Rabu, 09 Januari 2008

WAITRESS

Rabu, 09 Januari 2008



Waitress merupakan film yang sangat feminis tetapi enak dinikmati oleh semua jenis kelamin. Film yang ditulis dan diarahkan oleh seorang perempuan ini, Adrienne Shelly, meskipun bercerita tentang penderitaan dari Jenna ( Keri Russell ), untungnya tidak terjebak pada penggambaran yang melodramatis layaknya sinetron di Indonesia. Dialog-dialog dalam film ini mengalir dengan lancar dan cerdas, bahkan kadang lucu. Penderitaan Jenna yang ditampilkan di layar, bukanlah jenis penderitaan yang mengajak penontonnya untuk meneteskan air mata. Karakter Jenna yang rapuh, naif, romantis dan kadang bloon membuat film ini menjadi sebuah komedi yang segar. Yang mengejutkan, Keri Russell yang jebolan serial Felicity mampu memberikan nyawa pada karakter Jenna tersebut.
Jenna di sini digambarkan seorang pelayan di sebuah resto pie. Dia mempunyai seorang suami yang katanya mencintainya tetapi sering menyakitinya, Earl ( Jeremy Sisto dengan penampilan yang sangat menyebalkan ). Keinginan Jenna untuk lepas dari suaminya kandas setelah mengetahui dirinya hamil dan uang hasil simpanannya di ketahui oleh suaminya. Hidup Jenna makin pelik, ketika dia terlibat hubungan dengan dokter kandungannya yang telah beristri, Dr. Pomatter (Nathan Fillion ).
Kekuatan film ini terletak pada naskahnya. Selain dialognya yang bernas, karakter-karakter di dalamnya tidaklah stereotip. Hal ini terlihat dari pola pikir para tokohnya ketika dihadapkan pada suatu hal. Sub plot dalam film ini juga tidak membuat film menjadi kehilangan arah, justru memperkuat. Keberadaan teman Jenna, seperti Becky, Dawn dan Old Joe, selain menyegarkan suasana juga memperkuat cerita. Cerita film ini sendiri ditulis ketika penulisnya, Adrienne Shelly , sedang hamil.
Bagi pecinta makanan, film ini sangat memanjakan mata dengan berbagai macam variasi pie, hasil kreasi Jenna yang dibuatnya berdasarkan peristiwa yang menghampirinya. Ironis sekaligus sedap. Sebuah film yang ….yummy! 3,5/5


English

WAITRESS

Waitress is a feminism film, but it is can enjoy by the man. Adrienne Shelly, the lady behind the script of the film is telling the story about Jenna (Keri Russell) that has miserable live. Luckily the plot is not trapped by melodrama like Indonesian Sinetron. The dialogues are flowing smoothly and sharply, even funny sometimes. Jenna’s miserables on the screen isn’t kind of miserables that can make the audience drop their tears. Jenna’s character that fragile, naïve; romantic and sometimes silly is bringing fresh comedy on to the film. What surprise is that Keri Russell that come up from TV serial Felicity could bring the spirit of Jenna’s Character?

Jenna’s is describing as the waiter in a pie restaurant. She has a husband that said he loved her but often to hurt her, Earl (stared by Jermy Sisto with his suck character). Jenna is try to untie from her husband, but it’s fail when knowing that she is pregnant and her savings is known by her husband. It’s become complicated, when she got involved a relationship with a married doctor, Dr. Pomatter (Nathan Fillion).

The strength of the film is in the script. Beside the smart dialogue, the characters aren’t stereotype. This can see from the mind pattern from the character when they got something to face. Sub plot in the film isn’t made the film lose the direction, it’s strengthening eventually. The present of Jenna’s friends like Becky, Dawn and Old Joe make the film fresher and strengthen the story. And Andrienne Shelly is pregnant when she wrote the script of the film.

To food lover, the film is so eye spoiled with various kind of pie that created based on Jenna’s incident of live. Ironic but very tasty. A film that….. Yummy! 3.5/5

0 komentar:

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket