Sabtu, 10 November 2007

SHENG XIA GUANG NIAN ( ETERNAL SUMMER )

Sabtu, 10 November 2007



Film tentang rusaknya persahabatan akibat munculnya rasa cinta rasanya sudah banyak sekali dibuat. Tetapi bagaimana kalau rasa cinta itu tumbuh dari teman dengan jenis kelamin yang sama? Rasa-rasanya film dengan premis cerita seperti ini juga telah banyak dibuat. Mulai dai Y Tu Mama Tambien sampai dengan Tentang Dia yang produk nasional. Lalu apa keistimewaan dari Eternal Summer ini?
Film ini enak dinikmati mungkin karena film ini berusaha untuk jujur. Jujur, karena tema mencintai teman sendiri, banyak dari kita yang mengalaminya (entah jenis kelaminnya apa). Kejujuran film ini ditunjukkan dengan pemilihan pemain (Bryant Chang, Hsiao-chuan Chang dan Kate Yeung ) yang meskipun kadang terlihat asyik dan keren, kalu kita perhatikan, wajah mereka seperti mengingatkan akan teman-teman yang ada di sekitar kita, biasa saja. Film ini juga berusaha untuk tidak memberikan sebuah penilaian sepihak. Penonton dibiarkan untuk menentukan sikap sendiri terhadap cerita yang ditawarkan. Sampai film berakhir, tidak diputuskan apakah hubungan ketiga tokoh utama di film ini merupakan hubungan pertemanan atau hubungan percintaan.
Menjelang akhir cerita ditunjukkan adegan seks antara kedua aktor di film ini yang lumayan membuatku takjub, karena ternyata film Asia bisa membuat adegan seperti itu.
Intinya film ini mencoba menggambarkan betapa rumitnya hubungan pertemanan, ketika rasa cinta mulai muncul. Apalagi sampai melibatkan sex. Banyak film yang menggambarkan betapa sex bisa merubah segalanya. Sex change everything.
Di ajang Taiwan Golden Horse Award 2006, film ini berhasil membawa pulang satu piala untuk Bryant Chang sebagai Pendatang Baru Terbaik. 3/5

1 komentar:

Anonim mengatakan...

aq suka nonton film ini.....berkali-kali.....
bisa mengungkapakan sesuatu yg abstrak (perasaan) dan sangat rumit......betapa takutnya kehilangan cinta seorang teman.....bingung dengan apa yg dirasakan oleh "diri".....
bahkan sesuatu kadang tidak perlu diucapkan untuk memahami maknanya.....

Posting Komentar

 
GILA SINEMA. Design by Pocket