Jumat, 25 Juni 2010

BERHENTI SEJENAK UNTUK PERUBAHAN

Jumat, 25 Juni 2010

Bagi saya, perubahan itu wajib hukumnya. Perubahan itu wujud kalau kita hidup, karena menandakan sebuah pergerakan, entah itu ke arah yang lebih baik atau sebaliknya. Perubahan terjadi sebagai bentuk adaptasi manusia agar tetap eksis. Siap tidak siap, perubahan harus kita lakukan dan kita hadapi. Berdasarkan hal tersebut, saya akan melakukan perubahan yang cukup besar terhadap blog GILASINEMA sebagai wujud penyesuai terhadap status baru yang akan saya sandang. Status baru membawa konsekuensi penyesuaian demi penyesuaian serta tanggung jawab baru hingga menulis di blog yang sebelumnya menjadi salah satu aktivitas saya yang cukup penting menjadi kegiatan dengan urutan prioritas yang tidak lagi tinggi.
Perubahan status yang akan menimpa diri saya, menjadi momen yang pas untuk melakukan perubahan pada blog GILASINEMA. Postingan ini adalah postingan terakhir saya sebagai GILASINEMA. Saya masih akan tetap nge-blog namun dengan intensitas yang lebih sedikit dan dengan nama blog yang berbeda. Perubahan nama ini akan terjadi sewaktu-waktu, tergantung kesempatan waktu yang saya miliki. Apabila blog GILASINEMA sudah tidak bisa lagi dibuka, berarti sudah terjadi perubahan nama. Kalau semuanya berjalan lancar, kemungkinan blog GILASINEMA akan berubah nama menjadi CURHATSINEMA.
Ketika niat ini saya sampaikan terhadap salah satu teman yang merupakan fans berat blog GILASINEMA (sok kondang hehehehe…), teman saya tersebut langsung mencak-mencak. Menurut dia, nama GILASINEMA itu sudah sangat catchy dan ikonik. Sebuah pernyataan yang membanggakan. Namun perubahan tetap harus terjadi meski sebenarnya sangat berat. GILASINEMA itu saya rasa sangat mencerminkan diri saya yang suka mengkonsumsi semua jenis film (kecuali bokep yang aneh-aneh), tak peduli kualitas filmnya dan dari Negara mana film tersebut diproduksi. Selain karena faktor status baru yang bakal mengikis sedikit intensitas saya dalam mengkonsumsi sinema, perubahan nama GILASINEMA menjadi CURHATSINEMA disebabkan juga karena ada rasa malu. Setelah mengenal beberapa penggila sinema dengan referensi yang dahsyat, penggunaan GILASINEMA terkesan pongah mengingat banyak sekali yang lebih gila dari saya. Bahkan sudah masuk taraf psycho sinema hehehehe….
Sebelum benar-benar berubah menjadi CURHATSINEMA, perubahan-perubahan kecil sudah saya lakukan. Dimulai dengan perubahan dari sisi fisik (template) yang membawa konsekuensi tampilan banner dengan wajah menjijikkan itu menjadi lebih kecil dan akhirnya hilang sama sekali. Dari segi isi, kalau diperhatikan, akhir-akhir ini saya tidak lagi menggunakan kata GILASINEMA sebagai kata ganti orang pertama. Perubahan juga saya lakukan dengan merubah nama akun saya di Facebook dan Twitter. Kalau sebelumnya saya menggunakan akun dengan nama GILASINEMA, satu bulan terakhir ini saya menggunakan nama SOEBY untuk akun Facebook, dan SOEBY79 untuk akun Twitter. Sekedar informasi, saya juga membuat “rumah bayangan” di Wordpress dengan nama CURHATSINEMA . Langkah ini saya ambil gara-gara ada penghapusan blog beberapa waktu lalu oleh Blogger. Di curhatsinema.wordpress.com saya hanya meng-import konten dari blog ini. Dan kalau ada komentar, tidak saya moderasi.
Lebih dari 2,5 menyandang nama GILASINEMA, banyak sekali hal yang saya dapatkan. Saya jadi kenal banyak teman yang menggilai sinema, hingga bisa sAling bertukar ide lewat tulisan. Saya berterima kasih sekali terhadap apresiasi positif teman-teman semua. Ketika memulai blog GILASINEMA, tidak pernah saya membayangkan akan berada pada posisi seperti sekarang ini. Tidak pernah ada dalam benak saya untuk menjadi salah satu blog film yang paling niche seperti yang ditulis oleh Mas EKA NUGRAHA di AYO NGEBLOG . Tidak pernah saya berambisi menjadi blog film terbaik seperti yang dianugerahkan oleh LABIRIN FILM . Saya bahkan malu kalau ada yang menyebut saya sebagai sesepuh blog film dan disebut-sebut sebagai salah satu pemicu semaraknya blog film seperti yang disinggung oleh salah satu kontributor di BICARA FILM , mengingat banyak sekali teman-teman yang memulainya jauh sebelum saya seperti TUKANG REVIEW , JALANG FILM yang sudah mulai nge-blog sejak tahun 2005 dan teman – teman di FLICK MAGAZINE yang sudah banyak berkiprah dunia maya untuk urusan sinema serta masih banyak lagi.
Meski dari jumlah pengunjung tidak sedahsyat JAGOAN MOVIES yang kondang itu, saya selalu takjub dengan angka yang menunjukkan pergerakkan jumlah pengunjung perharinya. Terus terang, meski dibaca banyak orang bukanlah tujuan utama, angka tersebut memicu saya untuk lebih meningkatkan kualitas dan kuantitas tulisan sampai kadang saya merasa telah diperbudak oleh blog hehehehe. Popularitas memang candu! Terima kasih sebesar-besarnya dan sebanyak-banyaknya buat teman – teman yang sudi meluangkan waktu untuk berkunjung dan membaca tulisan saya, walau dengan baca cepat sekalipun. Waktu, adalah pemberian terhebat. Terima kasih juga dengan teman-teman semua yang masih setia meluangkan waktu untuk memberikan kepada kita tulisan-tulisan yang bagus, informatif,inspiratif dan menyenangkan. Tidak menyangka banyak diantaranya yang baru lulus SMA!
Selain ucapan terima kasih, tak lupa saya meminta maaf, terutama terhadap pihak-pihak yang merasa tersinggung oleh beberapa tulisan saya. Tak ada kesengajaan sama sekali. TERIMA KASIH, TERIMA KASIH, TERIMA KASIH.

30 komentar:

Budi Cahyono mengatakan...

cuma mau bertanya mas, apakah setelah diekspor ke wordpress blog kita di blogger akan dihapus??? trims..

adithiarangga mengatakan...

apalah artinya sebuah nama, klo kata pepatah begitu (mulai ngaco nih), yang penting mas gila (lupa klo nga mau dipanggil gila lg) tetep nulis review dan segala curhatan sinema okay!

apalah artinya dunia per-blog-an ini tanpa kehadiranmu...sukses selalu mas!

Ringo mengatakan...

soundtrack : Leaving On A Jetplane.

terharu om hehe
semoga sukses dan ditunggu curhatan-curhatannya :)

Fariz Razi mengatakan...

apapun yg terjadi sukses terus ya om!! hehe terimakasih juga atas review2 dan kunjungan2nya selama ini..

Bang Mupi mengatakan...

Ganti status, maksudnya apa yah? married atau uda punya anak?

Kalo memang hobi kenapa harus berubah. Mungkin memang perlu adaptasi karena status baru tapi toh lama-lama gua yakin pasti bisa kembali normal. Tolong dipikirkan dulu jangan sampai menyesal di kemudian hari. Gila Sinema sudah berjerih payah sedemikian rupa dalam membuat sebuah blog yang diakui oleh banyak orang.

Salam sinema :D

Satrio Nindyo Istiko mengatakan...

Mas!!!!apa pun yg mas putuskan, saya dukung dah.hehe.smg sukses dg status barunya.hehehe.hidup film mas!toss!! :)

Movietard mengatakan...

*masih ngos2an abis lari*
Maaf jarang berkunjung om...internet skrg terbatas dan cuman dapet banyak diweekend makanya baru sadar ada perubahan tadi dr akun om di twitter, sama kyk yang lain,
yang penting tetep selalu share dan ngasi wawasan ttg movie ke kita2 ya...always have, always will
always like your good work!

Haris mengatakan...

Aku akan selalu mendukungmu. Mau gilasinema kek, curhatsinema kek, asal kau tetap eksis, terlepas dari intensitas yg akan semakin berkurang, tetap nge-blog ya??? *hugz*

Ohya, ditunggu undangan + transportasi + penginapannya *ngilang*

Gabby Hakim mengatakan...

Sedih nih om, kenapa ganti nama, padahal nama GilaSinema khan sudah sangatttt melekat sama om.. :'(

Tapi biar gimanapun aku doain yang terbaik buat om, karena om gila ini salah satu seniorku dalam ngeblog.. Aku banyak belajar lho secara tidak langsung dari om.. Menginspirasi..

Sukses terus deh buat om!!!

Moan And New Line Cinema mengatakan...

Terharu banget ama Kang Gila.., pokoknya Kang Gila bisa menjadi inspirator buat kami semua untuk terus berkreasi dan beropini..,

iin mengatakan...

Oomm.. apapun itu, pokoknya tetep semangat menulis yaaa.. aku tunggu selalu tulisan2 Om, cerita2 film dr Om, semuanya deh..
you're the man, Om!

eka nugraha mengatakan...

mas selamat menempuh hidup baru ya

terharu baca ini, saya harap sih gak diganti mas

meskipun terbilang baru baca blog ini tapi gara-gara nulis tentang blog film juga saya jadi mengenal dan berkunjung ke blog film lainnya, wawasan akan film juga bertambah.

semoga tetap gila sinema ya mas, gpp intensitas berkurang. "gila" bisa bermakna macam-macam mas :)

Si Tukang Review mengatakan...

I will always miss you mas Gila... Cepatlah kembali lagi ya... =) And congrats juga buat weddingnya...

Atau ganti jadi keluarga GilaSinema aja... =)

yusahrizal mengatakan...

Kalau masih bujangan, boleh saingan sama Tukang review berlomba banyak2an postingan :D
Tapi kalau udah nikah sih tergantung istri juga sih. Kalau istri doyan nonton, khan bisa menemani mas Soeby spy gak perlu bayar dobel buat nonton kayak kasus nonton Minggu Pagi di Victoria Park :P

Ok mas, semoga cepat kembali nulis. Kuantitas tak perlu sama, yang penting kualitasnya tak berubah. Toh salah satu referensi saya buat donlot film "alternatif" yah.... tulisan mas inilho.

kreshnahary mengatakan...

utk kesekian kalinya, gw ketinggalan momen kumpul2nya ahhh payah...

hehm (serius)..

Cara Om Gila dalam menulis blog membuat sy dan (mgkn) byk teman2 blogger film mengagumi Om Gila. Selain info tentang film yg diberikan, GilaSinema mempunyai gaya penulisan yg khas. Hal ini yg kemudian menginspirasi sy utk membuat blog (dan makin menyukai film).

Tanpa harus mengajari cara membuat blog film, Secara tidak langsung dgn adanya blog ini, menggerakkan para moviegoers membuat blog tentang film.

Sayangnya, blog ini baru sy kenal awal tahun ini. Dan harus diakhiri saat ini. Tp beruntungnya sy sempat mengenalnya hehehe

movfreak mengatakan...

Setuju sama kreshnahary,
baca blog ini bikn saya tertatik buat bikin blog film

dan baca postingan ini membuat saya makin sadar kalo sebagai penulis blog masih sangat jauh dari kata baik
:)

Anonim mengatakan...

masih mencak-mencak...
mencincing rok dan lengan baju.. tunjuk tangan,
Aku tak setuju !!!
jarang-jarang jd official fan of something.. ini malah ganti nama


*hmm .. pasti makin semangat ganti nama

Achmad Muchtar mengatakan...

Sejauh ini Gila Sinema telah memberiku spirit untuk terus menulis di blog. lagipula impianku dulu itu agar blogku bisa ada di daftar blog Gila Sinema. Dan Bulan April lalu sudah di link dan aku senang. Tapi kenapa Gila Sinema jadi seperti ini? Ganti nama dan pindah ke Wordpress?

gilasinema mengatakan...

@budi : aku menggunakan fasilitas import di wordpress, jadi gak menghilangkan sumber asli. Maaf baru ditanggapi ya :)

@adithiarangga : hahahahaha....berlebihan deh. Terima kasih ya. Mmmmuaaach....!

@ringo,satrio & fariz razi : Terima kasih :)

@Bang Mupi : menikah Bang. Perubahan nama ini sekali lagi untuk penyesuaia terhadap intensitas nonton yang bakal tidak segila waktu masih bujang hehehe...terima kasih apresiasinya

@Movietard : terimakasih pujiannya dan terima kasih kadonya :D

gilasinema mengatakan...

@Jalang : Terima kasih. Kok kemaren gak datang, padahal kan udah aku kirim undangan + transportasi + penginapannya *ngilang*

@Gabby, Mooan & Iin: terima kasih sekali buat semuanya. *peluk*

@eka : Sayang sekali, keputusan sudah bulat agak lonjong :)

@tukang review : hahahaha...terima kasih ya usul dan doanya ;)

@yusahrizal : pengennya sih bisa segera nulis lagi, tapi untuk sementara masih banyak yang harus diurus. Terima kasih

delupher mengatakan...

aku baru baca postingan ini..adug aduhhhh nangis bombay bacanya...om gila jeg paling TOP...aku gak bakal bisa ngelupain gilasinema yang ngemanging aku di kuisnya ,,thanks for there will be blood-nya....dan selamat menempuh hidup baru moga cepet punya momongan ya..kenalin dong ama istrinya jadi penasaran ????

Budi Cahyono mengatakan...

Ouwh menikah ya Bang? wah selamat ya.. semoga langgeng..

dan semoga sebulan-dua bulan kedepan sudah bisa kembali nge-blog, kangen nih ama postingannya..

gilasinema mengatakan...

@kreshnahary : terima kasih banyak :)

@movfreak : mari sama-sama belajar. Terima kasih

@Achmad Muchtar : hanya bagian dari sebuah proses kok. Terima kasih ya

@delupher & Budi Cahyono : terima kasih doanya :)

adithumar mengatakan...

Waa lama ga berkunjung dan dikagetkan dengan posting ini :( memang perubahan pasti ada konsekuensi, dan saya senang om Gila sangat bijak dengan keputusan prioritasnya. Sukses selalu om!

hendra k mengatakan...

met kawin omm..

Cinetariz mengatakan...

Hiks, kakak. padahal aku kan baru kenal kakak tapi kok kakak dengan teganya langsung meninggalkanku, huhuhu..
tapi tak apalah, saya akan terus berjuang (???) dan semoga blog kakak yang baru bisa lebih sukses. Pesan saya, jangan lupakan Cinetariz, oke? hohoho *digiles

darul_makmur@yahoo.com mengatakan...

Salam...nak tumpang promosi boleh tak...klik la sini...terima kasih...peace

Obat Liver Herbal mengatakan...

salam kenal

Dewi Aja mengatakan...

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi movies menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kumpulbagi.com untuk info selengkapnya.

Oh ya, di sana anda bisa dengan bebas mendowload foto-foto, video dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Nonton Movie mengatakan...

blog nya update lagi donk bro..

Poskan Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket