Selasa, 08 Juni 2010

FILM TERBAIK ?

Selasa, 08 Juni 2010

Pertanyaan ini lazim muncul ketika melihat sebuah daftar film terbaik yang banyak dirilis para kritikus film atau juga muncul pada nominasi film terbaik sebuah movie award. Kenapa film terbaik versi Cannes seringkali tidak dilirik Oscar, begitupun sebaliknya, kenapa film yang menang di Oscar, sebelumnya tidak berbicara banyak di Cannes? Kenapa sebuah film dipuji habis-habisan oleh sebagian orang, namun oleh pihak lain mendapatkan penilaian yang sebaliknya? Dari pertanyaan tersebut memunculkan kesimpulan, film bagus itu amatlah relative, sehingga masing-masing pihak berhak membuat versinya masing-masing. Tidak suka dengan pilihan mereka? Buat saja versi kamu sendiri.
Bagi Gilasinema, ada beberapa hal dalam menentukan bagus tidaknya sebuah film. Sekali lagi, bagi Gilasinema. Yang paling penting bagi saya adalah cerita, cerita dan cerita! Film yang bagus harus bermodalkan cerita yang kuat, mendasarkan pada hukum sebab akibat yang meyakinkan, memberikan wawasan baru serta menghadirkan inspirasi yang mencerahkan. Orisinalitas dan aktualitas cerita? Akan menjadi sebuah bonus yang bagus. Cerita yang dihadirkan juga harus enjoyable. Maksudnya, tidak menghadirkan rasa bosan meski sudah berulang kali menonton film tersebut serta setiap kali kita menontonnya lagi, kita mendapati hal-hal baru yang belum didapat sebelumnya. Dan kalau bisa, cerita yang dihadirkan tidak terlalu membuat pusing penontonnya. Buat apa kita menyukai film yang sangat tidak kita pahami.


Beberapa unsur kualitas cerita diatas sangatlah relative. Masing-masing orang tidaklah sama dalam memberikan penilaian terhadap kekuatan cerita. Sebuah kisah terasa menghibur bagiku, tapi belum tentu buat yang lain. Sebuah film dinilai terlalu menggurui dengan penyampaian pesan layaknya khotbah, namun bagi sebagian penonton yang lain, film tersebut bisa jadi sangatlah inspiratif. Pengetahuan dan pengalaman dari si penonton sangat mempengaruhi penerimaan pada sebuah film. Contohnya Gilasinema sendiri. Dengan latar belakang pendidikan Sosiologi, maka sering melihat film dari sudut pandang ilmu social. Apalagi waktu kuliah dulu, setiap hari kita “dipaksa” untuk melihat segala sesuatu dari sudut pandang Sosiologi karena adanya mata kuliah Sosiologi Perkotaan, Sosiologi Perdesaan, Sosiologi Kesehatan, Sosiologi Keluarga hingga Sosiologi Pariwisata! Mungkin kalau Gilasinema seorang pelajar seni atau tehnik, akan sangat berbeda film yang dipilih sebagai yang terbaik. Selain latar belakang pendidikan dan pengetahuan, pengalaman juga sangat berpengaruh akan penerimaan terhadap sebuah film. Pemahaman film dari orang yang sudah berkeluarga bisa jadi akan sangat berbeda dengan pemahaman film dari seorang remaja yang sedang dimabuk asmara.


Yang juga mempengaruhi penilaian akan kualitas film adalah masalah selera. Ada yang tergila-gila dengan film horor, namun ada juga yang memandang film horor itu sebatas hiburan semata. Ada yang berselera dengan film sci-fi, dan ada yang lebih intens mengikuti film drama bersahaja. Bagi saya, film-film dengan tema pembalasan dendam dengan membabi buta sulit untuk masuk list, begitupun dengan kisah cinta yang super mellow yang bagi sebagian orang terasa romantis, namun bagi saya sangatlah menyiksa rasa. Itulah beberapa hal yang menjadi pedoman saya ketika membuat list film-film terbaik versi saya sepanjang tahun 2000 hingga 2009. Bagaimana dengan kamu?
Berikut ini daftar film yang saya anggap terbaik rilisan 2000 s/d 2009 dari urutan 21 s/d 100. Untuk 20 besar akan ditampilkan di posting-an selanjutnya. Daftar ini sangatlah dinamis dan bisa berubah setiap waktu. Selain karena ada beberapa judul yang katanya bagus namun belum sempat ditonton, juga bisa jadi setelah menyaksikan lagi film-film yang masuk daftar terjadi kenaikan ataupun penurunan kesan.



21.TALK TO HER
22.CROUCHING TIGER, HIDDEN DRAGON
23.FAR FROM HEAVEN
24.THE LORD OF THE RINGS TRILOGY
25.TEN CANOES
26.ENRON : THE SMARTEST GUYS IN THE ROOM
27.AMELIE
28.NO MAN’S LAND
29.BROKEBACK MOUNTAIN
30.FINDING NEMO
31.THE VISITOR
32.DEPARTURES
33.UP IN THE AIR
34.THE CLASS
35.HUNGER
36.MARY AND MAX
37.THE HURT LOCKER
38.ME AND YOU AND EVERYONE WE KNOW
39.ONCE
40.SAMSON AND DELILAH
41.WALTZ WITH BASHIR
42.VOLVER
43.RED ROAD
44.LITTLE MISS SUNSHINE
45.THE SEA INSIDE (MAR ADENTRO)
46.SIDEWAYS
47.FAHRENHEIT 9/11
48.CHICAGO
49.ADAPTATION
50.MEMENTO
51.LOST IN TRANSLATION
52.BOWLING FOR COLUMBINE
53.IN THE BED ROOM
54.ALMOST FAMOUS
55.NOWHERE IN AFRICA (NIRGWENDO IN AFRICA)
56.GODBYE LENIN!
57.NOBODY KNOWS (DARE MO SHIRANAI )
58.THE INCREDIBLES
59.BABEL
60.PAN’S LABYRINTH
61.MOON
62.ZODIAC
63.THE CHILD (L’ENFANT)
64.MOULIN ROUGE!
65.MULHOLLAND DRIVE
66.THE HOURS
67.ATONEMENT
68.CRASH
69.DOWNFALL
70.THE NEW WORLD
71.CAST AWAY
72.TRAFFIC
73.KILL BILL VOLUME 1
74.FROST/NIXON
75.THE DARK KNIGHT
76.GRAN TORINO
77.BATTLE ROYALE
78.KANDAHAR
79.DOUBT
80.REVOLUTIONARY ROAD
81.THE WRESTLER
82.SLUMDOG MILLIONAIRE
83.SUGAR
84.GOMORRAH
85.THE DEPARTED
86.Y TU MAMA TAMBIEN
87.UNITED 93
88.PERSEPOLIS
89.THE HOST
90.DISTRICT 9
91.WATCHMEN
92.AVATAR
93.BEFORE NIGHT FALLS
94.A BEAUTIFUL MIND
95.MICHAEL CLAYTON
96.BRIDGET JONES’S DIARY
97.MONSOON WEDDING
98.SIN CITY
99.SAW
100.SHREK

8 komentar:

delupher mengatakan...

jadi pingin bikin list film favorit juga mas..tapi dasar si andyputera malesnyaaaaaaaaaa kurang biadab...wekekeke

Kencana mengatakan...

Saya pernah baca di suatu blog, kalo gak ada film yang bagus dan jelek. Yang ada hanya film yg kita suka dan tidak kita suka.

Moan And New Line Cinema mengatakan...

Saya tertarik ama dasar teori mas bagaimana mengapresiasi film...
karena saya ibaratnya "lagi cari jati diri" terhadap kejujuran dan kecintaan saya terhadap film.
misalnya : banyak blog yang mengatakan PAN'S LABYRINTH adalah film yang bagus disponsori dengan kritikan tinggi metacritic.com.Dan sehabis nonton saya harus jujur pada diri saya kalau film ini tidak ada istimewahnya . entah karena terlalu paranoid ama kisah kisah Narnia yang tidak saya suka sehingga ini film kena imbasnya..

Nitha Yusuf mengatakan...

Hayyaaahhh.... A Beautiful Mind, ttng penderita skizo, di urutan 94, padahal buat aku masuk top ten, but its ok, setiap orang punya sense yg berbeda terhadap film. Haha...

Berusaha menjadi yang terbaik mengatakan...

film bagus ?

Berusaha menjadi yang terbaik mengatakan...

suka film apa mas??
visit : akhmad06.student.ipb.ac.id

gilasinema mengatakan...

@Kencana : menurutku sih ada film jelek, soalnya aku pernah menonton beberapa film yang sudah keterlalua jeleknya. Contohnya Dendam Pocong Mupeng ;)

@Moan ; mungkin butuh nonton 2 kali untuk film-film yang lumayan berat. Kalau bisa dengan raga yang sehat dan meminimalisir ekspektasi

@nitha: ayo ....bikin list juga, biar seru

@akhmad : apa saja :)

kreshnahary mengatakan...

waduh gw kebalik nih..
gw baca yg 20 besar dulu baru baca yg ini..
andai om gila mengomentari satu persatu film diatas, gw yakin 7 hr 7 mlm blum kelar hwahahaha...

2 kalimat yg bagus..

"film yang bagus harus bermodalkan cerita yang kuat, mendasarkan pada hukum sebab akibat yang meyakinkan, memberikan wawasan baru serta menghadirkan inspirasi yang mencerahkan"

"Pengetahuan dan pengalaman dari si penonton sangat mempengaruhi penerimaan pada sebuah film"

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket