Rabu, 15 Juli 2009

IT’S NOT AS YOU MIGHT THING SO, BABY (TO NIE TAK JAK MYSLISZ, KOTKU)

Rabu, 15 Juli 2009

Hotel tampaknya bisa menjadi tempat menarik untuk mengeksploitasi cerita seru dan lucu. Dalam film ini, hotel layaknya sebuah labirin yang membuat pusing para tokoh yang ada, dan menimbulkan suasana gaduh tentu saja. Bagi yang suka plot cerita semacam Lock Stock and Two Smoking Barrels, RocknRolla atau Gara-Gara Bola, It’s Not As You Might Thing So, Baby yang merupakan produksi Polandia ini bisa dijadikan alternative tontonan yang menghibur meski wajah pemerannya asing di mata, serta nama yang membuat lidah melintir ketika mengucapkannya.
Dr. Filip Morawski (Jan Frycz) seorang neurosurgeon handal nan kondang ijin kepada istrinya, Morawska (Katarzyna Figura) untuk menghadiri pertemuan para ahli bedah syaraf di sebuah hotel di Warsawa yang sangat berpengaruh dalam meningkatkan karirnya. Suami istri digambarkan memiliki hubungan yang tidak lagi selaras. Ternyata dr. Filip mengajak selingkuhannya yang seorang perawat, Dominika (Malgorzata Buczkowska).
Dominika sebenarnya akan segera meninggalkan hotel, ketika muncul Professor (Ryszard Barycz) yang merupakan sosk ahli bedah syaraf paling berpengaruh. Malang bagi dr. Filip, karena setelahnya muncul asistennya yang polos, Jakub Bazyl (Jacek Borusinski). Dengan iming-iming jabatan yang lebih baik, dr. Filip memaksa Jakub untuk bekerja sama dengan mengakui Dominika sebagai Jane, tunangan Jakub.


Tanpa diduga Morawska datang ke hotel yang sama setelah sebelumnya mendapatkan panggilan darurat dari pacar gelapnya, Bogus (Tomasz Kot) setelah sukses merampok bank. Sialnya, mobil yang ditumpangi mereka dikenali sebagai mobil dr. Filip hingga datanglah Polisi (Michal Piela) yang berusaha mengusut perampokan tersebut.
Kedatangan Morawska diketahui oleh Jakub yang berusaha menginformasikan hal tersebut kepada dr. Filip namun selalu gagal. Masalah makin pelik karena Jane (Malgorzata Kocik) memutuskan menyusul Jakub ke hotel bersama ayahnya yang seorang agen rahasia (Jerzy Schejbal). Saingan dr. Filip, Zmijewski (Michal Bajor) makin memperkeruh suasana dengan aksinya menjegal karir dr. Filip.
Dengan banyaknya kepentingan yang ada, masing-masing pihak bersenjatakan kebohongan yang menuntut setiap karakter saling bertukar identitas. Setiap aksi dibungkus kebohongan yang menimbulkan kebohongan baru. Kesalahpahaman demi kesalahpahaman tercipta dari suasana ini yang membuat cerita makin seru dan rumit, yang seakan tidak memberi ruang bagi penonton untuk bernapas. Penonton dibuat gemas untuk mengetok kepala tokoh-tokoh yang ada karena kebebalan mereka dalam berkomunikasi. Rasa-rasanya ada yang salah dengan syaraf mereka.


Film ini hampir seluruhnya mengambil setting di dalam hotel. Di tengah film, sutradara Slawomir Krynski hanya memberi sekelumit adegan di luar hotel yang lumayan memberi ruang bagi penonton untuk rileks sejenak. Karena bermain di setting yang terbatas, kita seolah menyaksikan sebuah komdei situasi di TV. Dan memang, It’s Not As You Might Thing So, Baby sedikit mengingatkan pada komedi di TV seperti Srimulat ataupun OB.
Namun, untungnya naskah olahan Vito Rocco lumayan lincah, terlalu lincah malah, hingga film berjalan cepat dan tidak membosankan. Justru lucu, apalagi ketika ada salah satu tokoh yang meratap, karena harus selalu disuruh bersembunyi di kamar mandi atau lemari pakaian. Kelucuan benar-benar tercipta dari sebuah situasi yang “genting.” Yang membuat film ini makin menarik, kita tidak bisa dengan mudah menebak nasib para tokohnya di akhir film, karena, seperti kalimat yang sering diucapkan dalam film ini, “It’s Not As You Might Thing So, Baby”. 3,25/5

2 komentar:

awya mengatakan...

kok poster film ini agak ambigu ya? lol. download ato beli mas? saya mau nyari nih.

gilasinema mengatakan...

Posternya memang sangat tidak mencerminkan isi filmnya.
Seperti biasa, mendapatkan film dari lapak bajakan :P

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket