Rabu, 18 Februari 2009

…AND THE OSCAR GOES TO…..

Rabu, 18 Februari 2009


Best Achievement in Directing : GUS VAN SANT ( MILK )
Stephen Daldry? Dengan filmography yang sangat meyakinkan, Stephen masih akan banyak kesempatan menang kedepannya. Danny Boyle? Dia sangat terbantu oleh Loveleen Tandan, terutama dalam pengambilan gambar di pemukiman kumuh. Perhatikan namanya di akhir film yang ditulis setelah Danny Boyle. David Fincher pun demikian. Adegan ketika Benjamin Button di India, sangat terbantu oleh Tarsem (sutradara The Fall). Ron Howard? Dia kan sudah pernah dapet. Ntar-ntar lagi aja. Gus Van Sant? Banyak diakui diajang internasional (terutama Cannes). Kini saatnya dia dihargai di Holly. Kalau diperhatikan, filmnya yang masuk Oscar kurang bisa bersaing di ajang festival film internasional, seperti Good Will Hunting dan To Die For. dan Milk ini sangaaaat Amerika. jadi pantas kalau dia menang.

Best Performance by an Actress in a Supporting Role : VIOLA DAVIS ( DOUBT )
Digesernya Kate Winslet ke kategori aktris terbaik, membuat persaingan di kategori ini makin seru. Penampilan Viola David sangat kuat dan meninggalkan kesan meski dengan porsi terbatas. Taraji juga oke dan diuntungkan dengan porsi adegan yang lumayan banyak. Jangan dilupakan sejarah yang sering berpihak pada actor/aktris berkulit hitam untuk kategori Best Supporting. Penelope Cruz yang menggelegak serta personalitynya yang hangat bisa menjegal kedua aktris berkulit hitam tersebut. Kerelaan Marisa Tomey ber topless ria bisa memperkuat posisinya. Amy Adams? hmm…aktris yang satu ini mengingatkan pada Renee Zelweger, jadi dia tampaknya masih akan dapat kesempatan kedepannya. Mungkinkah lewat Julia and Julia yang mempertemukannya kembali dengan Meryl Streep?

Best Performance by an Actor in a Supporting Role : HEATH LEDGER ( THE DARK KNIGHT )
Heath Ledger sebagai Joker memang oke banget sih. Tapi penampilan Michael Shannon juga susah untuk dilupakan. Sedikit berharap, nama yang satu ini bisa menang. Bakal menjadi kejutan yang menyenangkan. Nama yang lain? yah…paling tidak bisa mempercantik portfolio mereka hehehe..

Best Performance by an Actress in a Leading Role : MERYL STREEP ( DOUBT )
Anne Hathaway dan Angelina jolie disingkirkan terlebih dahulu. Anna karirnya masih panjang, sedangkan Jolie masih bakal menunjukkan kekuatan aktingnya di film lainnya. Kecuali kalau para anggota AMPAS menginginkannya bersanding dengan Brad Pitt (kalau dia menang lewat Benjamin Button). Pertarungan seru terjadi antara Kate Winslet dan Meryl Streep. Banyak yang bilan tahun 2008 sebagai tahunnya Kate Winslet dan sudah saatnya dia diakui oleh Oscar setelah gagal 5 kali. Kenyataan ini membuat banyak yang lupa dengan fakta bahwa Meryl Streep terakhir menerima Oscar di tahun 1983 (Sophie’s Choice) dan selama rentang 25 tahun dia telah dinominasikan sebanyak 11 (baca: SEBELAS!) kali. Berarti dia telah mengalami kagagalan selama 10 (baca: SEPULUH) kali. Kate Winslet bermain bagus di The Reader dan rela bertelanjang ria, namun terus terang Gilasinema lebih terkesan dengan penampilannya di Revolutionary Road. Perannya sebagai Hanna di The Reader dianggap pro NAZI, meski sebenarnya jauh dari hal tersebut, yang membuatnya mungkin kehilangan beberapa pendukung. Dan menurut Gilasinema, Kate Winslet masih akan “menghantui” Oscar seperti halnya Meryl Streep. Dan mungkin banyak yang akan menyamakan Kate Winslet dengan Al Pacino yang berhasil membawa pulang Piala Oscar setelah berkali-kali masuk nominasi. Sangat berharap, Oscar membuat sejarah dengan dimenangkannya dua aktris hebat tersebut, karena kemenangan Meryl Streep akan melukai Kate Winslet, begitupun sebaliknya. Mau yang aman? Maka Melissa Leo-lah yang bakal tampil.

Best Performance by an Actor in a Leading Role : SEAN PENN (MILK)
Susah banget memilih dikategori ini setelah “membuang” Bard Pitt (kecuali Jolie menang dan AMPAS ingin menyandingkan mereka berdua). Penginnya sih Frank langella atau Richard Jenkis yang menang. Namun Oscar tidaklan sesimple itu. Mickey Rourke dalam The Wrestler merupakan sebuah pencapaian yang mengesankan, namun agak sanksi dia bakal terpilih. Dia mengingatkan pada nasib yang menimpa John Travolta, yang dipuja puji setelah tampil di Pulp Fiction. Belum lagi penampilannya yang seperti mabok di Golden Globe kemaren, bisa jadi mempengaruhi para old voters. Richard Jenkins mengingatkan pada Julie Christie di Away From Her, hingga posisinya sedikit kurang menguntungkan karena filmnya yang dirilis jauh sebelum award season berlangsung. Secara pribadi, kurang bisa menikmati permainan Sean Penn di Milk, namun banyak yang menjagokannya. Menurut Gilasinema, ancaman serius justru datang dari Frank Langella. Gilasinema tidak akan terkejut kalau actor gaek yang satu ini berhasil meraih gelar Aktor Terbaik. Kalau Helen Mirren seakan terlahir untuk memerankan The Queen, maka Frank Langgella seakan sudah digariskan untuk memerankan Nixon.


Best Motion Picture of the Year : MILK
Ketika banyak pihak menjagokan Slumdog Millionaire, Gilasinema justru melihat Milk sebagai contender terkuat. Mengapa? Karena, sekali lagi, Oscar masih terlalu angkuh untuk memenangkan film yang kurang berbau Amrik. Apalagi dengan film yang minim orang Holly dibalik penggarapannya. Berbeda dengan The Last Emperor dan Gandhi. Meski berbau luar Amrik, kedua film tadi dibelakangnya banyak melibatkan orang Holly. Untuk Slumdog, Holly hanya berperan sebagai distributor. Gilasinema agak curiga dengan motif bisnis dibalik gembar-gembornya Slumdog Millionaire, yang nyata sangat sukses mengangkat pamor film ini dalam mengeruk dolar.
Slumdog Millionaire mengingatkan dengan apa yang dialami oleh Crouching Tiger, Hidden Dragon. Disambut meriah oleh kritisi dan box office, mendapat 10 nominasi Oscar dan membawa pulang 4 piala. Kemenangan Milk tentunya akan membuat sebal pendukung Slumdog Millioanire (sama sebalnya diriku ketika Crouching Tiger, Hidden Dragon yang anti kekerasan dikalahkan oleh Gladiator yang pro kekerasan).
Gilasinema sengaja memilih Milk, karena film tersebut sangat actual dengan kondisi Amrik terkini. Diluar urusan orientasi seksual, perjuangan Harvey Milk mau tidak mau diidentikkan dengan Barack Obama. Perjuangan kaum yang dianggap minoritas. Perjuangan menuju perubahan. Hal ini dikuatkan dengan penggunaan kata “CHANGE” sebagai tagline film Milk. Kata yang banyak diteriakkan oleh Obama selama kampanye. Dan kata ini, mungkin bisa menggambarkan semangat perubahan (kalau ada) dari AMPAS (Holly) dengan (pada akhirnya) memilih film bertema homoseksual menjadi yang terbaik.
Slumdog Millionaire memang sebuah a feel good movie dan tetap asyik meski ditonton beberapa kali, namun konsep “destiny” yang diusungnya sedikit membuat film ini cacat dimata Gilasinema (penting gak sih hehehe…). Milk terasa lebih utuh secara keseluruhan. Belum lagi kampanye negative seputar eksploitasi anak di bawah umur yang membayangi.
Berikut daftar lengkap peraih Oscar 2009 versi Gilasinema :
Best Motion Picture of the Year : MILK
Best Performance by an Actor in a Leading Role : SEAN PENN (MILK)
Best Performance by an Actress in a Leading Role : MERYL STREEP ( DOUBT )
Best Performance by an Actor in a Supporting Role : HEATH LEDGER ( THE DARK KNIGHT )
Best Performance by an Actress in a Supporting Role : VIOLA DAVIS ( DOUBT )
Best Achievement in Directing : GUS VAN SANT ( MILK )
Best Writing, Screenplay Written Directly for the Screen : MILK
Best Writing, Screenplay Based on Material Previously Produced or Published : SLUMDOG MILLIONAIRE
Best Achievement in Cinematography : SLUMDOG MILLIONAIRE
Best Achievement in Editing : MILK
Best Achievement in Art Direction : THE CURIOUS CASE OF BENJAMIN BUTTON
Best Achievement in Costume Design : THE DUCHESS
Best Achievement in Makeup : THE CURIOUS CASE OF BENJAMIN BUTTON
Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Score : AR RAHMAN (SLUMDOG MILLIONAIRE)
Best Achievement in Music Written for Motion Pictures, Original Song : JAI HO (SLUMDOG MILLIONAIRE)
Best Achievement in Sound : THE DARK KNIGHT
Best Achievement in Sound Editing : THE DARK KNIGHT
Best Animated Feature Film of the Year : WALL E
Best Foreign Language Film of the Year : VALS IM BASHIR ( WALTZ WITH BASHIR )
Best Documentary, Features : MAN ON WIRE

13 komentar:

hakimicture mengatakan...

Halo salam kenal juga. Wah, AR Rahman menang oscar juga akhirnya . Saya kenal karyanya sejak Dil Se (lagu Chaiya Chaiya miliknya bisa didengar pada kredit akhir film Inside Man). Sebenarnya Slumdog Itu sudah pantes dapat film terbaik, tapi yah namanya Oscar kayaknya jaga image memilih film yang juga menang di Golden Globe, tapi Milk merupakan kebangkitan Gus Van Sant setelah terpuruknya Paranoid Park. Merasa aneh dengan menangnya Dark Knight untuk Sound Editing, padahal suara Christian Bale kedengaran odd dan mengganggu kalau sudah jadi Batman.

hakimicture mengatakan...

Waduh, kok gue nulis seyakin gitu soal AR Rahman, padahal Oscar-nya aja belum diadain. Tanggal berapa ya ?

ajirenji mengatakan...

mudah-mudahan tebakan anda tepat (krn beralasan kuat)...krn tebakan saya selalu banyak salah setiap tahunnya T.T...

gilasinema mengatakan...

Chaiya Chaiya memang asyik ya. Video Klip diatas kereta kan memorable banget :)
Untuk sound terus terang, nebaknya ngawur, karena sekali lagi...kuping dah soak ;)
Bener tidakny tebakan sih gak penting banget, mama lauren aja sering meleset nramal nasib artis hehehe...
Jangan kutuk aku ya mam..
Belum liat Paranoid Park sih, tapi setahuku nih film banyak yang muji bagus juga lho

gilasinema mengatakan...

Oscar akan berlangsung pada tanggal 22 Feb ntar, kalau di Indonesia sekitar Senin pagi gitu.
Eh...ada info stasiun TV Indo yang bakal nayangin gak?

Tukang Review mengatakan...

Gw berdoa supaya Slumdog bisa menang. Begitu juga dengan Heath Ledger. Kalau sampai Heath Ledger engga menang Oscar.. Itu sih keterlaluan deh. Serius!

gilasinema mengatakan...

Heath Ledger peluangnya emang gedhe, apalagi dengan brita terbaru, kalo memang dapet piala mo dikasihkan ke Mathilda. Siapa sih yang gak tersentuh dengan berita (kampanye?) seperti itu.
Tapi sekali lagi...akan menjadi kejutan menyenangkan kalau Shannon yang menang :)
Pasti bakalan timbulkan diskusi seru di media dan dunia maya.
Untuk film terbaik rasa-rasanya, kecuali The Reader, semua punya peluang yang kuat.
Ini Oscar lho

ekoadit mengatakan...

kita tunggu aja deh siapa yang menang. semoga prediksi ini banyak tepatnya.

szack mengatakan...

weew, big five katagori ada 2 neh prediksi yang sama...HEATH LEDGER DAN VIOLA DAVIS.

untuk best actress, semoga Kate beruntung kali ini tidak terus jadi specialis nomenee layaknya Johny Depp...gagal maning gagal maning, sooonn...kalo Meryl kan gaek dan langganan oscar dan udah menang pula...gantian dong!!..hehehe..

best actor Sean Penn juga dah gondol satu dari Mystic River dan blm liat juga acting dia di MILK...alhasil berdasarkan hasil GG, Mickey Rourke mungkin punya peluang

best picture...semoga kontroversi terjadi lagi layaknya di GG kemaren...dan Slumdog menjadi terbaik membawa nama Asia..

sayang banget kalo sekelas OSCAR gak ada yang nayangin di TV nasional seperti tahun2 sebelumnya...sempet ada di Indosiar, tapi kemaren GG di Golbal....ada yang tau info Oscar dimana nanti?

hakimicture mengatakan...

Kalau Star Movies tanggal 25 Feb. Biasanya sih, Star Movies nayangin lengkap banget, sampe rada bosan nontonnya....

semuareview mengatakan...

akhirnya oscar berpihak juga pada yang baunya non-amerika. gw kesel banget soalnya waktu crouching tiger kalah ama gladiator soalnya

Yusahrizal mengatakan...

Hehehe... dulu pihak panitia AMPAS mencoba menebus dosa dengan cara "nyogok" lewat kategori film berbahasa asing terbaik.

gilasinema mengatakan...

Secara keseluruhan, Oscar kali ini sangat berpihak pada ekspektasi kebanyakan orang. Less of surprise. Kalau aku memang senang memposisikan sebagai oposisi. Makanya, salaaaah terus. Tapi kan asyik, bisa ada yang dicela-cela hehehehe.
Mungkin kemenangan Slumdpg karena sudah takdirnya/it's written (dengan sinis hehehe)

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket