Jumat, 04 Desember 2009

TOP 10 MOVIES OF THE DECADE (REUTERS)

Jumat, 04 Desember 2009

Beberapa waktu lalu ketika menelusuri berita sinema, Gilasinema mendapati list Top 10 movies of the decade. Apa tidak terlalu awal ya? 2009 belum berakhir, dan masih ada beberapa judul yang mungkin layak untuk masuk list seperti Avatar dan Nine. Tapi, menyusun list beginian memang menjadi sebuah hak masing-masing orang. Semua bebas membuat list sejenis dengan berbagai pertimbangan dalam pemilihan judul-judul yang dianggap layak untuk menjadi 10 yang terbaik di dekade pertama abad 21.
Tahun 2010 nanti, pastinya bakal banyak sekali yang merilis list TOP 10. Gilasinema tentunya tidak mau ketinggalan dong. Saat ini, Gilasinema sedang mengumpulkan bahan untuk list tersebut. Dengan daya ingat yang makin tumpul, Gilasinema harus merefresh lagi ingatan dengan menonton beberapa film yang dulu sempat dianggap bagus. O iya, berikut daftar Top 10 movies of the decade yang dibuat salah satu pewarta di Reuters :



10. THE WHITE RIBBON
9. THE DIVING BELL AND THE BUTTERFLY
8. CACHE
7. DIVINE INTERVENTION
6. FAR FROM HEAVEN
5. 4 MONTHS, 3 WEEKS AND 2 DAYS
4. THE FOG OF WAR
3. NO COUNTRY FOR OLD MEN
2. UNITED 93
1. LETTERS FROM IWO JIMA


Dari 10 film diatas, Gilasinema baru berkesempatan menikmati 6 judul. The White Ribbon karena masih lumayan baru, bajakannya masih sulit didapat, apalagi ini bukan film Holly. The Fog of War dan Divine Intervention sebenarnya sudah ada di daftar koleksi, namun belum ada niat untuk menontonnya. Letters from Iwo Jima di posisi puncak? WHATTT?! Karena kurang begitu menyukai film perang, Gilasinema kurang tertarik dengan film yang satu ini. Gran Torino dan Mystic River merupakan karya Clint Eastwood yang Gilasinema sukai.
The Diving Bell and The Butterfly, 4 Months, 3 Weeks and 2 Days, Far From Heaven dan No Country for Old Men menurut Gilasinema cukup pantas untuk masuk list. Cache? Hmmm…terus terang agak sulit menikmati film ini. Meski sedikit mampu menangkap isu rasial didalamnya, tone cerita yang berat sedikit menganggu kenikmatan menonton film ini. Rasanya Gilasinema tidak bakal memasukkan film yang terlalu sulit untuk dinikmati. Masuknya United 93 membuat Gilasinema untuk menontonnya sekali lagi. Jadi tidak sabar merilis TOP 10 MOVIES OF THE DECADE versi Gilasinema. (gak penting banget yach hehehehe….)

4 komentar:

ForWest Inc. mengatakan...

"Letter From Iwo Jima" udah, "No Country For Old Men" juga udah dan keren, pantas mendapatkan Oscar. Sisanya belum.
Mulai dari yang mana dulu nih?

Awya mengatakan...

Huah! Letters from Iwo Jiwa! Yay! ini termasuk film favorit saya dari Clint Eastwood selain Million Dollar Baby. Nomer dua saya di tahun 2006.

Sebenarnya saya lebih suka melihat daftar personal list, ketimbang daftar group seperti ini. Soalnya kalo personal list itu jadi lebih variatif.

Hayo Mas Gila cepatlah dibongkah daftarnya, saya sudah gak sabar apa film favorit mas gila decade ini. Nampaknya kita punya pilihan berbeda.

gilasinema mengatakan...

Letters from Iwo Jiwa bagus ya?Jadi penasaran aku.

@Awya : aku baru selesai bikin list film pilihanku untuk tahun 2000. Dalam beberapa hari kedepan baru akan aku tampilkan. Kalo Top 10 movies of decade mungkin baru bulan Februari atau Maret 2010 ntar.

ajirenji mengatakan...

Letters bagus...itu film Clint Eastwood pertama yg saya suka, dan itu bukan film perang2an kok, cuman latarnya aja.
ho United 93 juga emang tokcer, film yg nggak dramatis tapi menggugah.

mas Gilasinema mau bikin daftar dekade juga ya...ikutan ah *mulai mirip produser film lokal yg suka ikut2an hehehe*

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket