Kamis, 28 Mei 2009

MY SISTER’S KEEPER

Kamis, 28 Mei 2009


Baru saja menyelesaikan novel My Sister’s Keeper karangan Jodi Picoult sebagai pemanasan sebelum filmnya rilis tanggal 26 Juni 2009 (yang kayaknya kecil kans masuk ke Indonesia). Dirilis bersamaan dengan Transformer jilid 2, terus terang film ini lebih menggugah minat Gilasinema dibandingkan pertarungan heboh antar makhluk kaleng.
Menurut Gilasinema, materi ceritanya sangat luar biasa, karena penuh gugatan moral yang sangat mengusik dan karenanya banyak bermain di area abu-abu. Berkisah mengenai Anna Fitzgerald (Abigail Breslin) yang mencoba melepaskan diri dari “kewajiban” menyelamatkan kakaknya, Kate (Sofia Vassilieva), yang mengidap leukemia akut.
Didampingi oleh pengacara Campbell Alexander (Alec Baldwin), Kate terpaksa berhadapan dengan orang tuanya terutama ibunya , Sara Fitzgerald (Cameron Diaz) yang menentang keras niat Kate tersebut. Dalam hal ini, Anna tidak bisa langsung disalahkan, begitupun dengan usaha Sara mempertahankan hidup Kate dengan mengupayakan segala cara. Pada akhirnya semuanya bermuara pada sebuah pengambilan keputusan akan pilihan yang ada. Tidak ada pilihan terbaik ataupun pilihan terburuk. Tidak ada pilihan yang salah, dan tak ada pilihan yang sepenuhnya dapat dibenarkan.
Inti film ini sangat filosofis yakni apa sih alasan kita dilahirkan di dunia ini? Setelah membaca novelnya, Gilasinema merasa tersentak betapa manusia tidaklah merdeka selama jiwa masih terperangkap dalam raga dengan segala keterbatasan. Bahkan sejak dalam proses “pembuatannya”, manusia telah dibebani dengan berbagai motif. Meneruskan sejarah keluarga, memperbaiki keturunan, atau seperti yang dialami oleh Anna, dia lahir ke dunia demi membuat kakaknya bisa bertahan hidup.
Disutradarai oleh Nick Cassavetes (filmnya yang She’s So Lovely bagus lho), film ini diperkirakan bakal menguras banyak air mata di tengah gempuran film heboh. Namun, jangan kuatir, filmnya tidak bakal menjadi tontonan yang sangat kelam, karena dalam novelnya, akhir yang dipilih cukup memancarkan harapan. Tidak terlalu melegakan, tapi juga tidak menyesakkan. Gilasinema berharap ada kejutan penulis scenario (Stephen Furst) menyajikan akhir cerita yang berbeda, karena sejalan dengan persoalan pilihan tadi, akhir cerita yang dipilih di novelnya masih terbuka terhadap pilihan yang lain.


Film dengan tema berat seperti ini idealnya mampu menguras acting para pemainnya. Karakter Sara yang kuat namun dilingkupi dilema besar merupakan tantangan tersendiri bagi Cameron Diaz. Penasaran dengan akan bagaimana penampilannya ketika memberikan argument penutup yang menyentuh. Begitupun dengan Alec Baldwin, yang karakternya mengalami sebuah pencerahan berkat kasus yang ditanganinya tersebut.
Sosok Anna yang diperankan Abigail Breslin pada awalnya digambarkan egois dan tidak berperasaan, namun ketika apa yang sebenarnya dia simpan terkuak, akan membalik persepsi penonton akan sosok Anna tadi. Tugas berat ini kalau bisa dijalankan dengan mulus oleh Abigail Breslin akan makin mengukuhkan posisinya sebagai bintang harapan masa depan, begitupun dengan pendatang baru Sofia Vassilieva.
Cameron Diaz, Abigail Breslin dan Sofia Vassilieva terlihat serius mendalami karakter mereka dengan merelakan rambut ketiganya dibabat habis (karenanya Dakota dan Elle Fanning mundur dari film ini). Mengincar Oscar mungkin? Yah…tidak ada salahnya berharap, karena HARAPAN pada akhirnya menjadi senjata paling ampuh dalam menjalani kehidupan yang makin tidak mudah ini (duuuh….).

14 komentar:

Awya mengatakan...

wah-wah... makasi infonya ya mas.. udah tahu sih film ini, moga2 Cameron Diaz bisa akting bagus di sini. hehehehe...

abigail breslin juga mudah2an main bagus. katanya perannya dia dia disodorkan ke dakota n adiknya, tp ditolak gara2 tuntutan menggundulkan rambut.

gilasinema mengatakan...

Semoga saja hasilnya tidak mengikuti film adaptasi novel lainnya yang kebanyakan gagal menyamai atau paling tidak mendekati kualitas novelnya.

Fariz Razi mengatakan...

waw pas banget, saya juga lagi baca buku nya nih hehehe udah hampir mau selesai. semoga film nya bagus. tapi trailernya, menurut saya kok kurang greget ya...

gilasinema mengatakan...

Ngandalin pamor novelnya kali :)
Nyari info film ini juga lumayan susah, terutama movie still nya

ieraiera mengatakan...

baru baca novelnya...itupun baru 48 halaman..lanjutin ga ya???udh ada bajakannya ga sih nih pelem...

Gabby Hakim mengatakan...

salah satu novel favoritku yang dibikin filmnya tahun ini.. apalagi yg main salah satu aktris favoritku juga si cameron diaz.. wahhh bener2 berharap filmnya baguuussss, biarpun seperti biasa film adaptasi novel emang jarang bs lebih bagus dr novelnya.. hehe..

Fariz Razi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Fariz Razi mengatakan...

akhirnya selesai juga bacanya, setelah ber hari2 hahahaha bagus juga bukunya, dan endingnya.... jadi makin ga sabar buat nntn nih hehe saya lihat di wikipedia karakter Julia gak bakal dimasukkan, padahal dia salah satu karakter utama, walaupun sebenernya sih tidak penting2 bgt.. dan Hakim DeSalvo yg main Joan Cusack, padahal setau saya karakter nya laki2

saya liat di trailernya, karakter Anna kayaknya beda ydari gambaran di bukunya (atau saya yg salah ya hahaha). dan ada beberapa adegan2 yg sepertinya tidak ada di buku (semoga saya salah lagi).. tapi saya masih berharap film nya akan bagus, semoga saja

gilasinema mengatakan...

Ooo...Julia gak dimasukkan tho? Tapi menurutku memang bisa disingkirkan, meski akan mengurangi kemeriahan karakter.
Iya...aku kirain hakimnya cowok :)
Belum liat tralernya sih, tapi kebanyakan trailer memang menipu. Itlah hebatnya tim promo

Powerrangga mengatakan...

Jadi pengen baca novelnya...

gilasinema mengatakan...

Buruan...

ekoadit mengatakan...

nonton di mana nih film???bagi infonya dong. hehehehe

gilasinema mengatakan...

Belum liat Bang. Kan kalo dibaca lagi, tulisanku lebih kepada preview dan harapan akan filmnya ntar :)

Anonim mengatakan...

hahaha i live abigail breslin better than dakota

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket