Senin, 14 April 2008

ROMULUS, MY FATHER

Senin, 14 April 2008

Raimond Gaita lahir pada tahun 1946 di Dortmund, Jerman dengan ayah berdarah Rumania dan ibu berkewarganegaraan Jerman. Keluarganya pindah ke Australia pada tahun 1950. Setelah dewasa kuliah di Universitas Melbourne jurusan Ilmu Filsafat, meraih gelar PhD di Universitas Leed dan menjadi sekarang filsuf kondang (?).

Informasi ini sengaja diungkapkan untuk membantu menikmati film Romulus, My Father. Jujur, sulit untuk terhubung dengan film ini karena terus terang sebelumnya tidak tahu siapa itu Raimond Gaita. Akibatnya serasa ada yang kurang dengan naskah dari film ini, yang untungnya kenikmatan menonton tertolong dengan kehadiran gambar – gambar indah dan acting para pemainnya yang bagus, terutama Kodi Smit-McPhee yang berperan sebagai Raimond kecil. Eric Bana juga mampu bermain secara efektif dan pas sebagai Romulus. sedang Franka Potente lumayan meyakinkan sebagai ibu yang labil.

Kembali ke kisah Raimond. Dengan latar belakang budaya orang tuanya yang berbeda negara dan pada akhirnya menetap di Negara dan benua yang berbeda, secara tidak langsung memperkaya karakter dari Raimond. Belum lagi permasalahan berat yang mendera orang – orang yang disayanginya, membentuk Raimond dari anak kecil yang ceria menjadi pribadi yang serius dan kritis, serta religius. Hal inilah yang mungkin membentuk Raimond menjadi pribadi yang bijaksana, yang memahami kehidupan.

Romulus, My Father hadir dari buku dengan judul yang sama. Buku ini ditulis Raimond Gaita sebagai semacam memoir terhadap ayahnya, romulus, yang berperan sangat penting dalam kehidupannya. Seperti umumnya film hasil adaptasi buku, hasil akhir dari film ini terlihat banyak menghilangkan beberapa bagian yang mungkin kalau ditampilkan di layar akan bisa membuat film ini lebih mudah diterima oleh penonton yang tidak mengenal sosok Raimond Gaita. Ada kesan, sutradara menganggap sosok yang dia angkat cukpu dikenal banyak orang. Dan lagi, sebagai sebuah memoir, apa yang dihadirkan terasa bias karena hadirnya beberapa tokoh lain yang ternyata juga cukup penting, seperti sosok Hora (Marton Csokas). Sebagai seorang ayah, Romulus (Eric Bana) kadang juga terasa menyebalkan.

Mungkin karena sosok Raimond Gaita yang disegani dan sangat kondang di Australia sana, sehingga di ajang Australian Film Institute Award 2007 film ini keluar sebagai yang terbaik, selain membawa pulang untuk Aktor Terbaik dan Aktor Pendukung Terbaik. Kemenangan yang mengherankan mengingat film lain, The Home Song Stories, berhasil membawa pulang tak kurang 8 piala, diantaranya untuk Sutradara, Aktris dan Naskah Terbaik. 3/5

1 komentar:

Anonim mengatakan...

keren memang filmnya, tidak menjemukan seperti film indo yang kebanyakan horor.....

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket