Senin, 12 Mei 2008

I'M NOT THERE

Senin, 12 Mei 2008

Sutradara Todd Haynes rupanya akrab dengan musik. Setelah menuai banyak pujian lewat Velvet Goldmine yang mengangkat kejayaan musik glam rock, kini dia menghadirkan I’m Not There. I’m Not There hadir sebagai sebuah tribute untuk Bob Dylan. Film ini berpatokan dari lagu – lagu karya Bob Dylan serta hal – hal yang berperan dalam kehidupan Bob Dylan. Salah satu persamaan kedua film ini adalah, kalau dalam Velvet Goldmine, Ewan McGregor berkesempatan show off his dick secara frontal, giliran Heath Ledger mempertontonkan “barangnya” sekilas di I’m Not There.

Pendekatannya hampir mirip dengan Across The Universe, hanya saja I’m Not There mencoba “membaca” Bob Dylan lewat 6 karakter yang dihadirkan : Jack Rollins (Christian Bale), Woody Guthrie (Marcus Carl Franklin), Jude Quinn (Cate Blanchett), Robbie Clark (Heath Ledger), Billy the Kid (Richard Gere) dan Arthur Rimbaud (Ben Whishaw). Keenam karakter tersebut dimaksudkan oleh Todd Haynes dan Oren Moverman sebagai penulis cerita untuk menggambarkan kisah perjalanan hidup serta proses kreatif dari Bob Dylan. Kalau diperhatikan, keenam karakter yang dihadirkan mempunyai kesamaan, yakni jiwa mereka selalu gelisah dan seorang tukang protes. Akibatnya mereka seakan hidup di luar lingkaran, karena selalu berbeda dalam berpikir dan bertindak.

Robbie Clark hadir untuk menggambarkan sisi selebritis dan kehidupan rumah tangga, sedang penggambaran proses kreatif dan penerimaan public hadir lewat sosok Jude Quinn. Billy the Kid dan Woody Guthrie merupakan sosok yang menginspirasi Bob Dylan. Begitupun dengan Arthur Rimbaud. Sedang Jack Rollins dihadirkan untuk menggambarkan proses pendewasaan, terutama dari segi religi.

Terus terang film I’m Not There merupakan sebuah film yang sukar untuk diikuti dan dinikmati. Selain gaya bertutur yang tidak linear, butuh modal referensi, khususnya hal – hal yang berkaitan dengan Bob Dylan untuk dapat masuk ke dalam cerita yang dihadirkan. Penonton tanpa referensi apapun akan kesulitan menerima film ini. Kita akan lebih bisa merasuk dengan nyawa cerita kalau kita berbekal pengetahuan siapa itu Woody Guthrie, Billy the Kid ataupun Arthur Rimbaud, karena nama – nama ini memang pernah ada dan berpengaruh terhadap pemikiran dan karya dari Bob Dylan.

Untungnya kita disuguhi oleh pameran acting yang memikat dari para actor maupun aktris yang terlibat dalam film ini. Penampilan Cate Blanchett, tanpa bermaksud mengecilkan pencapaian pemain yang lain, terlihat paling menonjol dan membekas di hati penonton. Dengan bahasa tubuh yang kuat, hilang sudah sosok Cate Blanchett. Dia seakan – akan melebur dengan karakter yang dia perankan, apalagi ditunjang dengan suara beratnya. Rambut yang acak – acakan semakin memunculkan sosok Bob Dylan dalam dirinya. Sebuah acting yang brillian. Kehadiran Julianne Moore dan Michelle Williams tidak asal numpang lewat. Jangan lewatkan penampilan dari Charlotte Gainsbourg yang mampu mencuri perhatian.

Berbeda dengan kisah biograpi lainnya yang menggunkan cara bertutur konvensional (alur maju mundur), film ini mampu menghadirkan sebuah tontonan yang istimewa berkat cara bertuturnya yang tidak lazim. Sedikit membingungkan, namun sayang buat untuk dilewatkan. Namun sekali lagi, bekali dirimu dengan pengetahuan yang cukup. 3,5/5

3 komentar:

Anonim mengatakan...

where dо I buy this

Hеre is my web page: forum.laquadrature.net

Anonim mengatakan...

I rеallу liκe these! I got myself the El Pаѕо,
Noω there is no quesіon that i'm NOT cigarette smoking a tobacco cig.

Visit my website; green smoke e cig

Anonim mengatakan...

Wе are a group of volunteers and opening а new ѕcheme
in our community. Your wеbsіte proνideԁ us wіth valuable infο
to work on. You have done a formidable јob and our whоle communіty will be gratеful to yοu.


Here is my page www.Arra.org.nz

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket