Rabu, 02 September 2009

GIGANTIC

Rabu, 02 September 2009

Ternyata ada yang melebihi keunggulan Angelina Jolie dan Madonna dalam hal urusan mengadopsi anak dari luar USA. Orang itu adalah, Brian
Weathersby (Paul Dano). Di usia yang belum genap kepala tiga, Brian sudah memutuskan untuk mengadopsi anak yang berasal dari Cina. Selain itu, Brian lebih unggul dari dua wanita hebat tadi, karena niat adopsi tadi merupakan impian masa kecilnya.
Brian yang seorang penjual kasur ini suatu hari bertemu dengan Al Lolly (John Goodman) yang sedang mencari kasur terbaik untuk mengurangi masalah pinggang yang menderanya. Pertemuan dengan Al tersebut membawa Brian berkenalan dengan putri Al, Harriet / Happy (Zooey Deschanel). Berbeda dengan Brian yang dibesarkan dalam keluarga harmonis, meski eksentrik, Happy mempunyai latar belakang keluarga yang berantakan.


Namun demikian, Happy terlihat mempunyai kepribadian yang jauh lebih cerah dibandingkan Brian yang digambarkan hidup diantara realita dan khayalan. Bahkan Brian menciptakan sosok yang selalu menguntit dan mengincarnya dengan perilaku anarkis (diperankan Zach Galifianakis yang bermain di The Hangover). Mudah ditebak, dua insane beda latar belakang dan karakter tadi terlibat dalam hubungan penuh cinta, terutama setelah Happy bicara blak-blakan soal hubungan intim.
Sesuatu yang terlihat seperti masalah muncul ketika Happy mengetahui niat Brian mengadopsi anak dan terlihat kurang tertarik membawa hubungan yang mereka jalin ke arah yang lebih serius. Apalagi Brian digambarkan lebih focus terhadap impiannya terhadap bayi Cina ketimbang memantapkan hubungannya dengan Happy. Menghadapi situasi ini, Happy memutuskan untuk ke Eropa untuk meneruskan studinya, sebelum pada akhirnya sesuatu hal membatalkan niatnya tersebut.


Gigantic mengingatkan kita pada film-film indie yang sempat mampir di Festival Film Sundance. Alur yang lambat, minimnya pemain dan musik latar yang kadang menghadirkan aura sunyi serta bermodalkan cerita yang tidak lazim. Ketidaklaziman cerita kadang mampu memberikan sebuah pengalaman tersendiri pada penontonnya. Namun ketidaklaziman tersebut tak ayal terasa menganggu. Begitulah yang dirasakan oleh Gilasinema mengenai Gigantic yang diarahkan oleh Matt Aselton ini.
Cerita yang digulirkan terasa kurang mempunyai pondasi yang kuat. Gilasinema menangkap kesan, cerita yang ditulis oleh Matt Aselton dan Adam Nagata ditawarkan (atau dipaksakan?) kepada penonton sebagai sesuatu yang alamiah. Seperti udara yang dihirup. Tak ada penjelasan yang meyakinkan mengenai motif Brian mengadopsi anak dari Cina, tidak dijelaskan pula mengapa Brian seakan mencampuradukkan imaji dan realita. Bahkan dengan jailnya, penulis cerita menyodorkan adegan Brian keracunan jamur ketika mengalami halusinasi. Hadirnya gelandangan yang anarkis makin terasa membingungkan.
Namun bukan berarti Gigantic merupakan film yang buruk. Terima kasih buat kepiawaian Matt Aselton menghadirkan rangkaian gambar yang terasa sejuk dimata. Ini dampak dari pemilihan warna serta tempat yang apik. Terdapat beberapa adegan yang memilih penggambaran tidak biasa seperti percakapan Happy dengan ibu Brian atau ketika Happy menelepon ibunya.


Penampilan Paul Dano dan Zooey Deschanel cukup aman, meski tidak istimewa. Salut buat Paul Dano yang sudah berani “nyambi” sebagai Produser Eksekutif. Namun ada baiknya dia terlibat dalam film-film yang sedikit lebih cerah dan komersil. Matt Aselton berpotensi menghasilkan karya yang lebih baik, andai saja dia dibekali dengan naskah yang lebih matang dan riil.
Dalam pemahaman Gilasinema, Gigantic menekankan pada pentingnya keluarga inti yang utuh (ayah, ibu dan anak). Banyak hal besar tumbuh dari keluarga yang dibina dengan baik. Selaras dengan tagline dari film ini “When it comes to family and relationships, there are no small surprises.” Bagi pecinta film, Gigantic patut dipilih sebagai tontonan alternative. 2,75/5

7 komentar:

Fariz Razi mengatakan...

waah saya nge-fans banget sama Zooey Deschanel!! Belom nemu jg nih dvd nya.....

ieraiera mengatakan...

gw nyari2 nih dvd ya....paul dano gituuu....om gila kok bisa apdet bgt siii

kimmy obo mengatakan...

nice movie !!
gak terlalu banyak komentar yang gua dapet abis nonton film ini.. belum sampai ke spesial or great movie, but nice

gilasinema mengatakan...

Seing-sering aja maen ke kios bajakan, pasti nemu :P

Anonim mengatakan...

zooey deschanel pasti cantik banget lah ya di situ.pengen nonton gigantic deh jadinya.pasti seru banget.takutnya gak ada dvdnya.

gilasinema mengatakan...

Banget.Kalo mau yg gak asli, sudah ada sejak lama kok

Erwin Amirulloh mengatakan...

udah nonton tapi rada kurang ngerti gara2 subnya bolak balik

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket