Jumat, 31 Oktober 2008

THE STRANGERS

Jumat, 31 Oktober 2008



Sepasang manusia datang kesebuah tempat. Hubungan mereka sedang dalam masalah. Selagi mereka merenungkan apa yang sebenarnya terjadi, datang terror yang mengancam jiwa mereka. Selanjutnya mereka berjuang agar bisa bertahan hidup ditengah segala keterbatasan. Premis cerita yang terdengar familiar?
Menyaksikan The Strangers memang tidak jauh berbeda dengan apa yang kita lihat dalam film Vacation. Bedanya The Strangers menghadirkan duet Liv Tyler dan Scott Speedman, Vacation menampilkan pasangan Kate Beckinsale dan Luke Wilson. Tidak mengherankan apabila penonton pada akhirnya membandingkan kedua film tersebut.
Lalu apa yang mendorong kita untuk menonton The Strangers? Ternyata film yang satu ini tetap menghadirkan sensasi ketegangan tersendiri. Disinilah potensi dari sineas Bryan Bertino patut dipertimbangkan. Dia mampu menghadirkan tontonan usang menjadi sebuah hal yang memikat penonton. Durasi awal penonton dibuat sedikit bosan dengan penampilan dua bintang utamanya yang salaing bermuram durja.
Ditambah dengan suasana yang tenang dan sepi, penonton yang kurang sabar akan bisa jatuh tertidur. Namun bersabarlah karena ketika terdengar suara ketukan di pintu, bersiaplah menghadapi terror demi terror yang mencekam. Sutradara mampu mengemasnya dengan pas dan tidak berlebihan. Cerita yang dihadirkan lumayan bisa diterima akal dan dibungkus dalam durasi yang tidak terlalu lama. Memang bagian akhir agak sedikit dipanjang-panjangkan, namun bisa dimaafkan.
Kesalahan terbesar sutradara ada pada awal film berjalan. Kenapa sutradara harus menampilkan fakta – fakta yang berkaitan dengan tema cerita? Kita seolah – olah sedang disuguhi makanan, namun kita diperingatkan kalau makanan tersebut mengandung racun. andai saja blunder ini tidak terjadi pasti film akan terasa lebih menegangkan.
Dari segi pemain, film ini memang lebih menonjolkan Liv Tyler dibandingkan Scott Speedman. Bahkan, kalaupun Scott Speedman tidak dilibatkan, film ini akan tetap berjalan menarik. Mungkin akan lebih seru. Bayangkan serunya gadis secantik Liv Tyler berjuang sendirian menghadapi terror 3 remaja “sakit” yang memakai topeng dan bersenjatakan kampak. Soal kampak, tampaknya sutradara Bryan Bertino terpesona dengan sosok gadis berkampak yang hadir di film berjudul Tamara. Untungnya public Amrik sana mau mengenal The Strangers. Pada minggu awal perilisannya, film ini sudah balik modal dengan keuntungan yang berlipat. Bisa jadi The Stangers merupakan film horror Hollywood yang palin sukses di tahun 2008, bukan Prom Night. 3/5

0 komentar:

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket