnya, The Assassination of Jesse James by the Coward Robert Ford yang menurut saya salah satu film terbaik dia, gagal total di pasaran.
ACTING RATE : 7
Pemilihan perannya cukup baragam. Mulai dari mata-mata, pembunuh bayaran, pelatih gym yang bego hingga tukang kupas kulit kepala para Nazi. Dimata saya sih dia cukup berhasil dengan peran-perannya tersebut. Semoga sebelum dia jadi Presiden USA, dia mendapat Oscar.
STAR RATE : 7,25


4.TOM HANKS
$ RATE : 7,5
Tidak banyak actor berumur yang masih bisa mejual filmnya. Tom Hanks patut diacungi jempol dengan kejeliannya memilih film. Kejeliannya dibuktikan dengan kenekadannya memerankan Prof Langdon, meski dikritik banyak pihak. Dengan modal fisik yang tidak bisa dibilang mempesona, total pendapatan film yang menghadirkan dirinya mencapai lebih dari 3,3 milyar US dolar. Jumlah tersebut belum ditambahkan dengan pendapatan dari film The Simpsons Movie yang mencapai lebih dari $500 juta lho. Pundi-pundi Tom Hanks makin membengkak dengan makin agresifnya dia memproduseri film-filmnya.
ACTING RATE : 7,5
Dari segi acting, penampilan Tom Hanks sepanjang tahun 2000 – 2009 memang tidak segemilang penampilnnya di era 1990 – 1999, era dimana dia meraih 2 Oscar, namun tetap saja diatas rata-rata. Contohnya dalam Cast Away dimana dia menampilkan perubahan fisik yang dramatis dengan beban peran yang amat besar. Panampilannya sebagai anggota mafia dalam Road to Perdition juga cukup meyakinkan. Pokoknya Tom Hanks selalu total dengan peran-perannya.
STAR RATE : 7,5


3.WILL SMITH
$ RATE : 9
Tak bisa dipungkiri, Will Smith adalah actor berkulit gelap paling moncer sepanjang 10 tahun terakhir. Jarang sekali film-filmnya gagal di pasaran, bahkan untuk film cinta macam Hitch yang berhasil meraup lebih dari $300 juta untuk peredaran seluruh dunia. Paling hanya The Legend of Bagger Vance dan Ali saja yang hasilnya kurang begitu menggembirakan. Men in Black 2, I, Robot, Shark Tale, Hitch, The Pursuit oh Happyness, I am Legend dan Hancock adalah film-film Will Smith yang berjaya dengan perolehan di atas dari $300 juta. Total pendapatan dari film-film yang melibatkan Will Smith mencapai lebih dari 3 milyar US dolar! Yang membuat Will Smith pantas dikagumi adalah meski dia merupakan A-list Actor, dia bisa menjauhkan keluarganya dari gossip miring. Will Smith akhir-akhir ini juga rajin berperan sebagai produser.
ACTING RATE : 6
Sebenarnya, Will Smith itu punya kemampuan acting yang bagus, hanya saja potensinya tersebut tertutup oleh kesibukannya bermain dalam film-film “heboh”. Bukti potensi acting Will Smith bisa disaksikan lewat Ali dan The Pursuit of Happyness yang membuahkan nominasi Oscar. Harapannya sih kedepannya dia bermain di film-film yang lebih mengoptimalkan kemampuan aktingnya.
STAR RATE : 7,5


2.LEONARDO DICAPRIO
$ RATE : 7
Nama yang satu ini termasuk bintang muda yang sangat memilih peran. Sangat beresiko sebenarnya. Saking pemilihnya, sepanjang tahun 2000 s/d 2009, dia merilis tidak sampai 10 judul, termasuk The 11th Hour. Untungnya Leonardo DiCaprio sudah mengumpulkan banyak penggemar pasca kesuksesan luar biasa dari Titanic, hingga film-filmnya cukup menguntungkan dari hitungan bisnis. Yang paling laris tentu saja Catch Me if You Can. Secara keseluruhan, film-filmnya “hanya” mengumpulkan sekitar 1,5 milyar US dolar. Kebintangannya bisa dilihat dengan intensitas berita seputar cewek-cewek yang dekat dengan dirinya.
ACTING RATE : 8,5
Pemilihan film yang ketat tentu saja berimbas pada tantangan acting yang besar. Hebatnya, Leonardo DiCaprio selalu tampil prima dalam setiap filmnya. Paling suka dengan penampilannya di Blood Diamond. Sayangnya saya belum pernah liat aksinya di The Aviator yang dipuji banyak pihak. Suatu saat dia harus dapat Oscar!
STAR RATE : 7,75


1.JHONNY DEPP
$ RATE : 8
Jhonny Depp pantas berterima kasih pada Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl, karena gara-gara perannya sebagai Jack Sparrow dalam film tersebut, kebintangannya makin moncer. Sebelum Pirates of the Caribbean rilis, film-film Jhonny Depp sangat sulit diterima pasar, meski tidak rugi-rugi amat. Paling hanya Chocolat yang berhasil menembus $150 juta. Trilogy Pirates of the Caribbean berhasil meraup pendapatan lebih dari 2,6 milyar US dolar. Total pendapatan dari film-film yang dibintangi Jhonny Depp mencapai lebih dari 4 milyar US dolar.
ACTING RATE : 8
Sangat jarang Jhonny Depp tampil jelek, meski kadang sedikit bosan dengan peran-peran eksentrik yang dia pilih. Saya paling suka dengan actingnya yang bersahaja di Finding Neverland dan masih menunggu dia mengambil peran-peran manusia biasa yang kadang tak kalah menantang.
STAR RATE : 8


Lalu siapakah actor yang bakal bersinar selama 10 tahun kedepan. Hmmm….terus terang sangat sulit memprediksinya mengingat persaingannya sangat ketat. Setiap saat terus saja bermunculan bintang-bintang muda yang diprediksi bakal bersinar. Hal ini makin sulit ketika rotasi untuk para bintang cowok itu tidak secepat pada bintang cewek. Kebintangan pemain film cowok itu ketika makin berumur bukannya meredup justru makin berkilau. Lihat saja kiprah Jhonny Depp dan Tom Hanks. Belum lagi akhir-akhir ini nama-nama seperti Robert Downey, Jr, Christian Bale dan Hugh Jackman makin mengukuhkan taringnya. Tapi kalau boleh menebak, nama-nama bintang muda seperti Jake Gyllenhall, James Franco, Joseph Gordon – Levitt dan Chris Pine rasanya bakal makin bersinar, selain Matt Damon yang tampaknya masih akan tetap bertahan. Di lubuk hati yang paling dalam, saya juga berharap Keanu Reeves dan Jack Black bisa melakukan sebuah come back yang mengejutkan.

14 komentar:

Movietard mengatakan...

no Edward Norton om? hiks

Gabby Hakim mengatakan...

lucu2 banget ini gambar karikaturnya.. nice post!!!!!

Razeed mengatakan...

Yeah
i love Depp, semoga dia bisa meranin peran yang lebih variatif

Downey jr sepertinya pantes juga di list
Kalo J. Gordon-Levitt masih keitung muda gak tuh ya, denger2 mau jadi the riddler

Satrio Nindyo Istiko mengatakan...

Matt Damon emang lagi top2 nya makin ke sini ya...hehe

adithiarangga mengatakan...

i love JB huhahahaha!!

Moan And New Line Cinema mengatakan...

Yeah... sepertinya JAMES MC AVOY dan ROBERT DOWNEY

Om Gila ngak buat list aktor lokal..??

Si Tukang Review mengatakan...

Downey Jr gw senang... tapi belum pantas secara satu dekade dia cuma punya tiga film laris dari tahun 2008 pula. =)

Setuju dengan list ini. Gw senang Leo masuk posisi tinggi banget. Ini aktor yang satu dekade ini ga pernah bikin flop. Gangs of New York, The Aviator, Catch Me If You Can, Blood Diamond, The Departed, Shutter Island dan bentar lagi Inception. Hampir semua filmnya uda saya tonton, dan gw anggap dia adalah aktor yang sangat berhasil.

Kenapa? Di era 98 habis Titanic orang menganggap dia gak lebih dari Robert Pattinson-nya jaman itu. Cewe menggandrungi dia tapi dia dianggap cuma bintang remaja yang bakalan ilang seiring berjalannya waktu.

And he proved them all wrong setelah ilang selama beberapa tahun. Nice Leo.

And I loveeee Will Smith!

Razeed mengatakan...

Ya bener juga, Downey emang dapet film gede cuma akhir2 ini doang

haha
kalo gitu patut ditunggu:
"apakah Pattinson bakal bisa nunjukkin kalo dia juga berbakat??"

iin mengatakan...

Ooom.. makasih yaaa masukkin Johnny Depp dalam list ahahahahahahahahahahahhaahhaahha *peluk-peluk*
Dia emang harus dapet Oscar someday, soale sering masuk nominasi dan karakter2 dia tuh memorable semua.. (kayak kate Winslet di ajang Oscar, sering nominasi but hopefully dia menang ya someday)

aku ga suka ama Russel crowe, duh ga komersil deh mukanya males.. hehe. Matt Damon boleh juga, tapi cap jason Bourne susah banget ilang deh hehe imho.

nice list Om.!

Haris mengatakan...

@tante iin
Bukannya Winslet udah menang Oscar utk The Reader, jadi label 'langganan nominasi Oscar' udah bisa dicabut, hehehe.

Sayang Mel Gibson gak masuk ya? Yah, maklum juga sih, secara Oom Gibson lebihb sering jadi sutradara dan produser ya di dekade yg lalu

iin mengatakan...

@ Haris : eh iya komen gue ga lengkap ya, maksud gue, semoga dia jadi kayak kate Winslet, gitu.. someday menang Oscar. Dan dan dan.. dia pasti lebih meraup keuntungan deh kalo berperan jd manusia normal (ga juga ya??).. i love Johnny Depp's in Public Enemies. hahaha. (maap ya Om Gila, ini udah OOT ngomongin si Depp:D tanya kenapa. hahahahaha)

gilasinema mengatakan...

@movietard & Gabby : udah kejawab ya di Twitter kalo Ed Norton daya jualnya kecil banget dan alasan pemilihan gambar karikatur karena faktor sirik :P

@razeed : adakah yang bisa membayangkan Robert Pattinson berada di posisi yang sekarang dinikmati oleh Leo? hehehehe....aku gak berani berspekulasi :P

@moan : kalo lokal, gak asyik bikin listnya, muda ketebak dan itu-itu saja

@haris : mungki akan saya pertimbangkan untuk list sutradara. Itupun kalo saya mau membuatnya :)

gilasinema mengatakan...

@iin : tidak bisa membayangkan kalo kumasukkan nama Gerard Butler ;)

Terima kasih buat semuanya *kiss kiss*

Razeed mengatakan...

Siapa tahu selama ini pattinson cuma nahan kualitas aktingnya & bakal dia tampilin sepenuhnya kalo dikasih peran di film yang sesuai?
hahaha

Poskan Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket