Senin, 15 Desember 2008

BE KIND REWIND

Senin, 15 Desember 2008


Kreativitas senantiasa hadir ketika kita dihadapkan pada keterbatasan. Manusia, tidak bisa dipungkiri adalah makhluk yang paling kreatif. Eksploitasi yang tanpa henti terhadap bumi dimana kita tinggal menjadi bukti betapa kreatifnya manusia. Namun sayangnya, sebuah tindakan kreatif tidak selamanya mendatangkan akibat yang positiif
Mike (Mos Def) adalah pemuda kulit hitam yang polos serta jujur dan bercita-cita membuat film. Hal ini berkebalikan dengan temannya, Jerry (Jack Black). Seperti halnya beberapa karakter yang pernah diperankan oleh Jack Black, Jerry disini digambarkan begitu tengilnya, trouble maker dan kaya akan ide yang tidak penting. Mike bekerja di sebuah rental video kepunyaan Elroy Fletcher (Danny Glover). Usaha Elroy memang terkesan ketinggalan jaman, namun nyatanya masih mempunyai pelanggan yang loyal, meski dalam jumlah terbatas.
Bahkan orang yang baik sekalipun mempunyai musuh, begitupun dengan Elroy. Sudah beberapa kali dia ditawari untuk menutup tempat usahanya dengan sejumlah uang oleh sebuah pengembang. Namun Elroy enggan dengan tawaran tersebut. Karena ada suatu urusan di luar kota, Elroy melimpahkan tanggung jawab pengelolaan sepenuhnya kepada Mike, dengan satu pesan khusus, jauhkan Lewis dari tempat tersebut.
Mike yang polos bertekad menjalankan tugas sederhana tersebut sebaik mungkin. Tugas yang terlihat mudah tersebut, nyatanya menjadi sebuah tugas penuh tantangan, mengingat usaha Jerry yang tak kunjung berhenti. Sampai sebuah peristiwa tragis (lucu bagi penonton) yang menyebabkan Jerry kehilangan kesadaran. Kejadian tersebut menjadi bencana bagi Mike karena ketika Jerry memasuki tempat rental semua film mengalami kerusakan.
Demi pelanggan yang loyal dan juga demi masa depan rental film tersebut, yang berarti juga kelangsungan hidup Elroy, Jerry yang “gila” lagi-lagi mengemukakan ide gila. Kenapa tidak membuat film sendiri dengan mengambil plot utama film – film kondang seperti Driving Miss Daisy, Robocop, King Kong dan beberapa judul film kondang lainnya. Tak dinyana, film hasil interpretasi ulang mereka disukai oleh banyak orang, dan makin banyak yang datang ke tempat rental film tersebut. Hal ini membawa konsekuensi Mike dan Jerry harus berusaha lebih keras. Kehadiran Alma (Melonie Diaz)yang bercita – cila menjadi aktris kondang (seperti umumnya remaja cewek) makin mempersolid kerja mereka. Disinilah letak kelucuan dari film ini, bagaimana usaha Mike dan Jerry menghasilkan film – film dengan segala keterbatasan.
Yang namanya masalah selalu menghampiri manusia, tidak peduli situasinya seperti apa. Di tengah puncak kesuksesan rental film milik Elroy, datang gugatan dari studio besar berkaitan dengan pelanggaran hak cipta. Sebuah tuntutan yang amat serius di era yang makin menghargai kekayaan intelektual. Belum lagi masalah dari pengembang yang tetap agresif dalam usahanya menggusur Elroy dari lingkungan tersebut. Masalah baru berarti kretivitas baru. Dan itulah yang dilakukan Mike dan Jerry untuk keluar dari masalah tersebut. dan untungnya mereka dibantu oleh banyak pihak yang bersimpati.
Be Kind Rewind tak pelak menjadi salah satu film lucu namun berisi sepanjang tahun 2008. Michael Gondry yang sebelumnya menghasilkan naskah brillian, Eternal Sunshine of the Spotless Mind, mampu menghadirkan kelucuan yang berbeda dibandingkan film komedi termutakhir produk Hollywood (dan Indonesia) yang terkesan frustasi mengangkat isu seputar selangkangan sebagai sumber kelucuan. Sayangnya tidak semua bisa menikmati kelucuan yang ada, terutama bagi mereka yang kurang familier dengan judul-judul yang dikerjakan ulang oleh Mike dan Jerry.
Sub plot yang dihadirkan pun mampu memperkuat jalinan cerita. Kehadiran Alma sebagai satu-satunya cewek, tidak menjadikan cerita mengalir menjadi kisah cinta picisan dengan merusak persahabatan Mike dan Jerry. Justru makin memperkaya persahabatan diantara ketiganya. Mos Def mampu menjalankan tugasnya dengan baik. Dan untungnya karakter Mike, keluar dari stereotype orang berkulit hitam yang seringkali digambarkan banyak tingkah dan banyak omong. Jack Black yang sebenarnya mempunyai kemampuan untuk keluar dari karakter tengil dan usil, tetap mampu menjaga potensinya sebagai comedian paling lucu kedepannya.
Lewat film ini, sutradara seakan mengajak kita untuk selalu berfikir kreatif dalam menghadapi masalah tanpa menyebabkan masalah bagi orang lain. Kalau cara yang kita ambil tidak mempan, ada baiknya kita mencari alternative pemecahan masalah lainnya, atau kalau perlu mengubah cara pandang kita. So….BE KIND REWIND! 3,5/5

0 komentar:

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket