Minggu, 16 November 2008

KIT KITTREDGE : AN AMERICAN GIRL

Minggu, 16 November 2008


Film yang mengambil setting cerita ketika Amerika mengalami resesi ekonomi di awal 1930-an ini mengisahkan anak kecil bernama Margaret Mildred 'Kit' Kittredge (Abigail Breslin) yang digambarkan manis perilakunya, cerdas dan bercita – cita menjadi wartawan. Tekadnya begitu kuat, meski sempat ditolak dan ditertawakan oleh editor sebuah koran local dia tetap berusaha keras agar tulisannya dapat dimuat.
Kit hidup bahagia dengan orangtua yang menyayanginya, Margaret (Julia Ormond) dan Jack (Chris O’Donnell). Hidup Kit berubah sejak resesi ekonomi mulai berpengaruh terhadap hidup orang-orang disekitarnya. Orang tua teman dekatnya mengalami kebangkrutan yang menyebabkan rumahnya disita, hingga dia harus berpisah dengan sahabatnya tersebut. Tanpa dia duga, kejadian yang sama menimpa keluarganya yang menyebabkan ayahnya harus merantau ke luar kota. Meski tidak rela, Kit merelakan kepergian ayahnya.
Perubahan yang terjadi makin drastic dengan hadirnya orang-orang dengan bermacam-macam karakter yang ikut menumpang di rumah Kit. Ada Ms. May Dooley (Jane Krakowski) yang genit, Jefferson Jasper Berk (Stanley Tucci) yang seorang pesulap serta ada pustakawan keliling yang heboh ceroboh, Ms. Lucinda Bond (Joan Cusack). Makin riuh dengan hadirnya dua anak jalanan, Will (Max Thieriot) dan Countee/ Countessa (Willow Smith).
Hadirnya banyak orang tentu menghadirkan banyak masalah, mulai dari masalah bagaimana bertahan hidup sampai dengan masalh ras yang masih mengemuka pada waktu itu. Belum lagi ayah Kit yang makin jarang mengirim kabar. Ditengah berbagai masalah tersebut, Kit berusaha dengan tegar dan tetap menulis. Karena semakain banyak orang semakin kaya bahan tulisannya.
Pada akhirnya cerita beralih ke masalah pencurian dan perampokan yang terjadi dimana-mana. Siapa lagi yang menjadi kambing hitamnya kalau tidak mereka para gelandangan. sampai sebuah peristiwa yang menyebabkan Will menjadi buruan polisi. Tidak percaya, temannya melakukan kejahatan, Kit mulai melakukan penyelidikan demi membantu temannya tadi.
Selanjutnya kita disuguhi cerita petualangan yang jamak tersaji di film anak-anak komplet dengan para penjahat yang digambarkan pendek akal. Film yang apad awalnya sudah berjalan enak sedikit dirusakkan mendekati akhir cerita. Sutradara Patricia Rozema terlihat belum lihai mengemas adegan petualangan dengan rapi. Melihat sasaran film ini yakni untuk mereka yang masih belia, kelemahan ini untungnya masih bisa dimaafkan. Penonton belia tetap akan menikmatinya.
Ditengah serbuan film dengan tampilan heboh di musim panas 2008, Kit Kittredge: An American Girl mampu memberikan tontonan alternative yang sangat sayang untuk dilewatkan, terutama untuk seluruh anggota keluarga. Kehadirannya juga terasa actual dengan kondisi perekonomian dunia yang sedang kacau. Film ini mampu memikat dengan kesederhanaanya hingga aman untuk dikonsumsi semua umur karena banyak pesan penting yang coba untuk disampaikan tanpa tampil menggurui. Salut untuk penulis ceritanya yang mampu menghadirkan cerita yang lumayan rapat. Beberapa hal yang ditampilkan di awal film, pada akhirnya ada maksudnya. Jadi, penonton harus memberi perhatian yang intens terhadap gampar ataupun dialog yang hadir.
Film yang diangkat dari karakter produk boneka layaknya Barbie ini makin menegaskan potensi Abigail Breslin sebagi bintang cilik yang tengah bersinar. Dengan penampilannya yang makin cantik dan mata besarnya begitu memikat. Ditunjang dengan tata rambut dan pemilihan kostum yang tepat, makin moncerlah pesona Abigail Breslin. Julia Ormond juga mampu tampil mengesankan, penampilan Chris O’Donnel dengan rambut yang mulai beruban sedikit memberi kejutan. Jangan lewatkan penampilan lucu dan polos dari Willow Smith yang merupakan anak Will Smith. Film ini di USA dirilis bersamaan dengan Hancock dan mendapat apresiasi yang lumayan positif dari penonton maupun kritikus. O iya, kalau diperhatikan credit title, ada nama Julia Roberts sebagai produser. 3,25/5

0 komentar:

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket