Senin, 23 November 2009

SHORT MOVIE REVIEW : VINCERE, 12 & CHERI

Senin, 23 November 2009
VINCERE


Berkisah tentang perjuangan Ida Dalser (Giovanna Mezzogiorno) dalam pengakuan sebagai istri pertama dari Benito Mussolini (Filippo Timi). Bukannya pengakuan yang didapat, justru penderitaan demi penderitaan yang Ida dapatkan, padahal dia telah mengorbankan semua yang dia punya demi modal di awal perjuangan Benito Mussolini.
Penampilan Giovanna Mezzogiorno sebagai Ida Dalser sungguh sangat bagus. Salah satu penampilan terbaik yang Gilasinema lihat sepanjang tahun 2009 selain Jessica Lange di Grey Gardens. Penampilannya yang cantik dan berkarakter kuat berhasil membuat penonton terpikat. Tidak heran kalau Benito Mussolini sempat jatuh hati padanya. Pesona Filippo Timi juga membuat kita maklum kenapa Ida Dalser begitu tergila-gilanya dengan Benito Mussolini.


Gilasinema terkesan dengan bagaimana sutradara Marco Bellocchio menggambarkan hubungan keduanya lewat serangkaian pertemuan dalam kegelapan dan percintaan penuh gairah. Paling terkesan dengan ekspresi yang ditampilkan Giovanna Mezzogiorno menjelang film berakhir. Berbagai campuran ekspresi muncul dari wajahnya. Mulai dari rasa kemenangan, kemarahan sekaligus kepedihan berhasil ditampilkan dengan amat meyakinkan.
Lewat Vincere, Marco Bellocchio juga seakan menampilkan kekuatan dari sinema. Mulai dari sarana propaganda yang ampuh, untuk sekedar hiburan dan bisa sebagai sarana terapi yang menggugah. Sayangnya, Vincere bukanlah film yang bisa dinimati semua umat. 3,75/5

12


Film ini terinspirasi film klasik yang dianggap sebagai salah satu film pengadilan terbaik yang pernah dibuat, Twelve Angry Men. Kalau versi aslinya hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam untuk akhirnya memberikan keputusan kepada terdakwa, 12 oleh sutradara Nikita Mikhalkov membutuhkan lebih dari 2,5 jam untuk membebaskan sang terdakwa dari tuduhan pembunuhan.
Dengan durasi yang panjang, kita disuguhi oleh aneka macam khotbah dari 12 pria matang dengan berbagai latar belakang. Menyaksikan 12 seakan melihat Rusia kecil dengan segala macam problematikanya. Hal ini berpotensi menjadikan 12 sebagai tontonan yang dengan segera ditinggalkan oleh penontonnya.


Untungnya, Nikita Mikhalkov menyelipkan beberapa adegan aksi yang lumayan mengobati kejenuhan. Bagaimana mereka merekonstruksi kejadian juga disajikan menarik. Ketegangan Gilasinema rasakan ketika mereka membahas pisau yang digunakan sebagai alat dalam pembunuhan. Pada akhirnya, keadilan memang berhasil ditegakkan. Namun, sudah selesaikah tugas mereka? Film ini memilih akhir cerita yang bijaksana. Lewat 12, sekali lagi kita diingatkan, yang banyak itu belum tentu benar. 3,75/5


CHERI


Ada beberapa film yang menurut Gilasinema tidak patut untuk dibuat, dan menurut Gilasinema, Cheri patut dimasukkan dalam kategori tersebut. Bukan karena filmnya tidak bagus, tapi karena naskahnya yang menurut Gilasinema kurang diolah dengan sedemikian rupa. Film berjalan dengan datar tanpa letupan konflik yang berarti. Kisah cinta beda usia antara Michelle Pfeiffer dan Rupert Friend yang menjadi fokus utama justru kalah menarik dibandingkan perseteruan Michelle Pfeiffer dan Kathy Bates.


Ending cerita yang dipilih membuat Gilasinema mengernyit. Sudah?!Begitu saja?! Ibarat sebuah makanan, Cheri sebenarnya mempunyai bahan-bahan yang berkualitas. Selain dua bintang perempuan yang tidak perlu diragukan lagi kemampuan aktingnya, ada Alexandre Desplat yang mengolah musiknya. Sutradaranya juga tidak main-main, Stephen Frears yang pernah hasilkan High Fidelity. Bahan-bahan berkualitas tadi sayangnya tidak diberi bumbu yang cukup oleh Christopher Hampton yang bertugas mengadaptasi novel karya Colette. 2,75/5

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Guys, subsequent time you buy the capsule, check
with your companions whenever they will need one.
This could double up the sale from the anti-impotence medicine Cialis.
A the latest discovering suggests the erectile dysfunction capsule which has pepped up the sexual
everyday living of guys is proving to be effective in
the event of females struggling from a sexual disinterest.
the exploration
underlines which the medicine functions for females approximately it does in the event of men
if not additional.

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket