Selasa, 25 Agustus 2009

THE PROPOSAL

Selasa, 25 Agustus 2009

Sebuah perkawinan idealnya diwujudkan demi sebuah tujuan mulia atas nama cinta. Namun ternyata banyak sekali motif yang melatarbelakangi seseorang ketika meminta seseorang untuk mendampingi hidupnya. Dalam The Proposal, Margaret (Sandra Bullock) meminta Andrew Paxton (Ryan Reynolds) menikah dengannya untuk mempertahankan karirnya. Berbeda dengan kebiasaan banyak orang, dalam film ini pihak perempuan yang melamar sang pria.


Untuk saling mengenal agar lolos dari investigasi pihak imigrasi, Margaret terpaksa menerima paksaan untuk mengunjungi keluarga Andrew di sebuah wilayah kecil di Alaska. Di tempat nan eksotis ini keduanya perlahan mulai saling mengenal, meski dihadapkan pada situasi penuh kebohongan.
Setiap kebohongan yang dibuat selalu diikuti dengan kebohongan-kebohongan lain hingga akhirnya menumpuk dan siap meledak kapan saja. Serapat-rapatnya menyimpan bangkai, pada akhirnya akan tercium juga, begitu pepatah orang bijak. Sesaat sebelum melangsungkan pernikahan, kedok mereka terbuka yang pada akhirnya melukai semua yang terseret dalam kebohongan yang mereka hembuskan.


The Proposal lewat sentuhan Anne Fletcher hadir dengan porsi serba pas dan tidak berlebihan. Chemistry dua bintangnya, sub plot serta eksekusi cerita yang dipilih terasa tepat. Dengan jalinan cerita yang sederhana dan tidak istimewa yang banyak diangkat di kisah Harlequin, film ini ternyata berhasil menghadirkan tontonan yang menghibur dan menyegarkan.


Naskah Pete Chiarelli bisa diterjemahkan dengan bagus oleh Anne Fletcher, hingga berhasil menghadirkan beberapa adegan yang lumayan memorable, seperti adegan ketika Margaret berlutut melamar Andrew di tengah keramaian, atau adegan ketika keduanya telanjang di dalam kamar, meski adegan ini mengingatkan pada Something’s Gotta Give.
Keunggulan The Proposal ada pada padunya penampilan Sandra Bullock dan Ryan Reynolds. Dialog keduanya terasa mulus mengalir, dan saling melengkapi. Karakter Margaret yang bossy sangat pas dipasangkan dengan karakter Andrew yang melayani dan simpatik. Bossy dan slebor memang paling pas diperankan oleh Sandra Bullock yang ternyata belum kehilangan pesonanya meski sudah tidak muda lagi.


Dan setelah surutnya Hugh Grant, rasanya Ryan Reynolds patut digelari raja rom com yang baru setelah sebelumnya juga sukses berperan di Definitely, Maybe. Dan jangan lewatkan penampilan natural dari bintang gaek, Betty White. Kehadirannya seringkali mencairkan suasana. Sedangkan Malin Akerman hadir hanya sebagai pemanis belaka.
The Proposal menjadi prestasi tersendiri bagi Anne Fletcher. Dengan budget sekitar $40 juta, film ini telah mendulang pendapatan kotor hingga 6X lipat untuk peredaran diseluruh dunia! Dua karya sebelumnya, Step Up dan 27 Dresses juga menuai sukses. Ternyata perempuan berusia 43 tahun ini juga terlibat di banyak film sukses seperti Boogie Nights, She's All That, Bring It On, The Wedding Planner, Bringing Down the House, The Pacifier, The 40-Year-Old Virgin dan Hairspray!


Karya berikutnya tampaknya juga bakal dengan mudah mengumpulkan dolar mengingat temanya yang belum banyak diangkat, yakni cheerleader cowok. Film yang untuk sementara diberi title The Matadors ini kabarnya akan menghadirkan beberapa adegan di pertandingan NBA yang bergengsi itu. 3,25/5

7 komentar:

hakimicture mengatakan...

Queen of Romantic Comedy is back. Sandra Bullock memang pas dalam film kaya' gini. Untung cowoknya bukan Matthew McConaughey yang membosankan itu. Enggak bisa komen apa-apa, soalnya belum nonton. Tapi cerita soal cewek propose sama cowok ini bukan karya seorang pria 'kan? Oke, Pete, tapi itu mungkin nama pena dia ...

ieraiera mengatakan...

baru nonton kemaren nih..sukasuka..jokesnya dapet...apalagi si granny...:P..cerita, walaupun standar tapi romantic comedy tuh selalu enak ditonton...tapi gw ngerasa mbak bullock sama mas reynolds kurang greget deh chemistrynya...

Gie mengatakan...

menurut gue Ryan Reynoldsnya agak terlalu kemudaan ya buat Sandra Bullock hehehe tapi ceritanya lucu. Setuju bgt, ga lebay

gilasinema mengatakan...

Bukan Ryan yang kemudaan, tapi Sandra Bullock yang ketuaan dengan kerut-kerutnya :P

[pritta.kartika] mengatakan...

iyaa kerut2an sandra bullock kelihatan bgt. mungkin emang sengaja ya?? krn dilihat dari jabatannya pasti dia lebih tua dari cowoknya..
tp oke, kok. setuju banget kalau filmnya serba pas. nice! jadi pengen nonton lagi two weeks notice ^^,

Anonim mengatakan...

bagus....bagus.....
bener2 bikin fresh.....

thomas irwan kristanto mengatakan...

The Proposal [ 2009 USA BrRip 1080p YIFY Audio English Subtitle English, Indonesia 1400 MB ]

http://bioskop21free.blogspot.com/2014/10/the-proposal-2009-usa-brrip-1080p-yify.html

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket