Senin, 04 Februari 2008

ONCE

Senin, 04 Februari 2008

ONCE adalah sebuah film yang jujur, sederhana dan nyaman untuk dinikmati. Setelah banyak digempur dengan film – film dengan tampilkan efek visual yang wah dan sound yang menggelegar, melihat film ini mampu menghasilkan sebuah sensasi tersendiri. Film disajikan dengan porsi yang pas, tidak lebih dan tidak kurang.
Kisahnya sendiri sangat sederhana. Tentang seorang pengamen, Guy ( Glen Hansard ) dan hubungannya dengan perempuan imigran, Girl (Markéta Irglová ). Tidak seperti umumnya film Hollywood, hubungan kedua orang berlainan jenis tersebut digambarkan adem ayem, jauh dari letupan dan tak ada gairah yang menggebu – gebu. Intinya tidak ada penggambaran perasaan yang ekstrem. Kita diajak menyelami apa yang mereka rasakan lewat lagu – lagu yang mereka mainkan. Sebuah penggambaran yang manis.

Film ini terkesan ingin “menyentuh” penontonnya dengan menghadirkan karakter – karakter yang bersahaja dan membumi. Kesan ini makin kuat dengan tidak disematkannya nama pada tiap tokoh – tokoh yang ada. Mereka hanya dilabeli dengan Guy, Girl, Girl’s Mother, Bassist Dude, Singer at Party dan label lainnya. Film ini makin bersahaja dengan pemilihan pemain dengan tampilan fisik yang biasa – biasa saja. Siapa sih yang kenal dengan Glen Hansard atau Markéta Irglová?
Kekuatan film yang diproduksi hanya selama 17 hari saja ini ada pada lagu – lagu yang menghiasi sepanjang film ini. Lirik lagu – lagu dalam film ini begitu apa adanya dan diaransemen dengan sederhana. Namun justru dengan kedua hal tersebut, lagu –lagu yang ada menjadi begitu kuat dan merasuk di hati penonton. Tidak mengherankan bila Academy Award dan Grammy memasukkannya dalam daftar unggulan.
Lagu – lagi dalam film ini makin enak dinikmati berkat suara Glen Hansard yang berat sedap dan suara Markéta Irglová yang empuk tapi kadang terdengar sendu. Mendengar suara mereka seperti mendengar Chris martin dan Dido berduet.
Sineas Indonesia bisa belajar dari film ini. Bagaimana menghasilkan film sederhana tapi kuat, dan yang terpenting enak dinikmati dan dengan biaya yang tidak besar. Film ini sangat tepat dinikmati ketika pikiran sedang penat, karena film ini berhasil menghadirkan atmosfer yang nyaman di hati penontonnya. 4/5

English

ONCE

Once is a honest film, simple and comfort to see. After so many film that come up with visual FX and out loud sound. Seeing this film can give its own sensation. A film that pour so fit, not less not more.
The story it self is so simple. About the singing beggar, Guy (Glen Hansard) and his relationship with an immigrant, Girl (Marketa Irglova). Not like common Hollywod's film, the relation between two person who has different gender is flowing cool and far from passion. There is no extreme expression of emotion. We are bringing to see what they feel through songs they played. A sweet description.
The film is wanting the audience touched by the present of the characters that humble and down to earth. The impression is stronger with no name on the characters. They just given name with Guy, Girl, Girl's Mother, Bassist Dude, Singer at Party and the other name. It's getting more humble with the performance of the cast that only have ordinary physical appearance. Who knows Glen Hansard or Marketta Irglova?
The strength of the film that produce for about seventeen days is on the songs that decorate along the film. The lyrics are so simple and as it is, so is the arrangements. That is making the songs so powerful and stick to the heart. No wonder that Academy Award and Grammy sign the song to the top nominee.
The song become more enjoyable because Glen Hansard's voice that nice heavy and Marketa Irglova's voice that so smooth and sound sad sometimes. Listening they sing is like listening Chris Martin and Dido on duets.
Indonesian film maker should be learning from this film. How to produce a simple strong film. And the most important is enjoyable. The budget isn't large either. Good film to see when you are having a hard day because this film is can bring the peace and comfort atmosphere to the audience's heart. 4/5

3 komentar:

ieraiera mengatakan...

wahhhh..ini salah satu pelem paporit gw...ga pernah bosen nonton berkali-kali, suka aktingnya Glen sama Marketa yang natural banget, suka sama lagu-lagunya, suka sama kesederhanaannya....dan tambah seneng aja, pas tau mereka couple in a real life...hehehe

GILASINEMA mengatakan...

Ini salah satu film paling bersahaja yang pernah aku lihat. TOP ABESSS!!!

Anonim mengatakan...

Sungguh, film yang sangat menyentuh.

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket