Rabu, 24 Oktober 2007

GRINDHOUSE

Rabu, 24 Oktober 2007


Grindhouse merupakan istilah yang merujuk pada bioskop di era 60 da 70 – an yang biasa menyajikan 2 – 3 film berkelas B. Semacam antitesis dari istilah Arthouse. Quentin Tarantino dan Robert Rodriguez merupakan penggemar dari Grindhouse tadi. Saking cintanya, di tahun 2007 ini mereka merilis film Grindhouse. Di Amerika sana, film yang terdiri dari dua film (Planet Terror dan Death Proof) ini dirilis menjadi satu bagian dengan durasi sekitar 140 menit lengkap dengan trailer palsu yang dibuat oleh teman-teman mereka macam Eli Roth, Edgar Wright dan Rob Zombie. Beruntung penonton di luar Amerika yang bisa melihat kedua film tersebut secara terpisah dengan durasi masing-masing yang mencapai hampir dua jam.

DEATH PROOF
Film yang digarap oleh Quentin Tarantino ini mempunyai cerita yang sangat simple yakni tentang pembunuh berantai berantai yang bernama Stuntman Mike dan korban-korbannya, 8 cewek sexy (lebih tepatnya 7 orang). Film dibagi menjadi dua bagian, yang masing –masing bagian terdiri dari 4 cewek. Masing-masing bagian pada awalnya berjalan pelan, bahkan cenderung membosankan karena dipenuhi dengan dialog yang norak dan tidak penting seperti halnya yang tampak pada film Tarantino yang lain seperti Pulp Fiction, Jackie Brown maupun Reservoir Dogs. Tapi seperti umumnya film Tarantino tersebut, selalu ada kejutan di akhir film. Begitu juga dengan Death Proof yang di masing-masing bagian memberi kejutan yang mengasyikkan dan seru. Saya tidak akan membeberkannya disini, lebih baik lihat sendiri saja. Khas Tarantino lah.Film ini dibintangi Kurt Russel, Rosario Dawson, Jordan Ladd, Rose McGowan, Marley Shelton dan Mary Elizabeth Winstead (favoritku di film ini, karena sekilas mirip Asia Carrera). Film ini asyik dinikmati berkat penampilan sexy para cewek-ceweknya. jangan lewatkan adegan ketika salah satu cewek menari untuk Kurt Russel.

PLANET TERROR
Dibandingkan Death Proof, film ini lebih seru, lebih berdarah dan lebih lucu seperti yang tampak di film Robert Rodriguez sebelumnya macam Desperado, From Dusk Till Dawn, The Faculty dan Sin City. Film yang bercerita mengenai zombie ini menampilkan banyak bintang macam Rose McGowan, Marley Shelton, Bruce Willis, Naveen Andrews, Jeff fahey, Michael Biehn, Josh Brolin dan Quentin Tarantino. Film ini seru karena banyak adegan tembak-tembakan, yang tentu saja lebih banyak darah karena banyak tubuh yang hancur dan sobek. Humor juga nyaris muncul hamper sepanjang film, meskipun bagi sebagian orang humor yang ditampilkan terasa aneh. Ada semangat main-main dalam film ini. Main – main dengan totalitas. Hal ini terlihat dari adegan ketika Quentin Tarantino muncul. Selain itu, film ini dipenuhi dengan karakter-karakter yang tidak penting. seorang go go dancer yang tidak lucu tetapi ingin menjadi stand up comedian, pemilik Bar B Q yang terobsesi dengan bumbu bahkan dalam keadaan sekarat sekalipun dan juga adailmuwan yang terobsesi dengan testis!


Dari kedua film tersebut, dapat saya simpulkan, Grindhouse adalah semacam bioskop yang menampilkan film dengan cerita yang dikategorikan “kacangan”. Film yang ditujukan demi hiburan semata, dengan penyajian yang norak, kotor dan vulgar. Dalam pendapat beberapa kalangan “kelas bawah banget deh”. Dalam hal ini Robert Rodriguez lebih berhasil menghadirkan aroma Grindhouse dibandingkan dengan Quentin Tarantino. Dalam Planet Terror, secara visual lebih vulgar dan kotor, selain cerita dan dialog tokohnya yang norak, acting para pemainnya juga dibuat berlebihan. Melihat Planet Terror, seperti ketika melihat film di bioskop pinggiran dengan gambar yang sudah tidak jernih lagi, banyak noda dan kadang tiba-tiba adegan mengalami lompatan karena pita film yang mengalami kerusakan. Dan memang inilah tujuan dari film Grindhouse ini. Memberikan pengalaman menonton di bioskop pinggiran dengan film yang dikategorikan murahan. Sesuatu yang lucu karena ketika film itu dihasilkan oleh Quentin Tarantino dan Robert Rodriguez menjadi tidak murahan lagi. 3/5

English

GRINDHOUSE
Grindhouse is the term that refers to cinema on 60's and 70's which is show 2 or 3 class B films. Like an antithesis for the Arthouse term. Quentin Tarantino and Robert Rodriguez are the fans of Grindhouse. Because of their mad to it, in 2007 they release the Grindhouse film. In America, the film is divide to 2 films (Planet Terror and Death Proof) that compile within 140 minutes duration, include the fake trailer that made by their own guys such as Eli Roth, Edgar Wright and Rob Zombie. It's very lucky to the audience out side America that can see both complete film separately within two hours duration each.

DEATH PROOF
A film by Quentin Tarantino that has simple story about serial killer, Stuntman Mike and his victims, 8 hot chicks (7 is precisely). The film is separated become two parts, each part is telling about 4 chicks. Each scene is running very slow, even boring because it fulfill with bad taste and unimportant dialogue as we see on the previous Tarantino’s film, Pulp Fiction, Jackie Brown and Reservoir Dogs. But mostly, Tarantino always give impressive and lively surprise. So is Death Proof which is each of the part give us impressive and lively surprise. I wouldn’t tell you here, you better see it for your self. Very typically Tarantino. The film is starring by Kurt Russel, Rosario Dawson, Jordan Ladd, Rose McGowan, Marley Shelton and Mary Elizabeth Winstead. The film is very enjoyable because the sexy chicks performance, and don’t miss when the chicks are dancing for Kurt Russel scene.

PLANET TERROR
Compare with Death Proof, this one is more lively, bloody and more funny just like Robert Rodriguez’s previous Desperado, From Dusk Till Dawn, The Faculty and Sin City. The film is telling about zombie, and full of star like Rose McGowan, Marley Shelton, Bruce Willis, Naveen Andrews, Jeff Fahey, Michael Biehn, Josh Brolin and Quentin Tarantino. The film is full of shooting action, and of course a lot of blood because there’s a lot break and ripped body. Humor is always shown a long film, even it’s weird for some people. There is joking spirit in this film. Joking about totality. After Quentin Tarantino’s scene, the film is fulfill with odd and unimportant character. A Go go dancer which is not funny at all but he want to be a stand up comedian, Bar B Q owner who obsessed with the cooking spices even on his dying and there’s a scientist that obsessed with testicles.

From the both film, Grindhouse is like a cinema that show lower class of film. The film that used for the entertainment only, with bad taste, dirty and vulgar wrapping. In some viewer, it’s the lowest level. In this case, Robert Rodriguez is likely could manage better than Quentin Tarantino to present Grindhouse aroma. In Planet Terror, it is vulgar and dirty as visualization, beside the bad taste story and the bad taste figure, the acting of the star is over. Seeing Planet Terror, is like to see the film at the coastal areas, with null view, a lot of dirt and sometimes the scene is jumping because the film’s ribbon is broke. And this is become the aim of Grindhouse. Give the experience to watch the cinema of coastal areas. Film that on the lowest level. It’s become something when it made by Quentin Tarantino and Robert Rodriguez. 3/5.

0 komentar:

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket