Sabtu, 03 Januari 2009

GILASINEMA AWARD 2008: 20 FILM TERBAIK

Sabtu, 03 Januari 2009


Film – film yang dipilih adalah film yang Gilasinema saksikan sepanjang tahun 2008, periode 1 Januari 2008 hingga 31 Desember 2008. Judul – judul yang Gilasinema pilih umumnya memberikan sensasi dan inspirasi tersendiri. Ada judul lain yang lebih pantas? Sah-sah saja kok. Semuanya kembali lagi ke masalah selera. Ada beberapa judul yang belum sempat di review, namun kalau belum melihatnya, sangat dianjurkan untuk segera berburu film – film yang Gilasinema pilih. Sayang loh kalau sampai tidak nonton, apalagi buat mereka yang mengaku penggila sinema 
Mungkin daftar bisa berubah kalau saja sudah menyaksikan The Class, Slumdog Millionaire, The Reader, Doubt, Frozen River, Waltz With Bashir, The Wrestler, Rachel Getting Married ataupun The Curious Case of Benjamin Button.

1.THE FALL
Kekayaan visual yang dihadirkan begitu memikat, hingga rasanya tidak puas hanya menyaksikannya sekali saja. Inginnya lagi….lagi … dan lagi…
I’m speechless about this movie.

2.WALL E
Melihat film animasi karya Pixar selalu membangkitkan minat untuk membedah kepala para kreatornya. Bagaimana sih mereka begitu jeniusnya menghasilkan sebuah karya (perkecualian untuk RATATOUILLE, karena tikus sangat patut dibenci). Wall-E hadir seakan mebuktikan kekuatan sebuah gambar dibandingkan celoteh dialog tidak jelas.

3.NO COUNTRY FOR OLD MAN
Karya paling keras dan berdarah dari Coen Bersaudara. Padahal film ini mengusung semangat anti kekerasan. Kegelisahan akan maraknya kekerasan di dunia mampu disajikan dengan baik dengan aksi pemainnya yang memukau, terutama Javier Bardem.

4.HAPPY – GO – LUCKY
Ditengah gempuran beraura muram, film ini menawarkan kesegaran dengan pancaran rasa optimisme lewat karakter Poppy yang dibawakan dengan meriah oleh Sally Hawkins. Sangat inspiratif dan membuka diskusi yang luas dan panjang.

5.THERE WILL BE BLOOD
Film yang amat detail menggambarkan bisinis minyak yang kotor dan berdarah. Sebuah film yang sangat actual dengan gugatan moral yang pekat serta penampilan Daniel Day Lewis yang brillian. Paul Thomas Anderson juga berhasil menyajikan rangkaian gambar yang memikat dan kuat.

6.FROST / NIXON
Ron Howard mampu menyajikan sebuah wawancara politik menjadi sebuah tontonan ala pertandingan tinju yang mendebarkan. Meski berlatar belakang politik, Ron Howard mampu menghadirkan tontonan yang menghibur, ringan namun berkelas. Penampilan Frank Langella sangat sayang dilewatkan. Tidak heran kalau di Oscar 2009 nanti dia berhasil membawa pulang kategori Aktor Terbaik.

7.HUNGER
Sebuah karya debut yang brillian. Kuat secara gambar, film ini mampu menjadi sebuah protes sekaligus olok – olok yang “nendang”

8.GRAN TORINO
Karya terbaik Clint Eastwood yang menyentuh. Dirty Harry tua yang gelisah di tengah dunia yang berubah mampu menjadi sebuah pamitan Clint Eastwood yang mengesankan dari dunia acting. Humor-humor nyinyir yang dihadirkan, mampu memancing senyum.

9.THE VISITOR
Sebuah teriakan protes yang disampaikan dengan santun dan memikat, namun tetap menohok. Penampilan Richard Jenkins yang prima patut dihargai di ajang Oscar. Paling tidak masuk nominasi.

10.THE DIVING BELL AND THE BUTTERFLY ( LE SCAPHANDRE ET LE PAPILLON )
Semangat yang diusung oleh film ini begitu menggetarkan. Pendekatan gambar yang inovatif membuat film yang satu ini sangat sayang untuk dilewatkan.

11.JUNO
Cerita ringan yang dituturkan dengan gaya lincah, genit dan apa adanya namun terasa cerdas. Sebuah film alternative yang mengangkat persoalan pilihan. Bukan sebuah tontonan yang bagus buat kaum konservatif.

12.REVOLUTIONARY ROAD
Film yang sangat Sam Mendes sekali. Gaya bertutur yang sinis dan nyinyir lagi tragis, serta dibalut dengan sinamatografi yang memikat dimata. Chemistry yang kuat antara Leonardo DiCaprio dengan Kate Winslet makin menambah nilai film yang satu ini

13.THE DARK KNIGHT, IRON MAN
Dua adaptasi komik super hero yang sukses baik secara kualitas maupun secara komersial. Tidak akan mengherankan kalau dua film ini akan menjadi patokan keberhasilan sebuah film adaptasi komik superhero.

15.ATONEMENT
Kisah tentang penciptaan realita di dunia fantasi yang menyesakkan. Dibungkus dalam sajian sinematografi yang mencengangkan serta musik yang inovatif. Penampilan James McAvoy dan Saoirse Ronan begitu prima.

16.MILK
Dibandingkan karya Gus Van Sant, mungkin tidaklah lebih baik. Sebuah film yang bagus dan komplet dari semua aspek (cerita, pemain serta teknis) hanya saja kurang istimewa. James Franco perlahan mulai menancapkan taringnya. Film yang wajib tonton bagi mereka pembela hak-hak kaum marjinal.

17.EL ORFANATO (THE ORPHANAGE)
Horor terbaik setelah The Sixth Sense dan The Others. Begitu rapat menyimpan petunjuk, hingga membuat penonton menyesal tidak bisa membaca petunjuk yang ada untuk dikejutkan dengan akhir cerita yang menyesakkan. Duet kompak antara Belén Rueda dengan Roger Príncep membuat film ini memaksa penonton untuk focus ke layar.

18.THE CHASER
Film ini sengaja dimasukkan ke dalam daftar karena berhasil mengobati kerinduan akan film thriller psikologis bermutu layaknya The Silence of the Lambs ataupun Seven. Tentu dengan bumbu khas Korea Selatan tentu saja. Satu hal yang membuat film ini makin terlihat unik.

19.WENDY AND LUCY
Menjadi contoh yang bagus bagi mereka yang ingin membuat film murah tanpa mengabaikan kualitas. Cerita yang sederhana namun kuat, minim efek visual dan pemilihan bintang yang tepat.

20.EARTH
Di tengah isu global warming, kehadiran film ini terasa actual. Gambar indah yang dihadirkan mungkin biasa kita lihat di film documenter lainnya, namun balutan drama yang kental menjadikan film ini lebih menusuk.

11 komentar:

Bang Mupi mengatakan...

nice list bro. TDK ga dimasukin?

tanti mengatakan...

makasih sdh mampir di blog saya, nggak nyangka bakal ketemu sama sesama penyuka film *sebenarny sy masih baru.. :-)
kayaknya bakal srg niy sy mampir di sini, mo nyobain menu gilasinema yg menggiurkan, hehee.
regards,
tanti

peps mengatakan...

wah diantara 20 baru nonton 6 hihi..
tapi thx deh, saya jadi dapet banyak ide film yang worth it buat ditonton :)

Anonim mengatakan...

TDK Masuk kok. Ada di nomer sial (13)

Helman Taofani mengatakan...

Well...thanks a lot, nambah daftar hunting DVD nih. Hehehehe. Pengen nonton Frost/Nixon sama Happy Go Lucky.

Benjamin Button kayaknya masup ke list 2009 lo taun depan deh, secara di sini juga masih ada No Country sama Juno. Hehehe...

Bang Mupi mengatakan...

sori bro, ga keliatan. gua cuma bacanya Ironman
hehe. Gua ikut ngelink ya blognya. thanks

Anonim mengatakan...

Menarik-menarik, gue suka "NO COUNTRY FOR OLD MAN" inspiratif... :D

Anonim mengatakan...

Benjamin Button bagus.. stunning
Rada mirip Forrest Gump (maklumlah, naskahnya ditulis sama Eric Roth juga), tapi kalah greget

SLumdog Millionaire bagus banget!!
Film terbaik Danny Boyle sejauh ini menurut gw

Beberapa film lain yg layak masuk versi gw: Burn After Reading, In Bruges, Tropic Thunder, Vicky Cristina Barcelona, dan Mongol

Anonim mengatakan...

Belum liat yang Button, jadi mungkin bakal masuk list taon depan. Judul yang lain udah nonton, cuma ada beebrpa yang baru diliat tahun 2009, jadi ya mungkin masuk taon depan juga.
Burn After Reading, In Bruges, Tropic Thunder, Vicky Cristina Barcelona, dan Mongol udah liat sih, cuma harus mengalah pada yang lain :)

Anonim mengatakan...

Om Gilasinema sukanya genre film apa?
IMO, best movie 2008, 'AUGUST RUSH', gw menilai film, pertama dari aktornya..ganteng ato gak, trus baru ceritanya..menohok dan membuat termehek-mehek ato gak..
hm, gak objective yah ? :)
-hawe69-

GILASINEMA mengatakan...

Satu lagi yang panggil Om :)
Genre apa aja suka mulai dari India mpe film Israel juga kita tonton. yang penting kasih sensasi baru. Tapi memang kadang tergantung mood juga.
Bokep juga doyan coz memang seringnya kasih "SENSASI" hehehe

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket