Sabtu, 15 Agustus 2009

DOWNLOADING NANCY

Sabtu, 15 Agustus 2009

Internet selain bisa mendekatkan ternyata juga bisa menjauhkan manusia yang satu dengan manusia yang lain. Internet kalau digunakan dengan bijak, banyak manfaat yang bisa didapatkan, namun yang namanya manusia, ada saja yang polahnya hingga apa yang seharusnya membawa kebaikan justru mendatangkan keburukan.
Nancy (Maria Bello) dilanda depresi. Mempunyai masa lalu kelam waktu masih belia, kini dia dihadapkan pada pernikahan dingin tanpa gairah. Suaminya, Albert (Rufus Sewell), asyik dengan dunianya sendiri tanpa peduli apa yang dimaui oleh Nancy. Ditengah kesepiannya, Nancy mencurahkan isi hatinya pada terapis, Carol (Amy Brenneman).
Merasa tidak ada yang sanggup menutup lubang dalam hatinya, Nancy yang “sibuk” menyakiti diri dengan menyayat –nyayat tubuhnya (Mano?!), menemukan Louis (Jason Patric) di dunia maya. Dari curhat intens, Nancy merasa Louis bisa membebaskan dirinya dengan membantu mencabut nyawa Nancy.


Dengan tekad bulat, Nancy meninggalkan suaminya untuk menemui Louis. Tak dinyana keduanya justru terlibat hubungan ganjil penuh hasrat (cinta?). Albert yang kalut dengan menghilangnya istrinya, mencoba mengkilas balik hubungannya dengan Nancy. Hingga suatu hari, tiba-tiba saja Louis muncul dihadapannya. Apakah Nancy sudah tewas di tangan Louis?
Downloading Nancy bukanlah sejenis tontonan yang membuat penonton feeling good, justru sebaliknya, film arahan Johan Renck sangat depresif karena penuh muatan yang menekan rasa. Penataan gambar yang pelit bermain warna serta aura sepi membuat penonton merasa tidak nyaman. Belum lagi muatan kekerasan, bahkan dalam adegan yang (harusnya) erotis sekalipun, yang disajikan secara frontal dan vulgar, bisa saja membuat beberapa penonton enggan menuntaskan film ini hingga cerita berakhir.
Bagi penggemar film Eropa dengan tema-tema yang agak ekstrim layaknya Anatomy of Hell, Romance X atau Salo, mungkin akan terpuaskan dengan materi cerita dan gambar yang disajikan. Dan nampaknya, public di Amerika belum bisa menerima tontonan semacam ini. Ketika di putar di Sundance 2008, banyak penonton yang beranjak dari kursi.


Maria Bello yang menurut Gilasinema mempunyai kemampuan acting setara Kate Winslet, tapi dengan peruntungan yang jauh berbeda, berusaha bermain total dengan merelakan tubuhnya diobral habis-habisan dan juga diperlakukan semena-mena baik dengan tangannya sendiri ataupun tangan tokoh lain. Untuk urusan telanjang, bintang yang satu ini tidak kalah royal dengan Kate Winslet. Lihat saja aksinya di The Cooler atau History of Violence. Keberanian Maria Bello ini bisa saja menjadi boomerang bagi karirnya, mengingat dia tidak “hidup” di perfilman Eropa.
Meski berkisah persoalan rumah tangga, ada satu hal menarik yang ingin diangkat oleh Johan Renck berdasarkan naskah olahan Pamela Cuming dan Lee Ross ini, yakni betapa manusia terkepung oleh realitas palsu yang membuat jarak antar manusia satu dengan manusia yang lain makin menganga. Kesibukan manusia akan hal-hal berbau virtual membuat makin menipis empati dan simpati.
Manusia terperangkap dengan dunianya sendiri, dan membentuk perilaku pemuasan hasrat dirinya sendiri (maaf…masturbasi) yang secara tidak sadar membuat manusia teralienasi. Perasaan sendiri dan terasing inilah yang mendorong manusia melakukan bunuh diri. 2,75

2 komentar:

hakimicture mengatakan...

Hi,hi waduh, lama enggak buka internet eh, sudah banyak ternyata is blog-nya. Lagi sibuk banget nih mas. Wah waktu pertama liat poster film ini, tertarik juga sama tulisan 'contversial'. Iya nih, kalau film Italia atau Spanyol, adegan bugil itu biasa. Ingat enggak, apa yang diomongin tokoh-tokoh di dalam Euro Trip sewaktu mereka menuju Amsterdam... Tapi ya itu tadi ceritanya bikin kita ngerutkan kening, kenapa bunuh diri harus repot-repot begitu ya, pake menawarkan diri segala hi..hi... Kalau saya yang bikin cerita pasti filmnya bakal lain. Karakter Nancy akan saya buat sabagai wanita liar yang punya akun youtube yang berisi tingkah laku liarnya. Nah dari situ dia jadi dikenal sebagai si Wild Flower dan menjadi seleb dunia maya yang paling banyak di view. Banyak kaum lelaki yang menghendaki dirinya. Dan untuk klimaksnya, sang suami yang cemburu dan kesal dengan tingkah laku Nancy berusaha menghabisi istrinya dengan menyewa pembunuh bayaran yang berpura-pura menjadi penggemar berat (penguntit kayaknya bagus deh!) yang menghabisi Nancy didepan kamera lalu mengupload aksi membunuhnya. Nah, cukup kontroversial 'kan .. kayaknya Psycho deh saya, hihihi

GILASINEMA mengatakan...

hahaha....boleh-boleh.....Bikin skenario yuk :P

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket