Rabu, 26 November 2008

MENGINTIP OSCAR 2009 : FILM TERBAIK & SUTRADARA TERBAIK

Rabu, 26 November 2008

Tahun 2009 segera berakhir. Di Hollywood menjelang pergantian tahun menjadi momen penting untuk merilis film – film yang oleh kritikus dinilai bermutu, hingga layak untuk bersaing memperebutkan Piala Oscar. Para produser mulai mengenjot dana kampanye film – film mereka agar film yang mereka danai mempunyai “gaung”. Melihat pencapaian The Dark Knight, baik dari segi kualitas maupun kuantitas, terbersit pertanyaan, akankah The Dark Knight akan menjadi film adaptasi komik pertama yang mampu meraih Oscar.
Euphoria The Dark Knight sedikit banyak menarik atensi yang semestinya diberikan kepada film-film lain yang secara kualitas jauh lebih bagus. Euphoria semacam ini kadang menelan korban film yang dinilai lebih layak untuk menang. Ingat kasus Forrest Gump yang mengubur harapan Pulp Fiction atau dimenangkannya Shakespeare in Love. Kalau rajin mencermati perkembangan film (Holly) sepanjang tahun 2008, rasa – rasanya tahun ini lumayan sepi film – film yang bakal masuk bursa pertarungan Oscar. Pertarungan untuk Oscar tahun 2010 rasanya lebih seru untuk diintip, karena akan ada nama – nama seperti Steven Spielberg, Quentin Tarantino, Michael Mann, James Cameron dan Martin Scorsese yang akan merilis film – film yang dinilai kuat untuk bertarung. Jangan – jangan kondisi ini sengaja diciptakan untuk melapangkan jalan The Dark Knight? Who knows, karena kadang Oscar seperti halnya politik, penuh dengan konspirasi yang hasilnya kadang tak beda dengan kegiatan arisan. Pemenangnya digilir.
Namun biar bagaimanapun, bagi penggila sinema, Oscar merupakan salah satu momen yang sayang untuk dilewatkan. Berikut beberapa contender yang diperkirakan banyak kalangan akan mempunyai kans yang kuat di Oscar 2009 nanti. Memang belum melihat film – film yang ada. Tulisan ini hanyalah semacam rangkuman dari berbagai analisa dari para kritikus film Holly sana.

FILM TERBAIK
Selain The Dark Knight, film yang punya peluang kuat adalah Milk. Namun dengan tema yang masih cukup sensitive meski untuk ukuran Holly sekalipun yakni tentang perjuangan persamaan hak kaum gay, bisa jadi membuat film ini menjadi terpuruk seperti halnya Brokeback Mountain. Australia-nya Baz Luhrman juga bisa menjadi ancaman, sama halnya dengan Slumdogs Millionaire yang diarahkan oleh Danny Boyle. Film ini juga disebut sebagi contender kuat untuk Film Asing Terbaik..
Persaingan di Film Terbaik bakalan seru dengan hadirnya Gran Torino dan Changeling. Kedua film ini garapan sutradara kesayangan Oscar, Clint Eastwood. Entah mengapa meski kadang tidaklah istimewa, film – film Clint Eastwood selalu mendapatkan tempat di Oscar. Revolutionary Road-nya Sam Mendes juga disebut-sebut mempunyai peluang yang cukup kuat.
Di Oscar 2007 ada Little Miss Sunshine, sedangkan Oscar 2008 ada Juno. Oscar 2009? The Visitor bisa jadi kambing hitam yang membahayakan selain Slumdog Milionaire. Kebetulan sudah melihat The Visitor. Film ini memnag mempunyai cerita yang kuat dengan segala kesederhanaannya. Temanya juga sangat actual. Sebuah film yang manis yang mengalun bak puisi.
Kuda hitam lainnya adalah The Curious Case of Benjamin Button-nya David Fincher, Frost/Nixon-nya Ron Howard, Seven Pounds (kolaborasi Will Smith dengan sutradara The Pursuit of Happiness), I’ve Love You So Long, Doubt, The Reader, dll.
Yang menjadi tanda tanya adalah bagaimana dengan nasib film Che garapan Steven Soderberg? Film berdurasi lebih dari 4 jam ini sempat gagal di ajang Cannes kemarin, dan review yang ada begitu beragam. Kebanyakan lebih memuji penampilan Benicio Del Torro ketimbang filmnya sendiri.
dari film animasi saya menjagokan Horton Hears a Who dan Wall-E. Film Wall-E malah mungkin membuat kejutan dengan masuk kategori Film Terbaik mengingat film ini memang benar-benar bagus. Religulous disebut-sebut sebagai calon kuat untuk kategori Film Dokumenter.
Dari semua judul diatas tadi, entah mengapa masih muncul “kecurigaan” kalau The Dark Knight yang bakalan bersinar di Oscar 2009. Entah hal ini menggembirakan atau malah menyedihkan. Filmnya bagus (lebih bagus dari Dick Tracy) yang sama-sama dari komik, tapi kok masih sedikit tidak rela film adaptasi komik bisa menang Oscar.
Perkiraan nominasi : The Dark Knight, Milk, The Curious Case of Benjamin Button, Australia dan Frost/Nixon.

SUTRADARA TERBAIK
Ada 3 nama yang diperkirakan akan bersaing ketat di kategori ini. Christopher Nolan (The Dark Knight), Baz Luhrmann (Australia) dan Gus Van Sant (Milk). Dua nama pernah masuk nominasi sebelumnya, sedangkan Nolan yang meski karya-karyanya selalu dipuji (Memento) namun belum pernah mendapatkan kehormatan untuk masuk dalam 5 besar. Posisi Gus Van Sant yang agak mengkhawatirkan. Sutradara yang satu ini merupakan sutradara favorit di Cannes. Oscar sendiri terkesan enggan mengamini mereka yang telah menag di Cannes. Sedangkan Christopher Nolan akan diuntungkan dengan moncernya The Dark Knight.
Clint Eastwood dan Ron Howard bisa menjegal langkah nama-nama tadi mengingat kedua nama tersebut lumayan “dicintai” oleh para anggota AMPAS (lama-lama ilfil juga ma Clint yang selalu sukses menjegal favorit). Bahkan Clint Eastwood kembali membawa dua film yakni Changeling dan Gran Torino. Steven Soderberg juga punya kans kuat. Sam Mendes (Revolutionary Road) dan David Fincher (The Curious Case Of Benjamin Button)bisa juga menjadi kuda hitam yang patut di waspadai.
Di jajaran indie, Danny Boyle (Slumdog Millionaire) dan Thomas McCharty (The Visitor) bisa menyeruak. Nama-nama lain yang patut diwaspadai adalah Charlie Kaufman (Synecdoche, New York), John Patrick Shanley (Doubt) dan Darren Aronofsky (The Wrestler).
Perkiraan nominasi : Christopher Nolan, Gus Van Sant, Baz Luhrman, Ron Howard dan David Fincher.

1 komentar:

Bang Mupi mengatakan...

hello, gua mampir lagi. btw bro, gua suka TDK, tapi kok cuma dapet 1 nominasi di GG? kenapa ya?

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket